Adu Tiga Android Layar Lebar,Harga Miring

compare-cover

Smartphone Android yang identik dengan layar sentuh tentu menuntut adanya layar yang lebar agar mudah dioperasikan. Pergeseran tren ukuran layar dari 4,5 inci ke 5 inci juga diikuti oleh vendor lokal dengan melepas ponsel 5 inci berharga murah ke pasaran.

Dari ketiga ponsel yang saat ini edar di pasar domestik, manakah yang menawarkan lebih banyak kelebihan? Berikut ulasannya.

Desain

Evercoss A7Z memiliki desain membulat dengan lis metal di tepi bodinya. Dengan material full plastic, pengguna dapat melihat tombol power yang diletakkan di sisi kanan. Sementara pada sisi kiri disematkan tombol pengatur volume. Port audio bertengger manis di sisi atas bodi. Sedangkan pada bagian bawah terdapat port micro USB. Cover belakang A7Z yang terbuat dari plastik mudah sekali meninggalkanbercak jari. Sama seperti ponsel Android umumnya, Evercoss membekali A7Z dengan tiga tombol virtual masing-masing task switcher, home dan back.

Ponsel kedua adalah IMO Raptor yang datang dengan desain yang lebih persegi, namun dengan pemilihan warna yang lebih kalem. Warna biru tua yang diusungnya secara visual berhasil memancarkan kesan elegan jika dibandingkan dengan A7Z. Letak tombol power dan pengatur volume pada Raptor sama dengan A7Z. Sementara untuk port audio dan micro USB bertengger di atas bodi.

Ponsel berikutnya yang menjadi sorotan adalah Advan Gaia yang hadir dengan desain membulat serta pilihan warna yang beragam. Menonjolkan kesan penuh gaya, Advan hadir dengan enam pilihan warna masing-masing jingga, hijau, kuning, biru, putih dan hitam. Pada ruas kanan, Anda dapat menjumpai tombol power yang berdampingan dengan tombol volume. Sementara port audio dan micro USB diletakkan sama seperti pada Raptor.


Display

display-Compare

Evercoss membekali A7Z dengan layar resolusi 480 x 854 piksel yang memiliki kerapatan hingga 196 piksel perinci. Dengan layar multisentuh LCD, Evercoss juga melengkapi layar A7Z dengan Rhino Hard Glass untuk melindunginya dari goresan. Meski kerapatan yang diusung kurang menjanjikan, namun sudut pandang yang dimiliki cukup lebar berkat teknologi IPS yang digunakan.

Sama seperti halnya Evercoss, IMO juga menggunakan layar selebar 5 inci pada Raptor. Perbedaan utama terletak pada resolusi yang diusung pada angka 1280 x 720 piksel. Dengan resolusi HD, Raptor miliki kerapatan layar hingga 293 piksel perinci. Dengan layar LCD berteknologi IPS, Raptor sanggup sajikan gambar jernih dengan sudut pandang yang sama lebar dengan A7Z.

Beralih ke Gaia, Advan membekali phablet ini dengan layar selebar 4,7 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Dengan demikian, Gaia memiliki kerapatan hingga 234 piksel setiap incinya.Sama seperti kedua ponsel lainnya, Advan Gaia menggunakan layar LCD berteknologi IPS yang menyuguhkan gambar dengan sudut penglihatan lebar.

OS dan Interface

Os-Compare

Android KitKat adalah platform yang dipilih oleh Evercoss untuk A7Z. Sementara dua ponsel lainnya menggunakan platform lawas Jelly Bean. Hal ini wajar mengingat tanggal rilis ketiga ponsel ini yang cukup jauh.

Menilik kustomisasi yang dilakukan, Evercoss mengganti tampilan ikon dan widget default Android dengan tampilan lain yang lebih unik demi memikat pengguna. Dengan memisahkan widget dari app drawer, antarmuka milik A7Z jadi terlihat lebih segar dan bersih. Wallpaper yang Anda pilih dapat dilihat saat Anda berada di homescreen dan masuk dalam app drawer. Fitur Smart Access yang merupakan nilai jual dari A7Z memungkinkan pengguna untuk masuk ke aplikasi ketika ponsel dalam posisi terkunci cukup dengan mengikuti pola gerakan yang telah disediakan.

Tak mau kalah dari Evercoss, IMO menyematkan Raptor dengan launcher khas yang menyediakan tujuh efek transisi halaman yang menarik. Dengan empat panel homescreen, Anda dapat menambahkan aplikasi, widget atau folder sesuai dengan kebutuhan. Halaman menu yang disediakan diatur menurut format grid horisontal dengan dua kategori masing-masing apps dan widget. Berbeda dengan A7Z, IMO tidak membekali Raptor dengan gesture setting.

Ponsel selanjutnya adalah Gaia yang juga mendapatkan sentuhan kustomisasi dari Advan. Meski secara kasat mata seluruh ikon dan widget yang disematkan tampak sama, namun Advan juga memberikan kemungkinan kepada pengguna untuk memilih tujuh efek transisi halaman sebagaimana IMO Raptor. Sementara untuk halaman menu memiliki kategori yang sama seperti IMO Raptor. Latar belakang halaman menu dapat Anda buat transparan ataupun hitam sesuai selera melalui setting launcher yang tersedia.


Hardware

 Hardware-compare

Jika menilik dapur pacu yang dibawa, Evercoss A7Z dan IMO Raptor membawa chipset MTK6582 quad core yang berjalan dengan kecepatan yang sama yakni di angka 1,3GHz. Sementara untuk Gaia, Advan menggunakan chipset buatan Broadcom dengan inti yang sama pada kecepatan 1,2GHz.

Untuk menunjang kelancaran perangkat dalam menjalankan aplikasi, ketiga vendor kompak mengusung RAM dengan kapasitas 1GB. Akan tetapi, konsumen yang membeli Gaia pada batch pertama hanya mendapatkan RAM dengan kapasitas 512MB.

Sektor storage yang diusung, A7Z ada di urutan pertama dengan kapasitas internal 3GB. Urutan berikutnya adalah Advan Gaia dengan kapasitas 1,6GB yang disusul oleh IMO Raptor dengan kapasitas 1,4GB. Untuk pasokan daya, A7Z mengandalkan baterai dengan kapasitas 3.250mAh. Sementara untuk Raptor dan Gaia masing-masing menggunakan baterai dengan kapasitas 2.100 dan 1.500mAh.

Berikut tabel perbandingan hasil pengukuran kinerja ketiga phablet dengan menggunakan Antutu Benchmark, Quadrant Standard dan Nenamark 2:


Internet dan Konektivitas

koneksi-fitas-compare

Evercoss sudah membekali A7Z dengan dua slot kartu GSM berukuran mikro untuk slot pertama dan normal untuk slot dua yang sanggup berjalan pada spektrum frekuensi 850/900/1800/1900 MHz serta 3G/HSDPA 2100MHz. Meski berbeda ukuran, pengguna tetap dapat menjelajah internet via jaringan 3G secara bergantian dari slot satu dan dua. Fitur wireless tethering juga sudah disediakan untuk kemudahan dalam berbagi koneksi. Perpindahan data antar perangkat juga dapat Anda lakukan menggunakan kabel data, Bluetooth, USB OTG hingga HotKnot. Dengan HotKnot, pengguna dapat mentransfer data cukup dengan menempelkan layar sentuh ke perangkat lain.

Dengan dua slot kartu SIM berbeda ukuran, IMO sudah memfasilitasi Raptor dengan kemampuan mengakses 3G untuk slot micro SIM pertama dan 2G untuk slot SIM kedua. Dengan fitur 3G HSDPA, Raptor sanggup mengunduh file dengan kecepatan maksimal 21Mbps dan upload 5.76Mbps. Untuk bertukar data, Pengguna dapat memanfaatkan kabel data dan Bluetooth.

Beralih ke Advan, Anda dapat menggunakan slot micro SIM pertama miliknya untuk terhubung ke jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan unduh 21Mbps dan unggah 5.76Mbps. Sementara untuk slot SIM kedua yang hadir dengan ukuran normal hanya dapat tersambung dengan jaringan 2G GPRS. Kemampuan bertukar data juga tak jauh beda dengan IMO Raptor.


Kamera

Hasil-camera-compare

Untuk mengabadikan momen bersama keluarga dan teman, menggunakan kamera ponsel sudah menjadi kebiasaan yang lumrah bagi sebagian besar masyarakat tanah air. Untuk itu, kamera dengan kualitas yang mumpuni sudah menjadi tuntutan bagi konsumen ketika ingin membeli ponsel. Meski besar resolusi tak selalu identik dengan kualitas yang diberikan, namun trik tersebut sudah menjadi gimmick yang kerap dipakai oleh vendor ponsel untuk mempromosikan produknya.

Dengan rentang harga yang sama, ketiga ponsel yang kami komparasi memang memiliki kamera belakang yang diatas kertas menyuguhkan resolusi 8 megapiksel. Sementara untuk kamera depan semuanya sudah mengusung resolusi 5 megapiksel kecuali untuk Raptor yang hanya dipersenjatai dengan kamera resolusi 2 megapiksel.

Untuk pemotretan di luar ruangan, hasil foto kamera A7Z besutan Evercoss adalah yang terbaik dengan warna yang paling natural dan tajam. Sementara untuk hasil potret Advan Gaia berada di urutan kedua. Hasil potret yang dimiliki IMO Raptor berada di urutan paling buncit dengan kualitas warna yang sedikit turun. Hasil yang tak jauh berbeda juga ditunjukkan untuk pemotretan di dalam ruangan dengan peringkat terbaik dimulai masing-masing dari Evercoss A7Z, Advan Gaia dan IMO Raptor.

Multimedia

media-compare

Di sektor multimedia, Evercoss menyiapkan pemutar musik yang dilengkapi setting equalizer, bass boost dan 3D Effect yang dikategorikan berdasarkan artis, album, lagu dan playlist. Evercoss A7Z juga dilengkapi dengan penerima siaran radio FM yang dapat merekam siaran radio favorit serta sudah mendukung RDS. Untuk menonton video, Anda dapat memutar video dengan resolusi Full HD secara lancar. Ketika Anda mengakses koleksi video dari dalam galeri, Anda dapat melihat live video thumbnails yang disajikan.

Untuk menikmati alunan musik dari IMO Raptor, Anda dapat menggunakan pemutar musik yang secara garis besar sama dengan pemutar musik milik Evercoss A7Z. Fitur yang disematkan didalamnya mencakup pula efek suara seperti equalizer, bass boost dan 3D effect. Didalamnya juga sudah dibekali dengan penerima siaran radio FM lengkap dengan fitur untuk merekam siaran favorit. Anda yang ingin menonton film dapat mengakses galeri Android yang sudah dilengkapi dengan sajian live video thumbnails dan dukungan pemutaran video full HD.

Mendengarkan musik dengan Advan Gaia dapat Anda lakukan dari pemutar musik Advan yang sudah dibekali dengan efek suara yang meliputi equalizer, bass, treble yang dapat Anda pilih sesuai preset atau custom. Lagu yang diputar juga dapat Anda dapatkan info judul, album art dan juga liriknya melalui tag yang disertakan. Jika lagu yang Anda putar tidak memiliki tag, maka Anda dapat mendownloadnya sendiri dengan menggunakan MusiXmatch plugin. Siaran radio FM juga dapat Anda dengarkan dengan mencolokkan earset yang disertakan. Jika Anda ingin menonton video, maka Anda dapat memilih video dalam beragam format hingga resolusi full HD. Sayangnya galeri Android milik Advan Gaia ternyata tidak mampu menyajikan live video thumbnails.


Kesimpulan:
Ketiga ponsel yang Kami komparasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda mendambakan ponsel dengan daya tahan baterai panjang, Evercoss A7Z bisa Anda jadikan pilihan. Sementara untuk konsumen yang menyukai fitur audio merdu dapat menjajal Advan Gaia. Sedangkan bagi pembaca yang gemar menonton film, IMO Raptor dapat Anda jadikan andalan berkat layar HD yang diusungnya. (Galing Kusumojati)

Last modified on Thursday, 25 June 2015 16:24

Go to top