Laman BBM di Play Store Dipenuhi Komentar Palsu?

Aplikasi BBM lintas platform sudah diunduh 10 juta kali dalam 24 jam. Namun kesuksesan ini "sedikit ternoda' justru dengan komentar-komentar bernada positif yang tertampil di halaman unduh BBM Android di Play Store.

Penulis Matt Baxter-Reynolds menemukan fakta bahwa bahwa banyak orang yang memberikan komentar yang sama persis tentang BBM Android. Komentarnya sendiri berbunyi: 

"Thank you so much blackberry team. I was waiting this app. Its really great user friendly and smooth"

Blogger Terence Eden melalui tulisannya menyoroti kemungkinan tindakan astroturfing (memanipulasi/membuat komentar yang mengarahkan opini) di halaman unduh BBM di Play Store. Eden mencatat lebih banyak lagi orang yang berkomentar sama. 

Eden juga sempat menemukan seseorang yang tidak sengaja memposting tulisan yang berbunyi ""Dear Mr Ahmed, please post the following comment on the new BlackBerry Messenger APP..." Tampaknya tulisan tersebut berisi perintah kepada seseorang untuk memposting komentar yang sudah disiapkan sebelumnya di laman unduh BBM Android.

Ulasan palsu kini menjadi isu yang sensitif. Beberapa otoritas mengambil tindakan keras pada praktek astroturfing dan mengakibatkan pengenaan denda terhadap 19 perusahaan. Yang terbaru tentu saja kasus Samsung yang mempekerjakan orang-orang untuk membuat komentar palsu dan menyudutkan kompetitor.  

 

Pernyataan Resmi BlackBerry

Atas kasus tersebut, BlackBerry telah memberikan pernyataan resmi sebagai berikut:

"Kami mengetahui bahwa beberapa review tentang BBM Android di Play Store berpotensi (sebagai review), dimana (review tersebut) memlikiki rating satu sampai lima bintang. Kami tidak memiliki informasi tentang bagaimana ulasan ini diciptakan atau dihimpun. Kami tidak menyetujui atau membiarkan kegiatan tersebut. Ada banyak review dari pengguna BBM baru kami di Google Play yang benar-benar keren dan berguna. Kami ingin mendorong fans kami dan pengguna untuk terus memberikan penilaian yang benar berdasarkan pengalaman (menggunakan) BBM melalui saluran yang tepat.

berikut adalah naskah asli pernyataan BlackBerry yang dilansir oleh The Verge

"We have been made aware of a number of potentially fake reviews of BBM for Android on Google Play, with ratings anywhere from one to five stars. We have no knowledge of how these reviews were created or populated. We do not approve of or condone such activities. There are also many genuinely great and useful reviews from our new BBM users on Google Play. We would like to encourage our fans and users to continue to provide true assessments of the BBM experience through the proper channels"

 

arf/the verge/foto the verge

 

Last modified on Friday, 25 October 2013 07:58

Go to top