Welcome, Guest
Username: Password: Remember me

TOPIC: [help] tentang charging Galaxy S2

[help] tentang charging Galaxy S2 4 years 9 months ago #188555

tolong ane dong gan, ane punya Galaxy S2 uda 1 taun nih. dulu pernah kecelup di air walaupun cuman bagian bawahnya doang dan uda ane tindak lanjutin. skip skip, satu minggu yang lalu tiba" gak bisa dicharge gan dan barusan ane ambil dari tempat service (bukan service resmi Samsung). nah walaupun sudah diservice dan Alhamdulillah uda mau dicharge tapi kadang" listriknya kayak gak masuk ke hp'nya gitu dan ngisinya lelet banget gan. tolong dong gan infonya, hp ane ini apakah ada hardware yg konslet atau hardware yg diganti kurang bagus karena gak ori? :( ane buta banget klo uda masalah hardware android.

maaf berantakan gan, maklum newbie.
  • flickboy
  • flickboy's Avatar
  • OFFLINE
  • Fresh Android
  • Posts: 2
  • Karma: 0
The administrator has disabled public write access.

[help] tentang charging Galaxy S2 4 years 9 months ago #188557

Ane copas gan dari google... kali aja ada pencerahan :cheer:

1.Jika muncul pesan “Not Charging” pada layar ponsel anda atau proses charging (isi ulang) berjalan pada ponsel akan tetapi proses charging (isi ulang) tersebut berjalan tanpa melakukan pengisian pada battery atau indikator isi ulang pada ponsel tidak berjalan padahal pada saat itu tengah melakukan proses pengisian maka dari sini dapat dipastikan yang mengalami kerusakan adalah IC Charge-nya. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan penggantian IC Charge yang lama di ganti dengan IC Charge yang baru.
Apabila indikator isi ulang pada ponsel anda masih berjalan terus, sedangkan ponsel telah terisi penuh , maka dapat dipastikan yang mengalami kerusakan yaitu pada IC Power-nya. Cara mengatasinya yaitu dengan cara melakukan penggantian IC Power yang lama diganti dengan IC Power yang baru.

2.Apabila indikator isi ulang pada ponsel anda berjalan terus, sedangkan pada saat itu ponsel anda dalam keadaan tidak diisi ulang, maka dapat dapat dipastikan yang mengalami kerusakan adalah pada software (SW). Cara mengatasinya yaitu dengan cara melakukan program flash (program ulang) dengan versi yang sama pada ponsel anda.

Setiap akan melakukan pengisian ulang pada ponsel, ponsel selalu dalam keadaan mati. Maka, dapat dipastikan yang mengalami kerusakan yaitu pada IC Power atau IC Charge. Cara mengatasinya yaitu dengan cara melakukan pengujian dan pemeriksaan lebih mendalam pada ponsel untuk mengidentifikasi kemungkinan kerusakan pada IC Power atau IC Charge tersebut.

3.Apabila anda telah selesai mengisi ulang ponsel dengan charger (alat isi ulang), anda menemukan kebocoran pada listrik sebelum anda menekan tombol power-on, dan pada saat anda menekan tombol power-on ponsel tidak dapat menyala. Dari kejadian ini dapat di pastikan pada kapasitas power suplai mengalami kebocoran listrik. Yang menjadi sasarannya adalah UI, PA, IC, IC Power yang tersambung dengan tegangan battery VBATT, unit-unit yang sering mengalami kerusakan dan bisa memunculkan berbagai kerusakan adalah IC UI, IC Power. Di karenakan IC Power merupakan BGA, yaitu IC yang terintegrasi , maka biasanya metode yang dilakukan yaitu dengan melepaskan IC UI, setelah itu ponsel kembali diisi ulang (charge), yang perlu anda perhatikan adalah apakah terjadi kebocoran listrik. Jika tidak terjadi kebocoran listrik, dapat dipastikan yang mengalami kerusakan adalah IC UI, jika terjadi kebocoran dapat dipastikan yang mengalami kerusakan adalah IC Power. Apabila IC telah diganti seperti tersebut diatas, maka permasalahan pun telah selesai.

4.Apabila anda tengah mengisi ulang (charge) ponsel, kemudian tombol ON anda tekan, akan tetapi tidak ada arus listrik yang masuk pada ponsel sehingga ponsel tidak dapat menyala. Jika anda menemukan masalah demikian , maka yang harus anda lakukan adalah melakukan pengukuran pada R224, apabila ditemukan tidak mempunyai tegangan VBAT 3,2 V pada kedua ujungnya , maka yang mengalami kerusakan adalah pada IC Power atau penyolderan yang kurang sempurna pada IC Power.Cara mengatasinya yaitu lakukanlah penyolderan ulang pada IC Power atau bisa mengganti IC Power yang rusak dengan IC power yang baru.
Cobalah ponsel anda flash ulang.
  • PoGi
  • PoGi's Avatar
  • OFFLINE
  • Gold Android
  • Posts: 208
  • Thank you received: 24
  • Karma: 8
Last Edit: 4 years 9 months ago by PoGi.
The administrator has disabled public write access.
The following user(s) said Thank You: flickboy

[help] tentang charging Galaxy S2 4 years 9 months ago #188560

kayanya yg nomor 1 tuh gan, thanks banget nih infonya :cheer:
  • flickboy
  • flickboy's Avatar
  • OFFLINE
  • Fresh Android
  • Posts: 2
  • Karma: 0
The administrator has disabled public write access.
Moderators: ardian_drummer, Aldo Bro
Time to create page: 0.461 seconds
Go to top