Samsung Galaxy Note 5, Fitur Gahar Berbalut Logam dan Kaca

Samsung note-S6

Samsung resmi mengenalkan generasi ke lima dari phablet jajaran seri "Note". Pada Galaxy Note5 ini, pihak pabrikan menanggalkan bodi plastik atau pun bahan kulit seperti terpasang di seri Note sebelumnya, kemudian menggantikannya dengan material logam dan kaca serupa di Galaxy S6.

Bodi
Galaxy Note5 mengadopsi bezel tipis, untuk diagonal layar berukuran 5,7 inci, yang dibuat dengan konsep memanjang. Dibandingkan versi sebelumnya, Note5 ini lebih tipis hingga diklaim lebih nyaman digenggam. Secara umum, disainnya berupa evolusi dari Note 4, namun terinspirasi bentukkan Galaxy S6.

Note5-3

Phablet terbaru Samsung ini menerapkan layar berjenis Super AMOLED, pada resolusi QHD. Dan seperti halnya produk seniornya, Note5 ini dilengkapi stylus S Pen. Menariknya, dengan stylus ini pengguna akan dapat langsung seketika membuat ‘catatan’meski layar dalam kondisi mati.

Hardware
Galaxy Note5 dibekali spesifikasi gahar. Ada memori RAM 4GB, telah didongkrak kapasitasnya dari sebelumnya yang sebatas 3GB di Note 4 atau pun Galaxy S6. Alhasil kinerjanya bakal kian mumpuni. Terlebih di sini telah dibenamkan chipset terbaru Samsung, Exynos 7420, dengan semburan tenaga yang dahsyat. Chip ini menghadirkan prosesor octa-core dengan quad-core Cortex-A53 @1,5GHz dan quad-core Cortex-A57 @2,1GHz, serta GPU Mali-T760MP8.

Ruang memori internal menggunakan standar UFS 2.0, yang cepat. Kapasitas yang disediakan adalah 32GB, 64GB dan 128GB. Itu pun tanpa dukungan dari slot microSD.

Untuk piranti fotografi, Samsung Galaxy Note5 mengadopsi kelengkapan kamera seperti di Galaxy S6. Sensor 16MP dipasang, dengan aperture lebar f/1.9, fitur optical image stabilization (OIS) dan HDR auto real-time. Daya rekam kamera utamanya 2160p, dan bahkan bisa streaming langsung ke YouTube pada kualitas 1080p. Sementara itu, kamera selfinya menggunakan kamera 5 MP (f/1.9).

Ada hal menarik lain dari Galaxy Note5 ini di sisi audio. Disebutkan telah memperbaharui kemampuannya, dengan Ultra High Quality Audio, dimana menjanjikan suara audio yang lebih kaya. Asiknya lagi, fitur audio seperti ini akan kompatibel dengan headphone Bluetooth (Level On).

Fitur lain yang melekat pada Note5 yakni pembayaran mobile, seperti sudah didengung-dengungkan sebelumnya oleh Samsung. Di sini ada Samsung Pay, akan bekerja via NFC atau pun MST (Magnetic Secure Transmission). Untuk mengamankan fitur ini, Note5 pun dibekali sensor sidik jari.

Dengan fitur seabreg tersebut, Samsung diketahui malah memangkas kapasitas baterai Galaxy Note5, bila dibandingkan dengan versi sebelumnya. Phablet Note5 menggandeng baterai 3000mAh, lebih kecil 200mAh. Itu tampaknya sebagai imbas dari bodi yang lebih tipis. Namun, di sini Samsung telah menyertakan teknologi pengisian daya cepat (Fast Charging), baik via kabel maupun nirkabel.

Pilihan Warna dan Harga
Samsung Galaxy Note5 akan tersedia dalam pilihan warna Black Sapphire, White Pearl, Gold Platinum dan Silver Titanium. Jadwal edarnya mulai 21 Agustus ini, di pasar AS. Banderol harganya yakni sekitar Rp11,3 jutaan (32GB) atau Rp12,3 jutaan (64GB) (asumsi USD $1 = Rp13.500,-). (Woro)

Last modified on Tuesday, 18 August 2015 15:44

Go to top