Welcome, Guest
Username: Password: Remember me

TOPIC: Review Samsung Galaxy C9 Pro: Ponsel Penuh Kekuatan

Review Samsung Galaxy C9 Pro: Ponsel Penuh Kekuatan 2 years 2 months ago #193926


Ponsel Samsung Galaxy C9 Pro. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)

Dalam urusan gadget, ada orang yang sangat menghamba pada spesifikasi, tetapi ada yang menganggap bahwa peranti keras (hardware) dan peranti lunak (software) harus berjalan harmonis untuk menciptakan sebuah produk terbaik.

Samsung, sebagai produsen ponsel pintar terbesar di dunia, menyadari di luar sana ada mereka yang menganggap spesifikasi adalah segalanya, dan oleh karena itu pabrikan asal Korea Selatan tersebut mencitakan Galaxy C9 Pro yang merupakan ponsel pertama Samsung dengan RAM 6 GB.

Produk ini telah hadir di Indonesia mulai awal April 2017 lalu. Dibanderol dengan harga Rp 7 juta. Tim kumparan (kumparan.com) berkesempatan menjajal ponsel ini selama dua pekan, dan berikut kesan kami ketika memakainya!


Desain

Impresi pertama ketika melihat Galaxy C9 Pro adalah ukurannya yang besar dan desain yang terkesan elegan. Ponsel ini memiliki ukuran layar 6 inci, yang membuatnya masuk dalam kategori 'Phablet'.

Layarnya yang menggunakan teknologi Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 1920 pixel menghasilkan tampilan yang jernih. Tapi, gara-gara ukurannya yang besar ini membuatnya tidak nyaman digenggam oleh satu tangan, juga ketika dimasukkan ke dalam kantong. Ada rasa kantong celana ini jadi sesak dan kadang mengganjal ketika hendak duduk.

Ponsel Samsung Galaxy C9 Pro. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)

Samsung Galaxy C9 Pro tampak samping. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)

Bagian belakang Samsung Galaxy C9 Pro. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)

Harus diakui desainnya terlihat gagah. Kami mendapatkan unit Galaxy C9 Pro warna hitam pekat, dan kerennya, bagian belakang ponsel ini tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari jika tangan kita basah atau berkeringat.


Performa


Dapur pacu dari Galaxy C9 Pro dibekali prosesor Snapdragon 653 Octa-core buatan Qualcomm, yang pada dasarnya dirancang untuk gadget kelas menengah yang performanya tidak akan menandingi ponsel flagship semacam Galaxy S8 atau seri Note.

Sementara untuk RAM-nya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, punya kapasitas 6 GB, yang membuat ponsel ini sangat gegas untuk melakukan banyak aktivitas.

Untuk kapasitas penyimpanan data, Galaxy C9 Pro menyediakan storage sebesar 64 GB.

Melihat spesifikasi seperti ini, tak aneh jika performa Galaxy C9 Pro mampu berjalan kencang, baik dalam membuka aplikasi maupun bermain game. Selama pemakaian, kami tak menemukan kendala yang berkaitan dengan performa mesin ponsel. Ponsel ini pun tak mudah panas saat terus digenjot membuka banyak aplikasi.

Tapi kekurangannya, sistem operasi dari Galaxy C9 Pro hanya sebatas Android 6.0 Marshmallow, sementara ponsel sekelas lainnya sudah menggunakan Android 7.0 Nougat. Mungkin kamu harus bersabar untuk mendapatkan pembaruan sistem operasi.


Kamera


Kamera merupakan salah satu sektor yang paling disorot dari sebuah ponsel pintar saat ini. Untuk dapat menarik perhatian para konsumen, Galaxy C9 Pro didukung kamera belakang dengan sensor 16 MP, sementara di bagian depan tersemat lensa kamera bersensor 16 MP juga.

Di atas kertas itu ada resolusi yang besar dan menggoda. Tapi, sayangnya, kami harus berkata bahwa kemampuan kamera dari Galaxy C9 Pro tidak sempurna. Untuk pengambilan gambar di luar ruangan dan saat siang hari, hasil foto menggunakan kamera belakang memang terlihat jernih dan cukup, tapi di tempat yang kurang cahaya atau malam hari, ketajaman berkurang drastis.

Pengambilan foto di luar ruangan. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)


Hasil pengambilan foto di luar ruangan. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)


Begitu pun ketika mengambil foto di dalam ruangan, ketajaman gambar tidak sebaik saat di luar ruangan.

Hasil pengambilan gambar indoor malam hari. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)

Sementara sektor kamera depan alias selfie, Galaxy C9 Pro menawarkan hasil foto yang cukup baik, meski terlihat terlalu soft dan juga kurang tajam.

Hasil selfie Samsung Galaxy C9 Pro. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)

Cara paling aman untuk mendapatkan gambar atau video yang baik jika memakai ponsel ini, adalah dengan menggunakannya saat siang hari, di luar ruangan, dan ingatlah cahaya, cahaya, dan cahaya. Cahaya adalah penentu baik buruknya gambar jika kamu memotret dengan Galaxy C9 Pro.

Pengambilan gambar outdoor malam hari. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)

Baterai


Ponsel besar dari Samsung ini pun dibekali oleh kapasitas daya baterai yang besar. Baterai berdaya 4.000 mAh disisipkan di dalam Galaxy C9 Pro untuk mendukung aktivitas di luar ruangan berlama-lama.

Dalam pemakaiannya yang cukup sibuk, Galaxy C9 Pro mampu bertahan selama satu setengah hari. Saat pemakaiannya tidak sibuk, Galaxy C9 Pro bisa terus menyala sampai tiga hari penuh. Untuk urusan baterai ini, dia patut diacungi jempol.

Boks ponsel Samsung Galaxy C9 Pro. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)


Kesimpulan


Galaxy C9 Pro merupakan ponsel premium yang dihadirkan Samsung dengan kekuatan mumpuni. Hal itu bisa dilihat dari prosesor, RAM, baterai, dan juga layar yang mumpuni. Performanya kencang dan tidak mengalami kendala saat pemakaian.

Sementara untuk sektor kameranya masuk kategori cukup baik meski kurang tajam dan dirasa kurang maksimal untuk ponsel dengan harga Rp 7 juta. Bagi kamu yang sangat mengutamakan kamera di segala situasi, mungkin Galaxy C9 Pro belum pantas untuk masuk daftar gadget yang harus dibeli tahun ini.

Tapi, bagi kalian yang mencari ponsel dengan kekuatan terbaik dan nyaman digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan performa stabil dari ponsel, maka Galaxy C9 Pro bisa menjadi pilihanmu.

Baca Juga :

/b]

Sumber: kumparan.com/jofie-yordan/review-samsung...onsel-penuh-kekuatan
  • je_tek
  • je_tek's Avatar
  • OFFLINE
  • Fresh Android
  • Posts: 14
  • Karma: 0
Last Edit: 2 years 2 months ago by je_tek.
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 0.510 seconds
Go to top