Canggih, Chipset Terbaru Qualcomm Snapdragon 855!

snapdragon855

Dalam perhelatan Snapdragon Technology Summit lalu, Qualcomm mengumumkan chipset terbarunya yaitu Snapdragon 855. Kehadiran Snapdragon 855 sekaligus menandai kehadiran chipet komersial pertama di dunia yang secara kolektif mendukung koneksi 5G multi-gigabit, AI, dan extended reality (XR) imersif sehingga dapat memulai era baru dari revolusi perangkat seluler.
Snapdragon 855 menggunakan arsitektur cip baru yang dibangun di atas proses teknologi 7nm dan diklaim memberikan pengguna daya tahan baterai yang lebih lama dan pengalaman superior di area imaging, audio, gaming dan XR.

Snapdragon 855 menggunakan modem X50 guna membawa pengalaman 5G kepada dunia. Di saat bersamaan, 855 juga mengusung Modem LTE Snapdragon X24 untuk memaksimalkan konektivitas 4G multi-gigabit.

Kinerja

Snapdragon 855 didukung oleh CPU Qualcomm® Kryo™ 485 yang dibangun di atas teknologi Arm Cortex, menawarkan efisiensi peningkatan kinerja hingga 45% dibanding chipset generasi sebelumnya. GPU Qualcomm® Adreno™ 640 diklaim 20% lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Pengguna smartphone berbasis Snapdragon 855 akan mendapatkan pengalaman gaming level baru menggunakan grafis Adreno ini dan akan merasakan realita permainan melalui dukungan teknologi Vulkan 1.1, high dynamic range (HDR), dan physically based rendering (PBR).
Artificial Intelligence

855 didukung oleh generasi keempat multi-core Qualcomm® AI Engine yang menawarkan kapasitas total hingga lebih dari 7 trillion operations per second1 (7 TOPs) dan 3x performa AI dibanding generasi sebelumnya. Qualcomm® Hexagon™ 690 Processor terbaru termasuk di dalamnya Hexagon Tensor Accelerator (HTA) dan empat Hexagon Vector eXtensions (HVX) dengan desain terbaru – dua kali jumlah vector processing dari generasi flagship sebelumnya – dan empat scalar threads, yang mana keseluruhannya memberikan kombinasi tangguh untuk akselerasi AI khusus dan dapat diprogram.

Peningkatan perangkat keras juga terjadi di GPU Adreno yang menampung lebih dari 50% arithmetic logic units 2 dan di CPU Kryo 485 dengan penambahan instruksi baru untuk lebih jauh mengingkatkan kecepatan performa AI. Perangkat lunak generasi keempat Qualcomm AI Engine membawa beragam peningkatan di Qualcomm® Neural Processing SDK, Google’s Android NN-API, Hexagon NN dan Qualcomm® Math Library.

Sejumlah optimisasi jaringan yang presisi dan kelas neural network juga tersedia untuk mendukung lonjakan pengalaman pengguna untuk on-device AI voice, kamera, gaming dan XR, yang mana sebagian banyak tersedia dari kolaborator perangkat lunak AI dari Qualcomm Technologies dan akan digunakan oleh perangkat-perangkat masa depan yang menggunakan Snapdragon 855. Pihak-pihak yang menggunakan kapabilitas Qualcomm AI Engine generasi keempat diantaranya adalah AI Speech, AnyVision, iFlytek, Elevoc dan Nalbi. Selain itu, Snapdragon 855 juga membawa asisten suara on-device yang lebih canggih menggunakan AI khusus untuk echo cancellation dan noise suppression sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan asisten suara di dalam perangkat kapan pun.

Kamera

Snapdragon 855 menggunakan Qualcomm Spectra™ 380 ISP terbaru. Slaah satu kemampuan ISP ini adalah depth sensing berbasis perangkat keras yang mampu mengambil video, klasifikasi objek, dan segementasi objek di saat yang bersamaan dalam resolusi 4K HDR pada 60fps.

Ini berarti pengguna dapat merekam video dan di saat yang bersamaan juga mengganti satu objek tertentu ataupun latar belakang di dalam video secara real time dengan resolusi 4K HDR dan pilihan lebih dari 1 miliar warna.

Selain itu, Qualcomm Spectra 380 ISP terbaru merupakan ISP pertama yang mendukung perekaman video menggunakan HDR 10+ sehingga lebih dari 1 miliar warna dengan kontras yang eksepsional dan visual yang brilian dapat ditangkap. Terakhir, untuk menyimpan konten-konten idaman ini, Snapdragon 855 menambah akselerasi perangkat keras untuk format file encoding HEIF sehingga mengurangi ukuran file hingga 50% untuk menyimpan dan membagian konten secara lebih efisien.

Hiburan
Snapdragon 855 memberikan platform hiburan yang lebih baik untuk permainan gim yang lebih realistis, sinematik yang lebih nyata dan performa XR yang lebih unggul.

Last modified on Friday, 07 December 2018 07:26

Go to top