Android KitKat: Fokus ke Ponsel Murah dan Smartwatch

Setelah malam tadi (31/10) menyita perhatian dunia teknologi dengan peluncuran Android KitKat, Google sedikit demi sedikit mulai mengungkap berbagai rahasia di balik brand yang juga merupakan merek cokelat terkenal produksi Nestle tersebut

Dilansir dari theverge, Amir Efrati (mantan reporter Wall Street Journal) mengatakan bahwa Android KitKat akan lebih fokus ke ponsel murah dan smartwatch.

Hal ini merupakan  upaya terbaru Google untuk membuat perangkat berbasis OS Android menjadi lebih murah untuk dimiliki dan persiapan komputasi sistem oeprasi mobile yang lebih mudah untuk digunakan.

Menurut Efrati, dirinya memiliki akses rahasia ke daftar fitur yang termasuk dalam OS Android v4.4. Adapun perbaikan kunci dan manajemen memori yang terdapat di Android KitKat disebutnya memiliki kualitas lebih baik untuk memungkinkan " perangkat entry-level " alias ponsel murah untuk menjalankan beragam aplikasi dengan hanya mengandalkan RAM sebesar 512MB.

Saat ini, kurang dari setengah perangkat Android yang menjalankan versi terbaru, bisa menjadi masalah bagi pengembang aplikasi yang tidak bisa memperoleh pengguna baru karena terbentur maslaah minimnya spesifikasi hardware tersebut.

Pada bulan Juli , Brendan Eich (Mozilla CTO)  mengatakan kepada pihak media bahwa Android v4.x terlalu "bengkak" dan dan terlalu dipaksakan  jika diaplikasikan untuk ponsel murah. Perbaikan di versi KitKat diklaim juga dapat dapat membantu mengatasi masalah fragmentasi antar perangkat.

Berbeda dengan pendapat Eich, Efrati mengatakan bahwa Android KitKat membawa fitur  baru lainnya yang diduga bisa diaplikasikan ke wearable device (gadget yang biasa dipakai layaknya produk fashion seperti jam tangan pintar). Efrati mengatakan, Google dengan pembaruan versi OS Android -nya sangat menguntungkan untuk digunakan ke beragam perangkat di masa depan, dan juga lebih hemat daya jika dibandingkan dengan versi-versi Android sebelumnya.

Sebelumnya, Efrati menjawab pertanyaan dari publik di Twitter dan Google+ tentang daftar fitur yang akan dijejalkan di OS Android v4.4 KitKat. Efrati memaparkan banyak fitur dan hal yang menakjubkan yang akan ditemui di Android "cokelat batangan" ini. Beberapa tidbits menonjol di Android v4.4 dikabarkan akan memiliki mode fullscreen yang akan menyembunyikan status bar. Hal ini akan memungkinkan pihak pengembang untuk lebih leluasa menggunakan seluruh layar untuk menampilkan aplikasi mereka.

Selain itu ada indikasi sistem komputasi akan dipakai secara lebih efektif. Efrati mengatakan pada OS Android v4.4 akan mengumpulkan data sensor dan data lainnya dalam format data batch sebelum mengirimnya melalui jaringan. Hal ini memungkinkan perangkat untuk mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan jika mereka terus-menerus mengirim data antara perangkat lain dan telepon. Tambahan fitur lainnya adalah peningkatan layanan notifikasi dalam bentuk audio (enhanced notification listener services), yang secara teoritis bisa membantu Anda yang mengalami masalah pengelihatan, dan amat membantu saat digunakan di smartwatch.

Tak berhenti di situ, Efrati juga memaparkan beberapa fitur dan sensor baru yang disematkan di Android KitKat. Dengan dukungan untuk 3 sensor baru, termasuk detektor langkah (step detector), penghitung langkah (step counter), dan geomagnetik rotasi vektor (geomagnetic rotation vector) di perangkat Android 4.4 dapat digunakan  sebagai alat tracker (penghitung langkah) untuk latihan kebugaran atau membantu pengguna dalam menentukan lokasi yang lebih akurat dari GPS dan WiFi. Dengan adanya peningkatan fitur Bluetooth HID, GATT dan Bluetooth MAP di Android KitKat, tampaknya diarahkan untuk pengaplikasian pada perangkat wearables seperti misalnya smartwatch.

Efrati juga memaparkan bahwa Android KitKat akan memiliki dukungan fitur pada ponsel Anda yang akan berfungsi remote control dengan menggunakan koneksi infra merah, dan untuk menggantikan kartu pembayaran dengan menggunakan teknologi NFC ( near-field communication).

Banyak pihak sangat mengharapkan Google mengumumkan Nexus teranyar yang konon dibekali dengan OS Android v4.4.5 KitKat dengan segera, untuk mengkonfirmasi pemaparan Efrati tersebut. (Nariswari)

Last modified on Friday, 01 November 2013 15:39

Go to top