10 Tren Dari Trendwatching Di Global Trend Event 2018 Jakarta

trenglobal

Kemarin (13/11), TrendWatching telah menyelenggarakan acara Global Trend Event 2018 di Jakarta. Dalam acara tersebut, perusahaan analisis tren konsumen global ini membagikan pengetahuan-pengetahuan terbaru dan bermanfaat seputar proyeksi tren di tahun 2019, sehingga para profesional di industri atau brand dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi tahun tersebut.

Sorot utama mengenai tren yang disampaikan di acara tersebut dapat Anda lihat berikut ini

Sandcastle Stories

Berbagai brand banyak membuat pengalaman-pengalaman melalui pop-up stores yang bersifat singkat namun menyenangkan pada tahun 2018. Para konsumen pun menikmati tren ini dengan membagikan pengalaman mereka melalui media sosial, terutama Instagram Story yang hilang dalam waktu 24 jam. Namun, tantangan bagi brand di tahun 2019 adalah untuk membuat sebuah pengalaman yang mampu dinikmati secara mendalam dan tahan lama.

Magic Touchpoints

Penetrasi smartphone yang semakin dalam ke kehidupan membuat brand sadar bahwa para konsumen kini ingin mendapatkan layanan dalam waktu yang singkat. Mulai dari mendapatkan informasi, memesan tiket perjalanan, atau membeli makanan. Tantangan bagi brand pada tahun 2019 adalah bagaimana mereka bisa melampaui apa yang ada sekarang dengan memenuhi kebutuhan konsumen melalui teknologi.

Fantasy in Real Life

Tren ini menjelaskan bagaimana konsumen dapat menikmati pengalaman makan di restoran yang memiliki tema khusus seperti film atau menjalani tur di museum Louvre berdasarkan video musik dari Beyonce. Tren ini, namun, berbeda dengan fandom, yang memiliki pasarnya sendiri. Apa yang brand dapat lakukan di 2019 adalah dengan memberikan pengalaman yang lebih menyeluruh kepada konsumen secara luas.

New Retail

Tren yang diinisiasi oleh Alibaba Group di Tiongkok ini menggabungkan pengalaman belanja luring dan daring. Para konsumen dapat menggunakan aplikasi brand tertentu untuk menambah pengalaman berbelanja seperti misalnya mendapatkan rekomendasi pakaian atau berbelanja di toko tanpa kasir. Bagi para pelaku usaha di luar industri ritel mungkin dapat menggabungkan pengalaman luring dan daring untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Lab Rats

Pada tahun 2018, konsumen semakin ingin menjadi sehat dengan mengonsumsi makanan yang sesuai dengan dengan kondisi tubuh mereka. Misalnya mengonsumsi minuman dengan jumlah gula yang dapat dikontrol, sampai memberikan contoh DNA kepada perusahaan makanan agar mendapatkan diet yang sesuai dengan kondisi genetik mereka. Bagi pelaku usaha di luar kesehatan dan kebugaran ini berarti mereka harus memberikan berbagai opsi personal yang mampu disesuaikan dengan selera konsumen pada tahun 2019.

Branded Government

Banyak persoalan yang dihadapi pemerintahan dan membutuhkan solusi cepat, contohnya situasi kemacetan yang banyak dialami kota-kota besar di berbagai negara. Para pelaku industri atau brand yang memiliki kekuatan dominan dalam pengelolaan data konsumen, dapat mengambil peran untuk membantu pemerintahan menyelesaikan isu-isu yang dialami. Salah satu contohnya adalah yang dilakukan DiDi Chuxing, perusahaan transportasi daring terbesar di Tiongkok yang berkontribusi mengurangi kemacetan dengan cara memanfaatkan data untuk mengatur lampu lalu lintas.

Future Proofed

Pembangunan yang cepat, seperti infrastruktur hingga teknologi, telah memberikan banyak kemudahan. Di sisi lain, terdapat persoalan baru yang mempengaruhi masa depan. Contohnya, gaya hidup dan situasi ekonomi terkini yang menutup kemungkinan sebagian besar millenial di Jakarta untuk memiliki rumah sendiri pada 2020 mendatang, atau banyaknya profesi yang akan digantikan oleh robot karena dianggap lebih produktif dan efisien. Situasi ini mengajak para pelaku industri atau brand untuk berkontribusi dalam mengantisipasi proyeksi menakutkan masa depan ini.

Practical Representation

Saat ini adalah era inklusif dan wujud-wujud ideal bukan lagi menjadi hal utama yang selalu dapat menarik perhatian, seperti halnya yang iklan-iklan terdahulu selalu tampilkan. Dalam hal ini, pelaku industri dan brand ditantang untuk mampu menyediakan kebutuhan para konsumen yang semakin beragam.

Singles not Allowed

Meningkatnya perilaku konsumsi memberikan dampak pada lingkungan, seperti penggunaan produk plastik sekali pakai yang mencemari lingkungan. Brand memiliki tuntutan tinggi untuk ambil bagian dalam penyelesaian persoalan ini. Salah satu contoh sebagaimana yang dilakukan oleh Ele.me, perusahaan jasa pengiriman makanan di Tiongkok yang memproduksi sumpit yang bisa dimakan untuk mengatasi persoalan tingginya angka sampah sumpit dan plastik pembungkusnya di negeri tersebut.

Village Squared

Banyak orang semakin melekat dengan teknologi hingga koneksi antar individu di dunia nyata menjadi berkurang. Apa yang pelaku industri atau brand dapat lakukan untuk kembali membangun interaksi yang kuat di antara para konsumennya? Jaringan kafe multinasional dari Inggris, Costa Coffee, membuat sebuah terobosan sederhana namun berdampak kuat untuk memerangi kesendirian para pengunjungnya, yaitu dengan mengajak mereka yang tidak saling mengenal untuk berinteraksi di meja yang diberi tanda khusus.

Go to top