Compare Xiaomi Redmi 5 vs Honor 9 Lite Duel Smartphone Primadona Kelas Menengah

kompare-xiaomi-vs-huawei

Smartphone dengan tampilan penuh atau lazim dikenali sebagai FullView Display memang masih akan jadi primadona calon konsumen saat memilih perangkat di pasaran. Melihat fenomena ini, tidak mengherankan bila produsen gadget begitu bersemengat melempar produk dengan ciri khas layar beraspek rasio 18:9 ini. Suguhan layar yang membentang luas namun dengan bezel yang minim memanjakan mata pengguna saat menatap sang perangkat dalam waktu lama.

Menjanjikan layar lebih lapang nyatanya tidak harus mengorbankan sisi ergonomis sang smartphone saat digenggam. Dimensi perangkat yang kompak juga menjanjikan lebih banyak kenyamanan saat harus menyimpan ponsel di dalam kantong. Selanjutnya performa dan harga yang sepadan tentu harus pula diperhatikan sebelum membawa pulang ponsel idaman.

Nah dari sekian aspek pertimbangan di atas, Xiaomi Redmi 5 Plus dan Honor 9 Lite rasanya sudah cukup jelas masuk dalam kandidat perangkat yang sangat pas buat dijadikan target buruan. Meluncur dengan tawaran harga 2 jutaan, keduanya sajikan layar luas membentang di bagian depan. Sedang dari kemampuannya menjepret gambar juga tak bisa diremehkan begitu saja.

Lantas jika membandingkan kelengkapan fitur kedua ponsel di atas, siapakah yang layak buat jadi primadona? Simak ulasan selengkapnya lewat adu fitur berikut.

Desain dan Layar

  • Xiaomi Redmi 5 Plus: 158.5 x 75.5 x 8.1 mm, 5,99 inci IPS LCD Capacitive touchscreen, 16M colors, 1080x2160 pixels, Gorilla Glass
  • Honor 9 Lite:  151 x 71.9 x 7.6 mm, 5,65 inci IPS LCD Capacitive touchscreen, 16M colors, 1080x2160 pixels

Bentangan layar luas yang mendominasi bagian depan kedua ponsel menghadirkan aspek rasio panel yang juga identik di angka 18:9. Kendati demikian, Redmi 5 Plus tampil lebih pede dengan diagonal layar mendekati 6 inci yang menghasilkan bidang pandang lebih sempurna. Sementara layar milik Honor 9 Lite memang terukur lebih kecil meski resolusi yang digunakan tercatat sama. Hal ini tentu membuat ponsel buatan sub-brand Huawei ini terlihat lebih tajam lantaran tingkat kerapatan pikselnya menjadi lebih tinggi.

Kelebihan lain yang juga patut mendapatkan catatan tersendiri ialah adanya fitur yang memungkinkan penentuan resolusi layar yang dirasa pas dalam berbagai situasi. Pengguna dapat memilih resolusi secara manual ataupun otomatis sesuai dengan keperluan. Dengan demikian konsumsi daya baterai Honor 9 Lite dapat lebih dihemat. Hal inilah yang tidak akan Anda temui pada Redmi 5 Plus.

Meski begitu bagi Anda yang lebih tertarik  dengan layar lebar, Redmi 5 Plus tetap dibekali dengan fitur unggulan lain seperti gestur yang akan memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai fungsi smartphone cukup dengan gerakan jari di atas layar. Perlindungan kaca Gorilla Glass yang diberikan juga jadi nilai lebih sendiri yang membedakannya dari Honor 9 Lite yang belum disertai oleh lapisan perlindungan gores serupa.

Kamera Utama

  • Xiaomi Redmi 5 Plus: 12 MP (f/2.2, 1.25 μm), phase detection autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama; video: 2160p@30fps <br< a="">>
  • Honor 9 Lite:  Dual: 13 MP + 2 MP, phase detection autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama; video: 1080p@30fps>

Bicara soal fasilitas fotografi yang ditanamkan, Honor 9 Lite di atas kertas memang lebih unggul dengan keberadaan dua buah kamera yang masing-masing memiliki resolusi 13 dan 2 megapiksel. Kombinasi keduanya dipastikan sanggup menghasilkan foto dengan efek bokeh yang menakjubkan. Lebih kerennya lagi, pilihan pengambilan gambar yang dijejalkan juga terbilang lebih lengkap yang memberikan lebih banyak kesempatan kepada pengguna untuk bereksplorasi dengan pengaturan yang ada.

Berganti pada Redmi 5 Plus, Anda bisa memanfaatkan kamera tunggal miliknya untuk mengabadikan gambar dengan deretan fitur andalan serta filter warna yang tak kalah menarik. Poin plusnya, Anda bisa merekam video menggunakan ponsel ini dengan resolusi hingga 2160p. Lebih tinggi dari resolusi FullHD yang disanggupi oleh Honor 9 Lite. Pengambilan video slo-mo juga dimungkinkan dengan pilihan kecepatan 120fps pada resolusi 720p.

Kamera Depan

  • Xiaomi Redmi 5 Plus: 5 MP, 1080p
  • Honor 9 Lite:  Dual: 13 MP + 2 MP, 1080p

Bicara selfie, Honor 9 Lite jelas lebih tepat buat Anda yang hobi beraksi narsis di depan kamera. Adanya dua kamera yang tersemat di bagian depan jadi senjata utama untuk menghasilkan swafoto yang layak buat dipajang di media sosial. Terlebih lagi adanya mode beautification yang akan membuat wajah Anda tampak lebih menawan dalam berbagai kesempatan.

Sementara begitu beranjak pada Redmi 5 Plus, Anda akan mendapati adanya kesenjangan yang cukup jauh dari sisi fitur yang disertakannya. Sensor kamera tunggal dengan ukuran resolusi 5MP rupanya sudah dianggap cukup oleh sang vendor untuk memenuhi kebutuhan selfie penggunanya. Dengan demikian secara teori dapat disimpulkan bahwa kualitas jepretan swafoto dari Redmi 5 Plus memang masih di bawah kamera depan milik Honor 9 Lite.

Performa

  • Xiaomi Redmi 5 Plus: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 506, RAM/ROM: 3GB/32GB dan 4GB/64GB
  • Honor 9 Lite:  HiSilicon Kirin 659, Octa-core (4x2.36 GHz Cortex-A53 & 4x1.7 GHz Cortex-A53), Mali-T830 MP2, RAM 3GB/ROM 32GB

Urusan kinerja, Honor 9 Lite menggunakan chipset buatan Huawei yang masuk dalam kategori menengah. HiSilicon Kirin 659 hadir dengan prosesor 8 inti yang mengadopsi arsitektur big.LITTLE yang terdiri dari empat inti berkecepatan 2,3GHz dan empat inti lainnya dengan kecepatan 1.7GHz. Sementara untuk menguatkan performanya disiapkan pula RAM berukuran 3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB.

Beralih pada Redmi 5 Plus, Xiaomi mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki delapan inti berkecepatan maksimal 2.0GHz. Kombinasi RAM dengan memori internal miliknya memang tersedia dalam dua opsi yaitu 3/32GB dan 4/64GB. Pengujian benchmark yang dilakukan menghasilkan skor yang lebih tinggi untuk Honor 9 Lite. Sedangkan tenaga operasional dari Redmi 5 Plus memang lebih tinggi dengan kapasitas daya hingga 4000mAh. Jauh meninggalkan Honor 9 Lite yang hanya menyiapkan kapasitas sebesar 3000mAh.

Sistem Operasi

  • Xiaomi Redmi 5 Plus: MIUI 9 Based on Android Nougat
  • Honor 9 Lite:  EMUI 8.0 Based on Android Oreo

Hadir dengan platform Android, Honor 9 Lite mengungguli Redmi 5 Plus dengan versi OS yang setingkat lebih tinggi. Redmi 5 Plus dan Honor 9 Lite masing-masing mengusung sistem operasi Android Nougat dan Oreo yang diperkaya dengan antarmuka khas dari sang vendor. Begitu ponsel dinyalakan, maka Anda akan mendapati layar utama dari kedua perangkat nyatanya sama-sama tidak menyertakan adanya laci aplikasi.

Sejumlah fitur yang dibenamkan lewat MIUI 9 siap membantu Anda untuk menikmati berbagai macam fungsi yang tidak akan ditemui pada perangkat Android lainnya. Salah satunya adalah Second Space yang akan membantu Anda untuk memisahkan penggunaan ponsel untuk keperluan pribadi ataupun profesional. Sedang Honor 9 Lite memang dijejali oleh aplikasi yang cukup berlimpah dengan aneka fungsi yang berbeda. Secara umum kedua ponsel ini memang cukup berimbang dari fungsi yang dibenamkannya.

Kesimpulan
Bermain di segmen kelas menengah, Xiaomi dan Honor berani pamerkan layar dengan aspek rasio lebar sebagai nilai jual utama. Xiaomi yang lebih dulu masuk di pasar domestik hadir dengan opsi RAM 3 dan 4GB, sementara buat yang tertarik dengan ponsel sub-brand Huawei tentu hanya dapat memilih RAM dengan kapasitas 3GB. Tawaran user experience dari kedua ponsel ini sebetulnya cukup sepadan dengan aneka fitur dan aplikasi bawaan yang berlimpah. Namun begitu bila bicara performa, Redmi 5 Plus memang harus mengakui keunggulan Honor 9 Lite yang memang terukur lebih tinggi.

Aspek fotografi yang kerap jadi pertimbangan utama bagi konsumen saat memilih gadget juga tak lepas dari sorotan. Honor 9 Lite yang hadir dengan kamera ganda pada kedua sisinya jelas menyuguhkan lebih banyak opsi mengabadikan gambar yang jauh lebih keren ketimbang Redmi 5 Plus yang hanya menyematkan kamera tunggal.

Sementara dari sisi harga, Honor 9 Lite yang kabarnya akan dijual pula secara online juga akan menerapkan strategi yang sama dengan Xiaomi Redmi 5 Plus. Lewat flash sale, harga kedua perangkat ini memang akan dijual lebih murah dengan jumlah unit yang dibatasi. Sedang banderol harganya di lapak offline dipastikan bakalan naik lebih tinggi.

Penulis: Galing

Go to top