Test LG G3 Beat Varian G3 untuk Kawula Muda

 cover-beat

Selain melepas LG G3 sebagai produk flagship, LG pun mempersiapkan beberapa G3 Varian lain untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya yang cenderung semakin beragam. Setelah LG G3 Stylus, kini kami kedatangan LG G3 Beat. Varian yang lebih spesifik menyarah kelas yang lebih rendah dan cenderung untuk bersenang-senang.

Pilihan Warna    
Baterai: Li-Po  2.540 mAh
Harga:  Rp. 3.499.000,-

unboxing-beat

Kelengkapan  

  •  Handset
  • Charger plus Kabel data
  • Buku manual
  • Kartu Garansi
  • Smart Case
  • Kartu perdana XL

 
Desain

design-beat

Dimensi: 137.7 x 69.6 x 10.3 mm,  134 gram; multi touchscreen; port audio 3.5mm; tombol power/lock, pengatur volume; lubang mic; port microUSB;
    
LG G3 Beat mengambil bentuk seperti LG G3 dengan ukuran yang lebih kecil tentunya. Tetap tampil premium dengan material polikarbonat yang dipoles sedemikian rupa. Tentunya, penempatan tombol power/lock dan pengatur volume berada di belakang atau back cover ponsel.

Konon letak ketiga tombol tersebut menghindarkan tombol dari penekanan yang tidak disengaja saat ponsel digenggam. Posisi ini juga lebih intuitif mengingat tombol-tombol tersebut berada di tempat biasanya telunjuk pengguna berada. Paket pembelian menyertakan smart case berwarna abu-abu metalik dengan tampilan elegan.

Tampak depan, bagian kiri atas terdapat kamera sekunder dengan sensor laser dan lubang speaker disampingnya.


Display

display-beat

Layar sentuh  IPS capasitive touchscreen HD (720 x 1280 pixels) 16 juta warna, 5 inci ; ~294 dpi
    
Berbeda dengan G3 yang menghadirkan layar 5,5 inci dengan resolusi Quad HD maka G3 Beat hanya berukuran 5 inci dengan resolusi HD (720 x 1280 piksel).  Meskipun begitu, resolusi HD tetap mampu menghadirkan kualitas warna dan gambar yang cukup sempurna.

Seperti halnya G3, G3 Beat memiliki smart case yang menyuguhkan sensible indicator berupa quick circle yang menampilkan 4 aplikasi dan 1 pengaturan demi kemudahkan mengakses aplikasi tersebut.

Perbedaan yang cukup terasa pada layar adalah terkait kerapatan layar. LG G3 densitinya mencapai ~534 ppi sedangkan LG G3 Beat hanya mencapai maksimal ~294 ppi.

Meski begitu, saat dioperasikan respon layar sentuh dari ponsel ini terasa lembut dan lancar. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya juga tidak terlihat jeda.
 
Sistem Operasi dan UI

Os-Beat
Android OS, v4.4.2 (KitKat) Optimus UI

Ponsel ini sudah menggunakan OS Android 4.4 Kitkat yang dipercaya mampu menghadirkan performa yang lebih handal, hemat baterai, fitur terbaru serta keyboard emoji yang membuat aktifitas chatting semakin seru.

Secara tampilan, tidak banyak yang berbeda dari Android Kit Kat yang dibalut dengan Optimus UI khas LG. Tray notifikasi menampilkan notifikasi serta beberapa tombol virtual yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan fitur seperti WiFi, sambungan data operator, rotasi otomatis layar, bluetooth dan sebagainya. Selain itu ada slider untuk mengatur kecerahan (brightness) layar, serta volume dering ponsel. App drawer juga tampil dengan membagi sajian atas aplikasi dan widget.

Berbeda dengan G3, G3 Beat tidak menyertakan atau memajang fitur smart bulletin di panel paling kiri. Artinya panel informasi dari aplikasi LG Health dan Smart Tips tidak ikut disertakan. Namun fitur one-handed operation masih disertakan.

Hardware dan Benchmark

Benchmark-Beat

Prosesor Qualcomm MSM8926 Snapdragon Quad Core 1,2 GHz Cortex-A7; Adreno 305; RAM 1 GB, Internal Storage: 8GB, external: up to 32GB , Baterai Li-Polymer 2.540 mAh; Sensor accelerometer, Proximity, Direction Sensor, G-Sensor, E-Compass, Linear Acceleration Sensor; Rotation Vector Sensor
    
Untuk hardware, LG G3 Beat hanya menggunakan prosesor quad core 1,2 GHz dengan dukungan pengolah grafis Andreno 305. Namun spesifikasi ini masih mampu memberikan kinerja dan tampilan yang baik serta halus saat browsing, chatting, bermain games maupun menonton video.

Bila G3 memiliki storage 16 GB maka G3 Beat hanya setengahnya. Demikian juga untuk RAM, G3 Beat hanya 1 GB dengan tambahan microSD sampai 32 GB.

Untuk asupan daya, ponsel ini menggunakan baterai dengan kapasitas 2540 mAh yang pastinya cukup untuk pemakaian lama dengan beragam aktifitas.

Untuk perhitungan benchmark digunakan aplikasi Antutu Benchmark dan Quadrant Standart. Menggunakan Antutu Benchmark didapat angka 16.984. Sedangkan dengan Quadrant Standart didapat angka 8.541 yang menempatkannya berada pada posisi teratas melewati HTC One X atau Asus Transformer Prime.


Multimedia

media-Beat

Audio: MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA; Video Playing Format: MP4, M4V, 3GP, 3G2, MKV, WEBM;  
    
Untuk urusan multimedia, ponsel ini menyediakan audio dan video player yang standard bawaan Google. Tapi jangan khawatir, sebab puluhan atau mungkin ratusan aplikasi multimedia dari Google Play dapat Anda tambahkan agar dapat memainkan beragam format file.

Aplikasi multimedia lain adalah radioFM. Aplikasi radioFM ini mendukung RDS dengan fitur perekaman radio. Selain itu, untuk suara masih ada aplikasi perekam suara.

LG G3 Beat menyertakan fitur pengaturan suara berdasarkan pitch & speed dan equalizer. Pitch & speed menyediakan pengaturan dalam skala perkalian 0 koma. Artinya bila Anda mendengarkan suara rekaman dengan lebih jelas maka fitur ini sangat membantu. Sedangkan equalizer menyediakan 7 mode (normal, pure surround, quadbeat, bass booster, vocal booster dan custom). Dengan earset berkualitas baik, Anda dapat menikmati kualitas suara setara bioskop dolby digital.

Kamera dan Video

camera-beat

Kamera belakang 8,0 MP (3264x2448 pixels), laser auto focus, LED flash, geo-tagging, touch focus, HDR, face/smile detection; Kamera depan 1.3 MP;  HD Video recording 1080p@30fps
    
Bila G3 menggunakan kamera belakang 13 megapiksel  maka Beat hanya menyertakan 8 megapiksel. Sedangkan untuk kamera depan G3 Beat hanya menggunakan resolusi 1,3 megapiksel. Meskipun begitu kualitas hasil foto yang didapat tidaklah mengecewakan. Karena ponsel ini tetap memiliki laser auto fokus yang mampu menangkap objek bergerak dengan lebih cepat dibandingkan dengan auto fokus biasa. Fitur tambahan yang juga masih melekat adalah LED flash dan geo-tagging.

Hasil pengujian didalam ruangan dengan pencahayaan ruangan dan dalam mode ‘HDR’, ponsel ini mampu menghasilkan kualitas foto yang bagus. Untuk selfie, ponsel ini menyediakan kamera 1,3 megapiksel yang juga dapat diandalkan. Pengujian foto selfie dalam lingkungan outdoor menghasilkan foto yang jelas dan terang.

Hasil Kamera

camera-autd
Indoor                        Outdoor

Internet dan Konektifitas

koneksi-beat

Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 1900 / 2100; Dual SiM MicroSIM ; Location Technology: GPS; WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth v.4.0 with A2DP, microUSB v2.0, NFC
    
Di sektor konektifitas, pengguna masih disajikan pilihan lumayan lengkap seperti 3G dan NFC. Untuk koneksi ke PC, dalam paket penjualan telah disertakan kabel data yang terpisah dengan kabel charger.  
Pengujian menggunakan Google Maps berjalan sangat lancar termasuk aplikasi navigasi serta fitur tambahannya.


Fitur Tambahan

fitur-unggulan-Lg
                       Knock Code, Guest Mode, Qslide, Quick Remote,

Knock Code merupakan fitur keamanan yang muncul pertama kali pada LG LIII series. Fitur ini digunakan untuk membuka kunci layar. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan kombinasi ketukan jari pada layar. Dalam Knock Code, layar smartphone terbagi menjadi empat kuadran yang tak terlihat. Akses keamanan dibuat pengguna dengan mengkreasi kombinasi antara 3 hingga delapan kali ketukan pada kuadran tersebut dalam urutan tertentu.  Dengan begini, Knock Code menciptakan hingga 80 ribu kemungkinan kombinasi. Pengguna bahkan dapat memanfaatkan Knock Code tanpa harus melihat langsung pada layar.

Tak ketinggalan ada fitur QSlide yang menjadi andalann LG di beberpa produknya beakangan ini. QSlidememungkinkan pengguna menjalankan aplikasi dalam sajian jendela kecil pada layar.


Kelebihan

  • HD IPS
  • Android KitKat
  • 3G

Kekurangan

  • Belum 4G

Kesimpulan

Bila dilihat perbandingan harga antara LG G3 dan LG G3 Beat maka wajar bila G3 Beat mengalami sedikit penurunan kualitas hardware. Namun dengan disediakannya beberapa fitur flagship, rasanya ponsel ini memang ponsel kelas menengah yang menyerupai premium. Satu hal yang dirasa kurang hanyalah ponsel ini sempat digadang-gadang menyertakan koneksi 4G. Secara keseluruhan, performanya seperti yang dijanjikan. Coba saja!

Aldrin Symu

Last modified on Thursday, 11 December 2014 11:50

Go to top