Mematikan Aplikasi Android Melalui Recent Apps Bisa Berakibat Buruk?

swipe
Droiders tentu telah mengetahui fungsi tombol-tombol yang ada di Navigation Bar. Biasanya ada tombol Back, Home dan Recent Apps. Beberapa perangkat Android (terutama device lama) mungkin belum memiliki navigasi Recent Apps karena masih menggunakan Navigasi Menu.

Recent apps berfungsi untuk mengelola multi-tasking supaya mudah ketika akan pindah-pindah aplikasi. Recent Apps juga dapat digunakan untuk mematikan aplikasi Android hanya dengan satu gerakan swipe aja.
 
Silakan coba, tekan tombol Recent Apps lalu swipe salah satu aplikasinya, maka aplikasi itu akan mati sepenuhnya. Bagus dong buat membebaskan RAM, kan kalo RAM-nya sisa banyak Androidnya makin kenceng jalannya.

Namun faktanya,  Ternyata fungsi Recent Apps ini malah kebalikannya. Karena mematikan aplikasi Android melalui Recent Apps malah berakibat buruk, apalagi kamu matikan semuanya tanpa sisa.

Tips ini diberikan oleh Developer aplikasi Greenify, pengembang aplikasi yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja Android dengan cara menghibernasi aplikasi yang tidak bekerja.

Developer Grenify mengatakan bahwa ketika aplikasi dimatikan sepenuhnya, maka ketika aplikasi itu dibuka lagi nanti akan membutuhkan usaha yang lebih besar, dan malah membuat android jadi boros baterai dan performa Android jadi buruk. Untuk diketahui, Android sudah memiliki mekanisme khusus untuk mengelola RAM dengan baik tanpa harus memakai bantuan aplikasi lain.


Saran AI, biarkan saja aplikasi-aplikasi yang sering dipakai berada dalam Recent Apps, seperti aplikasi jejaring sosial, IM, dan email.

Last modified on Thursday, 02 October 2014 09:57

Go to top