Hexlock: Lindungi Smartphone dari Tangan-Tangan Jahil

hexlock-utama

Jika Anda hanya memiliki satu buah tablet di rumah, seringkali Anda harus berbagi dengan anak-anak atau anggota keluarga lainnya. Dalam situasi ini, terkadang Anda merasa was-was jikalau anak-anak secara tidak sengaja menghapus file penting yang ada di dalam tablet atau smartphone.

Di kesempatan lain, Anda mungkin merasa khawatir jika anak Anda mengakses konten-konten yang tidak cocok untuk mereka.

Di situasi yang lain, diantara rekan-rekan kerja Anda mungkin ada yang selalu ingin tahu dengan urusan orang. Anda merasa khawatir jika sejenak meninggalkan smartphone di meja, teman Anda yang usil tersebut akan mencoba membuka percakapan Whatsapp atau mengintip akun Facebook.

Nah jika sering mengalami kedua hal di atas, ada baiknya Anda menginstal aplikasi locker. Istilah locker merujuk pada aplikasi yang dapat mengunci aplikasi lain supaya tidak bias diakses oleh orang-orang yang tidak berhak. Untuk menguncinya, biasanya aplikasi locker menggunakan beragam cara seperti dengan menggunakan password dan pattern.

Salah satu aplikasi locker yang bisa Anda coba adalah Hexlock. Aplikasi besutan pengembang Liquidum ini dapat Anda unduh secara gratis via Google Play Store melalui link ini.

Fitur
Hexlock memiliki fitur-fitur  keamanan yang akan membantu  Anda menjaga privasi smartphone atau tablet Anda  antara lain:

  • Parental Controls: membantu Anda mengontrol aktifitas anak-anak di smartphone atau tablet Anda, misalnya dari ketidaksengajaan membeli game dengan kartui kredit atau menghapus  file atau folder yang penting
  • Shared device:  Anda dapat membuat profil terpisah untuk smartphone atau tablet Anda misalnya profil yang berbeda saat di rumah atau di kantor
  • Proteksi jejaring social: Anda dapat meminjamkan perangkat ke rekan Anda tanpa taku ia akan membuka sakun jejaring social atau mengakses percakapan Whatsapp Anda
  • Aplikais Hexlock tidak dapat didelet oleh orang lain
  • Fitur pengaktifan otomatis saat Anda berganti jaringan internet

Cara Kerja
Pertama, download Hexlock dari Play Store .Setelah itu terinstal, bukalah. Anda akan diminta untuk mengatur kunci dengan menggunaka PIN atau pattern (pola). Ingatlah PIN atau pola Anda, karena ini adalah kode kunci YANG akan digunakan setiap kali Anda membuka Hexlock atau salah satu aplikasi yang Anda pilih untuk dikunci.

hexlock-1

Setelah Anda selesai mengatur PIN atau Pola kunci, Anda akan dapat mulai mengunci aplikasi. Yang menarik, Anda tak hanya bisa memblokir aplikasi dari daftar yang ada, akan tetapi Anda juga dapat membuat beberapa profil  berdasarkan kebutuhan yang berbeda.  Untuk saat ini, mari kita mulai dengan sebuah profil.

hexlock-2

Anda akan mulai pada profil “Work” atau tempat kerja  pada panel hijau. Scroll tombol di bagian bawah untuk melihat daftar aplikasi yang dapat Anda kunci.

Di sini Anda dapat menelusuri semua aplikasi milik Anda dan memilih mana yang harus dikunci dalam profil Work. Tekan panah yanga da di bagian kiri atas jika sudah selesai memilih. Anda kemudian dapat menggeser ke kiri atau kanan untuk berpindah ke profil lain seperti “Home” atau rumah.

Yang menarik, Anda juga bisa membuat profil sendiri seperti profil “sekolah” atau profil keluarga. Caranya mudah, tinggal tekan tanda plus (+) di bagian kanan atas. Selanjutnya akan muncul beberapa template profil seperti school, parental, atau Café. And ajuga bisa merubah nama profil dan ikon sesuai keinginan.

haxlock-3

Kembali ke pengaturan profil. Setelah semua aplikasi yang hendak dilindungi telah selesai dikunci, Anda akan mendapat notifikasi jumlah aplikasi yang telah terlindungi. Tap profil yang hendak Anda aktifkan. Hexlock akan bekerja di background dan mengunci berdasarkan profil yang Anda pilih. Sekarang smartphone Anda aman dari jangkauan tangan-tangan jahil karena Saat seseorang ingin mengakses aplikasi yang Anda kunci, maka ia harus mengetahui PIN atau pola Hexlock Anda. Mudah dan berguna  sekali ya, yuk cobain sekarang!

Last modified on Friday, 12 February 2016 08:32

Go to top