Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 8, Mi 8 SE, dan Mi 8 Explorer

mi8ai

Penantian MI Fans setelah mengarungi lautan rumor selama berminggu-minggu kini telah berakhir. Hari ini (31/5) Xiaomi mengumumkan smartphone flagship yang paling ditunggu para fan, Mi 8.


Seperti foto yang sebelumnya bermunculan, Mi 8 menjadi smartphone pertama Xiaomi yang mengadaptasi takik seperti iPhone X. Layar berteknologi OLED dengan bentang 6,21 menguasai badan depan Mi 8. Di takiknya, tertanam kamera selfie dengan resolusi cukup besar, 20MP.

Smartphone ini memiliki panel kaca belakang yang melengkung ke empat sudut. Di dalamnya, bersemayam chipset papan atas Qualcomm Snapdragon 845. Kamera ganda dengan resolusi masing-masing 12MP mencatat skor mengagumkan, 105 pada DxOMark. Xiaomi juga membanggakan Mi 8 sebagai smartphone pertama yang menggunakan GPS frekuensi ganda yang berarti akan mentransmit data dengan lebih akurat.

Di kesempatan ini, Xiaomi juga meluncurkan versi lebih canggih dari MI 8 yaitu Mi 8 Explorer Edition. Dengan pemindai sidik jari in display, Xiaomi mengklaim bahwa teknologi ini adalah yang pertama kali diterapkan pada smartphone sekaligus yang memakai mekanisme sensitivitas tekanan. Mereka juga menyatakan bahwa Explorer merupakan Android pertama yang menggunakan pengenalan wajah 3D, seperti halnya iPhone X dengan Face ID nya.

Yang sangat menarik perhatian mata, Mi 8 Explorer Edition menggunakan panel belakang transparan sehingga jeroannya terlihat dengan jelas.

Versi ketiga dari MI 8 yang diluncurkan kali ini adalah Mi 8 SE. Versi lebih rendah dari MI 8 standar ini menggunakan chipset kelas tengah paling baru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 710 dan dibekali dengan layar OLED 5,88 inci.

Snapdragon 710 diklaim memiliki konsumsi daya 30 persen lebih hemat namun memiliki kinerja 20 persen lebih baik dibanding pendahulunya, Snapdragon 660.

Spesifikasi

spekmi8ai

Harga dan Ketersediaan

MI 8 standar akan dibanderol 2.699 RMB (5,8 juta rupiah) sedangkan Mi 8 Explorer Editon akan dijual mulai dari harga 3,699 RMB (8 jutaan rupiah). Versi paling rendah yaitu Mi 8 SE akan dilepas seharga RMB 1.799 (sekitar 4 juta rupiah). Harga-harga ini, -seperti biasa-, sangat kompetitif dibanding pesaing flagship lainnya.

Mi 8 akan tersedia di Cina tanggal 5 Juni, disusul dengan MI 8 SE pada tanggal 8 Juni dan terakhir Mi 8 Explorer yang belum diketahui pasti tanggalnya.

*konversi ke rupiah berdasar kurs saat artiikel ini dibuat

Sumber: The Verge

Go to top