"Pengguna Xiaomi Bisa Instal Google Camera Tanpa Root, Tapi..."

gcammm

Salah satu fitur yang membuat smartphone Google Pixel disegani oleh lawan-lawannya adalah kualitas hasil foto kameranya yang aduhai. Keberadaan software Google Camera diyakini menjadi faktor penting dibalik kecanggihan kamera Google Pixel.

Kini, aplikasi Google Camera (GCam) dapat dipasang pada beberapa brand smartphone Android. Namun instalasinya tidaklah mudah karena tidak semua smartphone kompatibel dan beberapa smartphone membutuhkan akses root, tak terkecuali beberapa tipe Xiaomi.

Untuk dapat menjalankan aplikasi Google Camera, smartphone Anda harus mendukung HAL3 atau Camera2API. Hal ini sejatinya tidak didukung oleh MIUI, sistem operasi kustom Android khas Xiaomi. Agar Google Camera berfungsi dengan baik, maka pengguna harus melakukan langkah rooting.

jikem-xiaomi

Namun pengguna Xiaomi sepertinya tak perlu terlalu lama bersungut-sungut lantaran gagal mengisntal Google Camera. Sebuah laporan dari Cina menyatakan bahwa MIUI 10 beta 8.11.8 tak lagi mensyaratkan proses rooting saat Anda hendak menginstal Google Camera. Ini berarti, pengguna Xiaomi tinggal mengunduh APK Google Camera dan bisa langsung menginstal dan meggunakannya layaknya melakukan instalasi aplikasi dari Play Store. Berita buruknya, tak semua fitur Google Camera akan dapat berfungsi:(

Info tambahannya, fasilitas instalasi tanpa root untuk GCam yang ada di MIUI 10 beta 8.11.8 tersebut masih terbatas hanya untuk ROM versi Cina. Apakah fitur ini nantinya juga akan dibagikan di ROM versi Global, masih belum diketahui. So, berita 'setengah bahagia' ini tampaknya masih harus terus kita gali kebenarannya, meski pengguna Xiaomi berharap bahwa kabar ini akan benar-benar terwujud.

Last modified on Tuesday, 13 November 2018 12:27

Go to top