Waduh, Profil Google+ Bakal Dipakai Buat Bahan Iklan?

Beberapa hari ini mungkin Droiders ada yang terkejut karena profil Google+ nya tiba-tiba muncul di iklan adsense milik Google. Mungkin Droiders juga bakal mengernyitkan dahi karena strategi baru dari layanan Iklan Google. Kenapa?

 

Google diketahui melakukan pembaharuan layanan iklannya pada hari Jumat (11/10) untuk memungkinkan nama profil pengguna dewasa beserta foto mereka  untuk muncul dalam tinjauan di iklan mulai 11 November 2013.

Berdasarkan link pemberitahuan dari Google, mesin pencarian raksasa ini mengatakan, "Kami ingin memberi Anda – serta teman dan relasi Anda – informasi yang paling berguna. Saran (suggestion) dari orang yang Anda kenal dapat sangat membantu. Teman, keluarga, dan yang lainnya dapat melihat nama dan foto Profil Anda, serta konten seperti ulasan yang Anda bagikan (sharing) atau iklan yang Anda beri +1. Ini hanya terjadi saat Anda melakukan tindakan (seperti memberi +1, mengomentari, atau mengikuti) – dan orang yang dapat melihatnya hanyalah orang yang Anda pilih untuk diajak berbagi. Di Google, Anda mengontrol yang Anda bagikan. Pembaruan untuk Persyaratan Layanan kami ini tidak mengubah dengan siapa Anda mengajak berbagi sebelumnya atau kemampuan Anda untuk mengontrol siapa yang ingin diajak berbagi di masa mendatang."

Menurut Google, dengan layanan kebijakan baru ini sangat efektif dan efisien untuk memajukan iklan dan penambahan jumlah pengguna. Masukan dari orang yang dikenal dapat menghemat waktu dan meningkatkan hasil pencarian untuk Anda dan teman di seluruh layanan Google, meliputi Penelusuran, Maps, Play, dan iklan. Misalnya, teman dapat melihat Anda memberi nilai 4 bintang pada album di laman Google Play suatu band. Dan misalnya Anda memberikan  +1 yang Anda berikan untuk toko roti lokal favorit dapat disertakan dalam iklan yang ditayangkan oleh toko roti itu melalui Google. Google  menyebut saran ini adalah dukungan bersama yang memudahkan.

 

Berbicara tentang dukungan bersama dalam iklan, Anda dapat mengontrol penggunaan nama dan foto Profil melalui setelan Dukungan Bersama. Jika Anda mengubah setelan menjadi “non-aktif”, nama dan foto Profil tidak akan muncul dalam iklan tersebut baik untuk toko roti favorit atau iklan lainnya. Setelan ini hanya berlaku untuk penggunaan dalam iklan dan tidak mengubah apakah nama atau foto Profil Anda digunakan di tempat lain seperti Google Play.

Dukungan tersebut akan diambil dari Google Plus dan Google Play. Jika Anda mengikuti sebuah merek di Google Plus , Google dapat menggunakan informasi Anda sebagai iklan untuk merek tersebut. Hal yang sama berlaku jika Anda memberikan sebuah aplikasi review yang baik di Google Play . Google memberikan pengguna kemampuan untuk memilih keluar dari program dan hanya menargetkan orang dewasa lebih dari 18 tahun saja.

Ini bukan pertama kalinya Google telah bereksperimen dengan iklan sosial . Pada 2011 , perusahaan menambahkan +1 tombol untuk beberapa iklan banner. Namun, program ini belum berhasil mendapatkan pundi-pundi uang yang besar untuk Google. (Nariswari)

 

Last modified on Wednesday, 16 October 2013 11:09

Go to top