Review OPPO F3 Plus: Tawarkan Wide Angle Selfie, Harga Premium

OPPO

Meski bukan ponsel Dual Selfie Camera pertama yang ada di pasaran, namun OPPO F3 Plus ini digadang-gadang bakal menjadi tren baru ponsel selfie lewat inovasi yang dibawanya. Berbekal kamera depan 16 MP+8 MP Wide Angle, OPPO F3 Plus siap bersaing ketat dengan Vivo V5Plus yang memiliki spesifikasi serta harga yang sedikit lebih ‘miring’.

Tidak hanya kamera, OPPO F3 Plus masih memiliki segudang fitur keren lain yang tak kalah menariknya. Mulai dari fingerprint yang cukup responsif, spesifikasi hardware maupun software yang tangguh, Dual SIM 4G LTE, hingga sokongan VOOC Flash Charge. Hanya saja, banderolan harga yang sekitar Rp 6.499.000,- diklaim beberapa kalangan masih tergolong tinggi.

  • Pilihan Warna        : Gold, Black
  • Paket Penjualan    : Handset, Charger, kabel data, earset, buku manual, kartu garansi, SIM ejector, soft case
  • Harga Produk        : Rp 6.499.000,-

Desain Keren

desain Oppo F3 Plus

OPPO F3 Plus memiliki struktur desain yang solid, berbahan metal premium dengan bezel tipis 1.78mm. Konstruksi fisik ponsel ini sepintas tidak jauh beda dengan lini smartphone OPPO di kelas premium seperti R9 Series. Hanya saja, di F3 Plus ini OPPO mendesain ulang tampilan fisik bagian belakang dengan menghadirkan 6 garis antena dengan lebar 0.3mm.

desain-belakang

Selain itu, desain unibody ponsel ini juga memiliki bobot yang tidak terlalu berat serta bodi yang tergolong slim. Tekstur desainnya pun dirancang khusus menggunakan proses yang berbasis komputer. Alhasil,keseluruhan bodi jadi terasa kompak dan nyaman digenggam.

desain-depan Oppo F3 Plus

Di bagian depan, OPPO F3 Plus disokong layar 6.0 inci berteknologi 2.5D berlapis Corning Gorilla Glass 5 yang memiliki ketangguhan dan kekuatan lebih prima dari benda tajam yang ‘mengintai’ layar. Khusus untuk layar, OPPO F3 Plus dilengkapi teknologi yang ramah untuk mata yang disebut ‘Eye protection display’.

micro-sd

Tidak seperti OPPO F1s yang menerapkan model slot SIM card terpisah dengan microSD, di F3 Plus ini Anda akan menjumpai konsep hybrid. Jadi, hanya ada dua baki SIM yang berfungsi untuk slot SIM pertama dan slot SIM kedua atau microSD.

desain-home Oppo F3 Plus

Fingerprint Super Cepat

Masih setia dengan konsep awalnya, OPPO menanamkan sensor sidik jari F3 Plus di bagian bawah layar, menyatu dengan tombol home. Tombol di sensor ini agak sedikit berbeda dibanding seri F1 yang menerapkan konsep ‘tekan’ untuk kembali ke home. Di F3 Plus, Anda cukup menyentuhnya saja di area touchpad untuk kembali ke layar utama. 

fingerprint Oppo F3 Plus

Untuk respon, Lightning Fast Touch Access OPPO F3 Plus ini mampu mendeteksi sidik jari pengguna dengan cepat dan akurat. Untuk unlock layar saja, hanya membutuhkan waktu sekitar 0,2 detik. Sama seperti OPPO F1s maupun Vivo V5Plus. Di ponsel ini, Anda bisa mendaftarkan hingga 5 sidik jari berbeda loh. Selain itu, fungsi fingerprint sendiri tidak hanya untuk unlock screen, tapi bisa juga untuk membuka aplikasi yang diinginkan.


Dual Camera untuk Group Selfie

Ini lah perbedaan utama F3 Plus dengan ponsel ‘Selfie Expert’ OPPO lainnya. Di ponsel ini, Anda akan menjumpai dua buah kamera di bagian depan. Posisinya sebelah kiri earpiece. Kedua kamera ini memiliki fungsi berbeda. Untuk kamera 16 megapiksel, berguna untuk mengambil foto selfie standar. Sementara kamera 8 megapiksel untuk ‘Group Selfie’ dengan sudut pandang (wide angle) seluas 120 derajat.

kamera-1 Oppo F3 Plus

Secara keseluruhan, hasil selfie dua kamera depan ini mampu mengkreasikan foto yang sangat tajam dengan detil yang jelas serta warna yang natural. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Beautify 4.0 yang menawarkan kustomisasi mode selfie.

kamera-2 Oppo F3 Plus

Kemampuan tersebut tidak lepas dari teknologi kamera yang diterapkan OPPO. Di kamera Wide Angle F3 Plus, OPPO menggunakan modul kamera dengan lensa 6P yang mampu meminimalisir distorsi gambar. Selain itu, OPPO F3 Plus juga sudah didukung fitur pendeteksi wajah yang lebih pintar ketimbang di ponsel sebelumnya. Normalnya, fitur ini mampu mengenali tiga tampilan wajah dan merekomendasikan pengguna untuk memilih mode wide angle 120 derajat (group selfie).

Satu lagi yang tidak kalah menariknya dari fitur kamera depan F3 Plus adalah fungsi ‘Bokeh’ alis background image blur. Fitur ini sejatinya tidak jauh beda dengan yang dimiliki Vivo V5Plus. Fitur ini muncul ketika Anda mengaktifkan kamera selfie dan memilih mode beauty. Tinggal menekan ikon bergambar ‘butiran air’ untuk menggunakan mode bokeh, Anda pun bisa foto selfie dengan gambar latar yang ngeblur.

Lalu, bagaimana jika ingin selfie di tempat minim cahaya? Secara default, OPPO F3 Plus tidak didukung LED flash kamera depan. Namun, seperti halnya di F1 Series, Anda juga tetap bisa memanfaatkan fitur ‘Screen Flash’ di F3 Plus ini. Saat mode selfie aktif, Anda tinggal menekan ikon ‘petir’ untuk mengatur screen flash. Ketika mode ‘petir’ ini digunakan, jepretan selfie akan sedikit mengalami jeda untuk memberikan waktu layar memancarkan cahayanya ke arah Anda.

Sekarang bergeser ke sisi belakang. OPPO F3 Plus juga disokong kamera utama berkekuatan 16 megapiksel. Bedanya, kamera ini sudah menggunakan sensor 1/2.8 inci Sony IMX398, Aperture F 1.7 serta ditopang teknologi Dual PDAF. Kombinasi ini mampu mendeteksi obyek foto dengan cepat, mengurangi noise dan menghasilkan foto yang sangat jernih, detil yang tajam serta mampu berjibaku dengan baik di lokasi minim cahaya (low-light).

Indoor

indoor Oppo F3 Plus

indoor-1 Oppo F3 Plus

Untuk mode kamera sendiri, OPPO F3 Plus menyertakan beragam pilihan menarik. Anda tinggal menentukan mana yang ingin digunakan. Mulai dari yang standar, hingga mode expert (manual) bagi yang sudah jago fotografi pun tersedia. Interface kamera F3 Plus sendiri memang tidak bisa dibilang simpel. Namun, semua opsi dan mode pengaturan bisa ditelusuri serta digunakan dengan mudah.

Outdoor

outdoor Oppo F3 Plus

Selain untuk foto, baik kamera depan maupun kamera belakang OPPO F3 Plus juga bisa dimanfaatkan untuk merekam video. Resolusi maksimal untuk kamera utama adalah 4K, sementara kamera depan FHD 1080p. Untuk hasil rekam, tidak perlu diragukan lagi. Gambar bergerak yang dibuat tampil mulus tanpa ada lag.


Hardware Kelas Menengah, RAM 4GB

Di beberapa ponsel kelas menengahnya, OPPO rata-rata menggunakan chipset MediaTek. Namun di F3 Plus, vendor asal Tiongkok ini menanamkan Qualcomm Snapdragon 653 dengan prosesor Octa-core 1.96GHz. Pemilihan chipset ini tak lepas dari pertimbangan dukungan kemampuan Dual Selfie Camera yang saat ini memang masih didominasi oleh chipset Qualcomm.

hardware Oppo F3 Plus

Untuk memori, ponsel ini didukung RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64GB dan bisa diekspansi menggunakan kartu microSD dengan kapasitas maksimal hingga 256GB. Sayangnya, jika Anda menggunakan dua kartu SIM, maka otomatis fasilitas penyimpanan ekstra ini tidak bisa digunakan.

Karena dibekali sistem operasi kustom ColorOS 3.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow standar, alokasi memori yang digunakan sistem maupun aplikasi tergolong minim. Artinya, dari sekitar 64GB penyimpanan internal masih tersedia lebih dari 50GB ruang penyimpanan untuk aplikasi, foto/video dan sebagainya.

Untuk yang hobi bermain game maupun menggunakan aplikasi, OPPO F3 Plus dibekali sederet sensor penting secara default mulai dari Distance Sensor, Light Sensor , G-sensor, E-compass, hingga Gyro Sensor. Bahkan, GPU berbasiskan Adreno 510 mampu berakselerasi dengan baik menampilkan grafis yang cukup memukau.

benchmark Oppo F3 Plus

Kombinasi hardware dan software yang dimiliki OPPO F3 Plus ini mampu berakselerasi dengan baik. Semua fungsi dan fitur bisa beroperasi dengan lancar, tanpa ada kendala berarti. Tapi bagaimana dengan hasil benchmark menggunakan aplikasi, apakah skor yang didapat sepadan dengan spesifikasi dan harga? Untuk melihat skor akhir benchmark OPPO F3 Plus, PULSA membuatnya dalam tabel seperti berikut ini.

Bnechmark Skor
AntuTu 93420
Quadrant Standard   47379
GeekBench4 1461 Single-core 4511 Multi-core
PCMark 4702
NenaMark 2 59,9fps
3DMark 943

Dari data yang tertampil, secara umum performa OPPO F3 Plus ini masih tergolong baik. Meski sejatinya masih banyak ponsel setingkatnya yang memiliki skor benchmark lebih tinggi, namun dibanderol dengan harga sedikit lebih miring.


Dual SIM 4G LTE, Koneksi Lengkap dan Maksimal

Sebagai ponsel flagship, tentunya fasilitas koneksi dan akses data di OPPO F3 Plus ini tidak perlu diragukan lagi kecanggihannya. Untuk transfer file maupun data kecepatan tinggi, ada Bluetooth 4.1 serta WiFi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band yang mendukung spektrum frekuensi 2.4/5GHz. Minusnya, tidak ada NFC dan Infrared.

koneksi Oppo F3 Plus

Untuk jaringan internet, OPPO F3 Plus mendukung kemampuan Dual SIM Dual Standby Hybrid. Kedua slot SIM card mengakomodasi semua band frekuensi LTE network 4G yang ada di Indonesia. Jadi, Anda bisa menggunakan dan menikmati akses internet super cepat di jaringan 4G LTE Telkomsel, Indosat, XL, Tri serta Smartfren dan Bolt.

Poin plusnya, network 4G di OPPO F3 Plus ini sudah LTE-A (2CA) Cat.6 dengan kecepatan download hingga 300 Mbps dan upload 50Mbps. Selain itu, dukungan six-string antenna line yang tertanam di sisi belakang atas dan bawah bodi belakang ponsel ini dan juga wifi amplifier, diklaim mampu mendeliver transmisi koneksi dengan lebih cepat dan stabil.  Sayang, ponsel ini belum mendukung VoLTE (Voice Over LTE) secara native.

Buat yang hobi dengerin musik atau nonton video dari flashdisk, koneksi micro USB ponsel ini mengakomodasi kemampuan On The Go. Cukup dengan mengaktifkan fitur USB OTG di menu pengaturan.


Baterai Besar Support VOOC Flash Charge

Keluhan konsumen terkait performa baterai yang lemah di kebanyakan smartphone, sepertinya tidak lagi akan dijumpai di OPPO F3 Plus ini. Dengan kapasitas baterai yang tergolong ‘jumbo’ yakni 4000 mAh, OPPO F3 Plus mampu memberikan waktu standby hingga lebih dari seminggu dalam kondisi tanpa aktifitas berat.

Jika dioperasikan secara massive dalam artian digunakan untuk komunikasi, akses data serta memutar multimedia, baterai OPPO F3 Plus bisa bertahan hingga satu hari penuh. Tapi tentunya tergantung pula dengan banyak faktor, seperti kondisi jaringan dan sebagainya.

Beruntung, ponsel ini telah menanamkan sistem manajemen power yang lumayan cerdas.  Anda bisa memanfaatkan ‘Low Power Mode’ atau mengoptimalkan baterai dengan melakukan pengaturan aplikasi. Sayangnya, fitur power saver di OPPO F3 Plus ini tergolong standar. Tidak sekompleks beberapa kompetitornya.

Positifnya, OPPO F3 Plus juga menyertakan teknologi pengisian baterai cepat VOOC Flash Charge seperti lini flagship lainnya. Teknologi ini mampu memberikan waktu pengisian baterai empat kali lebih cepat disbanding charger normal. Bahkan, hanya dengan pengisian baterai selama lima menit, Anda akan mendapatkan waktu bicara hingga dua jam nonstop.

Memutar video HD berdurasi 1 jam baterai berkurang sekitar 10%
Memutar musik selama 1 jam baterai berkurang sekitar 8%
Browsing internet di jaringan 4G 1 jam baterai berkurang sekitar 20%
Main Game online selama 1 jam baterai berkurang sekitar 25%

Multimedia dan Fitur Unik

media Oppo F3 Plus

Di sektor multimedia, OPPO F3 Plus juga mengakomodasinya dengan baik. Selain menyertakan media player default Google, ponsel ini juga menanamkan pemutar musik dan video bawaan. Untuk kualitas audio,  OPPO F3 Plus dibekali teknologi Dirac Research AB yang menghadirkan Real HD Sound serta pengaturan equalizer lanjutan. Satu kekurangan fitur hiburan ponsel ini adalah tiadanya radio FM.

fitur-khsus Oppo F3 Plus

Meski hanya menyertakan fitur bawaan yang tergolong standar, namun beberapa fasilitas tersebut nyatanya cukup berguna dalam meningkatkan performa keseluruhan ponsel. Sebut saja fitur built-in Privacy Protection dan pendeteksi virus berbasis Avast.

Spesifikasi

Penulis        : Hairuddin Ali

Last modified on Tuesday, 16 May 2017 11:56

Go to top