Hayolo, Xiaomi BM Ngga Bisa Lagi Di-Flash Pakai ROM Global!

credit: telecomlead

Sudah bukan rahasia lagi jika harga smartphone di Cina lebih murah daripada di negara lain. Hal ini tentu saja menggoda para pebisnis untuk mengimpor smartphone dari Cina ke negaranya. Namun niat tersebut sekarang tampaknya harus dikaji ulang. Alasannya? Xiaomi bakal memblokir segala upaya untuk menginstal ROM Global ke smartphone versi Cina-nya.

Seperti diketahui, ROM Xiaomi di Cina berbeda dengan ROM yang beredar secara global. MIUI di sana mengganti layanan-layanan dari Google (yang tidak diijinkan beroperasi di Cina) dengan layanan lokal. Terkadang, smartphone Xiaomi yang dibeli dari Cina dan beredar di negara lain masih bisa menggunakan layanan Google Play namun juga dipenuhi dengan aplikasi-aplikasi dari Cina dan berbagai layanan yang kadang tidak diperlukan dan malah menjadi bloatware (aplikasi yang menyesaki sistem sehingga membuat smartphone berjalan lebih lambat).

ROM Global, seperti diketahui didesain untuk pasar global sehingga hanya mengandung aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan di luar Cina tanpa aplikasi tambahan dari pasar Cina.

Sejauh ini, mereka yang membeli smartphone 'abu-abu' ini masih dapat mengganti ROM Cina atau ROM lainnya dengan ROM Global. Xiaomi memutuskan untuk memblokir versi Cinanya supaya tidak dapat diganti dengan ROM Global. Begitu pula sebaliknya, Xiaomi versi Global tidak dapat diganti sistemnya dengan ROM Cina.

Belum jelas kapan hal ini akan dilakukan dan smartphone apa saja yang akan terimbas dengan kebijakan ini. kemungkinan, smartphone Xiaomi yang sudah dibekali MIUI 10 akan merasakan dampaknya.

Sumber

Last modified on Tuesday, 02 October 2018 21:48

Go to top