Review Xiaomi Redmi Note 4 RAM 4GB: Android RAM 4GB, Harga Dibawah Tiga Juta

Xiaomi

Meski ponsel Xiaomi Redmi Note 4 telah masuk secara resmi ke pasar Indonesia, nyatanya versi tidak resmi dari perangkat ini masih cukup diminati konsumen. Dengan RAM 4GB, wajar bila lebih banyak orang mencarinya ketimbang versi resminya yang hanya mengusung RAM sebesar 3GB. Tak hanya RAM yang lebih lega, Redmi Note 4 garansi distributor juga menyediakan ruang penyimpanan internal yang lebih besar berukuran 64GB. Meski dibanderol lebih tinggi, namun kedua kelebihan tersebut tentu sudah cukup jadi alasan bagi banyak orang untuk lebih memilihnya. Nah biar tidak makin bingung menentukan pilihan, kami akan membantu Anda membuktikan performanya melalui ulasan berikut.

unboxing

  • Paket Penjualan     : Handset, Charger, kabel data, buku manual, kartu garansi, SIM ejector,
  • Warna             : Silver, Gray, Gold, Rose Gold
  • Harga             : Rp 2.950.000

Material Full Metal Body

Desain

Harga yang rendah bukan alasan bagi Xiaomi untuk menyuguhkan build quality perangkat yang asal-asalan. Menggunakan material aluminium utuh yang biasa digunakan untuk smartphone flagship, Redmi Note 4 juga dipercantik dengan balutan kaca pada bagian depan yang mengambil desain 2.5D. Meski bobot perangkat ini tergolong berat, namun Anda tidak akan menemui kendala saat harus menggunakan perangkat ini dengan satu tangan.

desain-kamera-depan

desain-kamera-belakang

Pada bagian depan perangkat, Anda dapat melihat tiga tombol navigasi Android tersemat manis tepat di bawah layar. Sementara ruas belakangnya memiliki lekukan di sisi kiri dan kanan yang membuat perangkat ini terasa lebih pas dalam genggaman. Pengguna dapat menemui lubang sensor kamera, dual LED flash dan pemindai sidik jari yang diposisikan di tengah. Penempatan kamera ini sudah terbilang tepat jika mempertimbangkan kebiasaan pengguna saat mengabadikan gambar atau video. Pengguna juga akan melihat garis memanjang yang menghuni bagian atas dan bawah perangkat yang sebenarnya memiliki fungsi sebagai antena.

desain-home xiaomi

mito

Tombol power dan pengatur volume terlihat menghuni bagian kanan perangkat. Sementara slot kartu SIM dan microSD Card Hybrid Redmi Note 4 diletakkan pada ruas kiri.

mito

mito

Bagian atas dihuni oleh port audio 3.5mm yang berdampingan pula dengan port inframerah. Sedangkan untuk bagian bawah perangkat tersemat port micro USB yang diapit oleh celah mikrofon dan speaker.


Layar IPS LCD Full HD

Mengakomodasi layar berdiagonal 5,5 inci, Redmi Note 4 sudah ditunjang pula dengan resolusi full HD yang mengusung kerapatan piksel sekitar 401 ppi. Pengaturan manual warna dan kontras layar juga telah disiapkan oleh Xiaomi yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kenyamanan menatap layar yang paling pas dengan selera masing-masing.

display

Mode ketuk ganda untuk menyalakan perangkat atau double tap to wake up yang pertama kali hadir pada perangkat Android buatan LG kini juga bisa pengguna dapatkan pada perangkat ini. Jika layar sebesar 5,5 inci terasa sangat besar dalam genggaman, maka Anda juga dapat mengaktifkan mode operasi satu tangan yang menyediakan tiga pilihan bidang sentuh yakni 3,5 inci, 4 inci dan 4,5 inci. Untuk membuka lockscreen, pengguna juga dapat menyimpan hingga lima sidik jari yang dapat pula difungsikan untuk mengaktifkan mode anak, file explorer dan app lock.

Adapun untuk kecerahan yang disuguhkan layar Redmi Note 4 tergolong tinggi pada tingkatan 450 nit. Menariknya kecerahan layar tersebut ternyata dapat diturunkan hingga level 1 nit yang membuat perangkat ini sangat pas digunakan di lingkungan yang gelap seperti di dalam kamar misalnya. Agar mata Anda tidak cepat lelah saat harus berlama-lama menatap layar, Anda dapat mengaktifkan mode baca yang akan menyaring radiasi sinar biru yang dipancarkan oleh layar. Meski fitur yang dijejalkan cukup berlimpah, namun Xiaomi ternyata belum membekali perangkat ini dengan lapisan pelindung layar Gorilla Glass. Pengguna yang membeli perangkat ini sangat kami sarankan untuk memasang lapisan antigores layar yang dapat dibeli secara terpisah.


Prosesor Deca-Core 2.1GHz, RAM 4GB

Berbeda dengan Redmi Note 4 versi resmi yang mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 625, perangkat yang masuk melalui jalur distributor ini membawa chipset MediaTek Helio X20 yang memiliki 10 inti berkecepatan 2,1GHz. Kinerja miliknya turut diperkuat pula dengan RAM sebesar 4GB yang telah didampingi dengan ruang penyimpanan internal 64GB yang menyisakan ruang untuk pengguna sebesar 49GB.

hardware

Dengan RAM yang lega serta ruang internal yang luas, pengguna tentu dapat dengan leluasa menginstal sebanyak mungkin aplikasi dan game Android favorit tanpa harus terkendala perangkat yang mendadak jadi lemot karena kehabisan memori. Sayangnya ketika kami mencoba menggunakan ponsel ini untuk menjalankan game Asphalt 8, performanya terasa berat dan kerap mengalami jeda atau lag yang cukup mengganggu.

benchmark

Antutu 68820
3D Mark    426 (Sling Shot Extreme)
Base Mark     1198 (Overall)
Basemark X  20638(Gaming Performance)
GeekBench 4 | Single Core | Multi Core 1489 3873

Berbekal baterai dengan kapasitas 4.100mAh, Redmi Note 4 sudah barang tentu sanggup menyajikan daya tahan baterai yang cukup untuk digunakan hingga dua hari penuh dalam sekali pengisian. Meski menggunakan baterai yang cukup besar, namun Xiaomi ternyata belum mengadopsi fitur pengisian daya cepat pada Redmi Note 4 yang membuat waktu pengisian daya ponsel terasa lebih panjang.

Jenis Aktivitas Persentase pengurangan
Menonton video HD 60 menit 13
Mendengarkan musik 60 menit 7
Bermain game HD 60 menit 26
Browsing Internet LTE 60 menit 7

Android Marshmallow dengan MIUI 8

Hadir dengan sistem operasi Android, Redmi Note 4 menggunakan antarmuka MIUI 8 yang dibuat berdasarkan pada platform Marshmallow. Pengguna tidak akan mendapati laci aplikasi pada Redmi Note 4 yang memang telah jadi ciri khas perangkat Xiaomi dari sejak pertama kali meluncur di pasaran. Anda akan melihat empat buah shortcut yang terdiri dari telepon, sms, browser dan kamera duduk di bagian bawah homescreen. Beragam  pilihan kustomisasi yang disisipkan oleh Xiaomi memungkinkan pengguna untuk mengganti tema yang secara otomatis akan mengubah tampilan wallpeper, lockscreen, ikon, font hingga profil suara perangkat.

Antarmuka-MIUI8

Xiaomi membenamkan banyak sekali fitur pada MIUI 8 yang mempermudah pengguna untuk mengoperasikan ponsel dengan lebih mudah. Fitur anyar Second Space misalnya memungkinkan Anda untuk membuat dua profil pengguna terpisah layaknya akun pengguna pada komputer yang menjalankan sistem operasi Windows. Dengan dua profil tersebut, Anda dapat menggunakan ruang pertama untuk keperluan pribadi yang bersifat lebih privasi dan ruang kedua untuk keperluan lain yang bersifat lebih umum.

Sementara dengan Dual Apps, Anda dapat menggunakan aplikasi yang sama dengan dua identitas akun yang berbeda. Contohnya, Anda dapat memiliki dua akun WhatsApp yang terhubung dengan kartu SIM pertama dan kedua. Jika Anda tidak ingin privasi Anda terganggu, maka Anda juga dapat mengunci aplikasi tertentu sebelum meminjamkan ponsel Anda kepada orang lain. Sementara mode anak yang dibenamkan juga dapat menjadi filter yang ampuh bila ingin memberikan perangkat ini kepada buah hati Anda.

Tak hanya privasi, Xiaomi juga melengkapi MIUI 8 dengan fungsi perlindungan keamanan yang terhubung langsung dengan akun Mi. Pengguna tidak perlu khawatir kehilangan perangkat karena Anda dapat menemukannya atau mengunci perangkat dari jarak jauh dengan fitur Find My Device. Anda juga dapat melakukan back up kontak, pesan SMS, foto dan catatan ke akun Mi yang memberikan penyimpanan cloud gratis sebesar 5GB. Anda juga dapat memperluas penyimpanan cloud dengan membeli Mi Cloud Membership.

Jika perangkat Anda terasa melambat, maka Anda dapat mencoba melakukan pemindaian virus atau pembersihan cache menggunakan aplikasi Security yang dijejalkan. Beragam aplikasi bawaan dari MIUI juga ditanamkan pada perangkat ini yang mencakup kalkulator, kompas dan note dengan fungsi yang tidak kalah dari aplikasi pihak ketiga yang banyak beredar di Play Store.

Kalkulator MIUI yang tersemat selain dapat Anda gunakan untuk menghitung operasi matematika sederhana, juga dapat Anda manfaatkan untuk melakukan konversi satuan panjang, berat, suhu, volume, luas, mata uang, kecepatan hingga waktu.

4G LTE Semua Operator

Xiaomi Redmi Note 4 mendukung jaringan 4G LTE pada kedua slot kartu nano SIM dan micro SIM miliknya. Sayangnya salah satu slot yang disediakan hanya dapat Anda gunakan secara bergantian untuk SIM kedua atau kartu microSD. Sementara di atas kertas ponsel ini juga sudah menyokong hingga sembilan band LTE, empat band GSM dan 3G HSPA.

Sisi konektivitas ponsel ini hadir dengan disematkannya port microUSB di bagian bawah perangkat yang telah mendukung USB OTG. Fitur wireless display untuk menayangkan konten perangkat pada layar televisi lewat jaringan Wi-Fi juga telah disiapkan pada perangkat ini. Bertukar data secara nirkabel juga dapat Anda lakukan lewat Bluetooth 4.2 atau Wi-Fi direct. Dengan port infra merah pada perangkat, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Mi Remote sebagai remote control untuk peralatan elektronik rumah tangga seperti TV, AC dan lain sebagainya.


Multimedia

Xiaomi membenamkan pemutar audio pada Redmi Note 4 yang telah dilengkapi pula dengan efek audio yang bisa Anda dengarkan pada saat earset dalam kondisi terpasang. Dengan demikian Anda bisa mendengarkan alunan musik sesuai dengan genre lagu yang sedang diputar. Pengguna juga dapat mengatur bass, surround sound dan standar gema sesuai dengan selera jika preset genre yang diberikan kurang pas dengan selera Anda. Bosan mendengarkan musik, Anda juga dapat mendengarkan siaran radio FM.

media note 4

Dengan bekal layar full HD berdiagonal 5,5 inci, menonton film dengan Redmi Note 4 tentu akan menghadirkan pengalaman yang cukup menyenangkan. Pengguna yang ingin menonton film menggunakan perangkat ini sebaiknya kami sarankan untuk menginstal aplikasi pihak ketiga karena fitur yang dibenamkan didalamnya memang terbilang sangat minim.


Kamera 13MP dan 5MP

Redmi Note 4 dibekali dengan kamera belakang 13 megapiksel yang mengusung apperture f/2.0. Dual tone dual LED flash yang disematkan memastikan pengambilan gambar di lingkungan bercahaya kurang dapat menghasilkan foto dengan cahaya yang merata. Sementara fitur phase detection autofocus diadopsi agar pencarian fokus dapat berlangsung dengan lebih cepat. Interface kamera yang digunakan memungkinkan Anda untuk memilih mode manual untuk mengatur sendiri nilai ISO dan White Balance yang sesuai.

kamera note 4

Anda dapat pula memilih 17 filter untuk mempercantik foto yang dihasilkan. Mode HDR secara default akan aktif secara otomatis. Jika Anda merasa kurang, maka Anda dapat memilih opsi kedua yang tentu saja akan membuat kecepatan bidik kamera sedikit melambat. Sementara saat HDR dalam posisi nonaktif, maka pengambilan foto dapat berlangsung lebih cepat.

Pengambilan gambar di dalam ruangan menghasilkan foto yang cukup terang meski saat dilihat di layar PC ketajaman warna biru yang dipancarkan memang tidak terlalu mengesankan. Warna biru yang dihasilkan tampak lebih tua bila dibandingkan dengan objek aslinya. Demikian pula dengan pengambilan di luar ruangan juga menghasilkan foto dengan warna yang terasa biasa saja.

Indoor

indoor note 4

Bergeser pada bagian depan, Anda dapat mengabadikan foto selfie dengan resolusi hingga 5MP. Foto yang dihasilkan juga terkesan biasa saja dengan sudut pandang yang tidak terlalu lebar. Meski kamera utama Redmi Note 4 hanya sanggup mengabadikan video dalam resolusi full HD, namun perangkat ini sudah cukup mumpuni dengan disematkannya fitur video editor yang dijejali beragam opsi seperti filter, trim, teks hingga audio.


Kesimpulan

Smartphone Xiaomi dikenal dengan spesifikasinya yang menggoda dengan banderol harga yang murah. Meski di atas kertas spesifikasi yang diusung terbilang istimewa, namun ketika menilik secara cermat fitur kamera dari Redmi Note 4 memang tidaklah terlalu istimewa. Dengan performa perangkat yang cukup tinggi yang telah ditunjang dengan fitur yang berlimpah, perangkat ini memang tidaklah ditujukan untuk mereka yang menggemari fotografi. Pengguna yang menyukai bermain game dengan olah grafis rumit juga harus siap kecewa karena saat diuji untuk memainkan Asphalt 8 performanya tercatat kurang memuaskan, dibandingkan dengan Vivo V5s yang saat ini tengah dites juga.

Kelebihan Kekurangan
• RAM 4GB
• Chip NFC
• MIUI 8 Kaya Kustomisasi   
• Tidak ada pelindung layar
• Minim Fitur Multimedia
• Tidak ada slot kartu microSD

Spesifikasi

mito

Penulis: Galing

Last modified on Wednesday, 17 May 2017 14:22

Go to top