China Blokir LINE

Line

Aplikasi chat Jepang Line akan diblokir negara China Daratan. Kantor Line Bangkok, yang berada di bawah otoritas Line China Daratan, mengatakan Line masuk dalam daftar hitam dalam internet. Mereka mengirimkan pesan ke kolega mereka dengan tanda seru, yang mengindikasikan seolah ada kesalahan teknis.

Tanda seru itu mungkin tidak langsung adanya keprihatinan akan pembrlokiran Line. Tetapi, Line tiba-tiba jadi sering down, tidak seperti jaringan social lainnya. Bahkan sempat mati dua kali tiga hari yang lalu.  Pihak internal Line, setelah melakukan analisis, mencurigai situs resmi Line telah diblokir oleh pihak China Daratan.

“Inilah yang rekan-rekan kami di Cina daratan  lihat ketika memasuki url untuk website Line,” terang kantor Line di Bangkok. Pihak Line mencurigai ini sebagai bentuk serangan bermotif persaingan bisnis. China Daratan merupakan pasar terkuat Line dengan 17 juta pengguna yang terdaftar di luar Jepang.

Pihak Line sendiri sempat menyatakan ke Sina Weibo, akan adanya kesalahan teknis dan menegaskan pihaknya sedang bekerja keras mengatasi hal tersebut, kendati tidak hal spesifik lain yang disampaikan.

Banyak komentator mengatakan pasca thread dari China yang disebut Great Firewall, dan menyarankan menggunakan VPN untuk menghindari dugaan blok. “Kami siap membantu untuk Line dan akan memperbarui bagian ini dengan lebih detail jika terjadi pemblokiran kembal,” kata salah seorang pengamat.

Situs Greatfire.org telah melakukan tes dan mengatakan URL untuk situs resmi Line, berbahasa Inggris,  tetap diblokir di China.

Sementara Greatfire tidak menguji aplikasi mobile, menyarankan versi internasional Line  seharusnya mencegah dari tidak berfungsinya Line di Cina.

Greatfire juga memberitahu Tek in Asia, lianwo8.com, URL untuk aplikasi lokal Line untuk daratan China, tetap dapat diakses.

Namun, ketika pengujian aplikasi lokal (download dari Wandoujia), terjadi masalah yang sama - karena memiliki pengguna berbasis di China. Sejumlah, sejumlah pengguna Android di Sina Weibo melaporkan Line sudah kembali berfungsi.

apk/techinasia

Last modified on Friday, 04 July 2014 09:05

Go to top