Twitter Kenalkan Fitur Tanggap Bencana

Twitter, yang saat ini tengah menyiapkan penawaran saham ke publik, menyatakan akan membantu para penggunanya untuk mendapatkan semacam peringatan dini dari pemerintah atau badan kebencanaalaman sata terjadi bencana atau hal-hal darurat.

 

Pengguna Twitter akan mendapatkan notifikasi berupa tweet atau SMS di ponsel. Untuk fitur pemberitahuan SMS, sebelumnya pengguna harus mengijinkan Twitter untuk menggunakan nomor telepon mereka supaya dpaat diakses oleh organisasi-organisasi kebencanaan yang terlibat dalam proyek ini.

U.S. Federal Emergency Management Agency, Tokyo's Disaster Prevention Service, dan World Health Organization (WHO) adalah 3 dari sekian banyak oprganisasi yang ikut berparisipasi.

Program peringatan bencana dini ini diluncurkan hampir setahun setelah musibah badai Sansy yang melanda Amerika. Badai ini menyadarkan kita tentang arti pentingnya peringatan dini saat bencana terjadi.

Di satu sisi, program peringatan dini ini juga menjadi semacam langkah evolusi bagi Twitter. Layanan yang selama ini mungkin lebih identik sebagai tempat ngobrol, nongkrong dan sharing, kini menambah fungsi sebagai layanan sosial.

arf/berbagai sumber/ foto reuters

 

 

Go to top