Perusahaan BlackBerry dijual 4,7 Milliar Dollar

Di tengah ramainya berita tentang peluncuran BBM lintas platform dan berbagai kendalanya, kabar mengejutkan datang. BlackBerry setuju secara prinsip untuk menjual perusahaan miliknya ke konsorsium FairFax Financial seharga 4,7 Milliar Dollar.

 

BlackBerry dalam pernyataannya mengatakan bahwa Fairfax, pemegang 10% saham BlackBerry telah menawarkan $ 9 per saham dalam bentuk tunai untuk membeli perusahaan tersebut.

Tetapi Blackberry mengatakan akan terus menjajaki berbagai pilihan lain sementara negosiasi dengan Fairfax terus berlanjut.

Pada hari Jumat (18/9), Blackberry mengumumkan pemotongan 4.500 pekerja dalam upaya untuk mengurangi kerugian. Perusahaan asal Kanada tersebut memperkirakan, BlackBerry akan mengalami kerugian hingga $ 1 miliar atas lesunya penjualan handset terbaru mereka. Pada bulan Agustus lalu, Blackberry sebenarnya sudah menjajaki kemungkinan penjualan perusahaan tersebut.

Pada hari Senin (22/9), BlackBerry mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani "letter of intent agreement dimana konsorsium yang dipimpin oleh Fairfax Financial Holdings Limited telah menawarkan diri untuk mengambil alih perusahaan secara due dilligence."

Proses ini diharapkan akan selesai pada tanggal 4 November 2013. Pihak-pihak yang terlibat diharapkan memiliki niat baik untuk bernegosiasi dan melaksanakan perjanjian transaksi definitif pada tanggal tersebut.

Namun, Blackberry buru-buru mengatakan bahwa kesepakatan ini tidaklah eksklusif. Mereka akan terus "aktif mengumpulkan, menerima, dan mengevaluasi semua potensi yang masuk ke dalam negosiasi", termasuk dengan pembeli potensial lainnya.

Miliarder Kanada yang juga Chief executive Fairfax , Prem Watsa, mengatakan: "Kami percaya transaksi ini akan membuka babak baru yang menarik swasta untuk Blackberry, pelanggannya, termasuk operator dan karyawannya.

 arf/bbcuk/foto bbc uk

 

 

 

 

Last modified on Tuesday, 24 September 2013 11:00

Go to top