Pasar Layanan Messaging: WeChat Tempel Ketat WhatsApp

 Wechat-vs-Wa

Bisnis di layanan messaging terbilang ketat. Namun yang saat ini cukup leading di Tanah Air adalah WhatsApp.Tapi siapa yang nyangka, popularitas WhatsApp ditempel ketat layanan messaging asal China, WeChat. Di tanah kelahirannya, WeChat jelas terpopuler.

Terklaim angka penggunanya mencapai 438 juta tiap bulan pada kuartal II 2014. Dus, terjadi peningkatan 10,6% dari kuartal sebelumnya.

Angka pengguna WeChat tersebut hanya 26 juta pengguna lebih dari pengguna WhatsApp. Pengguna aktif WhatsApp tak kurang dari 0,5 miliar per bulan.

ZDNet, pada Minggu (17/8/2014), melaporkan bahwa  WeChat yang dimiliki oleh Tencent Holding, Ltd ini mengandalkan pasar yang begitu besar di China, di mana jumlah penduduknya mencapai sekitar 1,3 miliar.  China juga dikenal cukup agresif melakukan penetrasi pasar di luar negeri, seperti yang dilakukan vendor smartphone, Xiaomi.

Pemain lain yang mencoba peruntungan di bisnis layanan messaging adalah Line, Kakao Talk dan tentu saja BlackBerry Messenger (BBM). Sayangnya, akseptablitas mereka di pasar belum semoncer WhatsApp atau WeChat.

Last modified on Wednesday, 20 August 2014 10:38

Go to top