Advan Vandroid S6 vs Fantasy Note: Compare Phablet Android 6 Inci

 kerok

Perkembangan pesat pangsa pasar Android di tanah air ditandai dengan masuknya berbagai jenis perangkat yang mengusung beragam fitur serta hadir dalam beragam ukuran. Selain perangkat dengan layar 5 inci, perangkat dengan lebar layar 6 inci juga turut berebut memikat konsumen dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dengan menilik rentang harga yang dibanderol, Kami siap membantu pengguna yang masih kebingungan memilih dua Android lokal Vandroid S6 dengan Fantasy Note. Siapakah yang lebih unggul? Simak komparasi lengkapnya berikut ini:

Desain

Ponsel dengan diagonal layar 6 inci sudah pasti bukanlah jenis perangkat yang nyaman untuk Anda kantongi. Selain terasa mengganjal didalam celana, kemungkinan perangkat mengalami kerusakan baik berupa kebengkokan maupun tergores juga semakin besar. Untuk itu disertakannya flip case tentu merupakan hal yang sudah seharusnya menjadi perhatian sang vendor.

Dalam paket penjualannya, Mito membekali S6 dengan flip case lengkap dengan stiker antigores. Sementara untuk Fantasy Note, Advan hanya membekali aksesori standar seperti charger, kabel data dan earset.  

Pada ruas atas Fantasy Note, pengguna dapat menemui port micro USB. Sementara pengguna Vandroid S6 dapat menemukan port micro USB dan audio 3.5mm. Beralih pada ruas kiri, Advan meletakkan tombol power yang berfungsi pula sebagai tombol pengunci. Sedangkan vendor Mito, menyematkan tombol pengatur volume di bagian tersebut. Dengan demikian pada ruas kanan, Anda dapat melihat tombol volume dan tombol power untuk masing-masing Vandroid S6 dan Fantasy Note.

Display

Mendatangkan perangkat dengan lebar 6 inci, Nito dan Advan sama-sama menggunakan layar berjenis LCD dengan teknologi in-plane switching (IPS) yang menyuguhkan gambar dengan sudut pandang hingga 178 derajat. Resolusi yang digunakan juga identik pada angka 1280 x 720 piksel yang membawa kerapatan hingga 245 piksel perinci. Pengujian menggunakan Antutu menunjukkan bahwa layar sentuh kedua perangkat sanggup mengenali lima titik sentuh sekaligus.

 display-vs

Berbeda dengan Advan, Mito sudah membekali Fantasy Note dengan stiker antigores dan flip case guna melindungi bodi dan layarnya dari goresan benda runcing dan tajam. Sementara untuk S6, kami menyarankan Anda untuk membeli aksesori flip case agar perangkat Anda aman dari goresan. Pada Vandroid S6, Anda dapat memilih berbagai jenis font yang disediakan secara online. Sedangkan pada Fantasy Note, pengguna dapat mengaktifkan keypad light sehingga akan selalu menyala setiap kali disentuh.

OS dan Interface

Soal sistem operasi yang dibawa, kedua vendor kompak membawa sistem operasi Android KitKat 4.4.2. Untuk kustomisasi, Mito menggunakan ikon yang sedikit berbeda dengan milik Vandroid S6 yang mengusung ikon bawaan Android. Kedua ponsel juga sudah mendukung motion gesture yang memungkinkan Anda untuk menjalankan fitur atau aplikasi berdasarkan pola gerakan tertentu.

os-vs

Sementara untuk aplikasi bawaan, Mito menyematkan beragam aplikasi bawaan seperti Babe, Neo Apps, Baidu Browser, DU Speed Booster dan Battery Saver, NQ Mobile Security serta Clean Master. Dengan Babe, Anda dapat mengikuti beragam berita terkini dari berbagai situs berita ternama yang dikumpulkan dalam satu aplikasi terintegrasi..

Sedangkan Advan menyiapkan aplikasi seperti Clean Master, Dr. Safety, DU Battery Saver, DU Speed Booster dan game bawaan seperti Kingdoms & Lords, Spider-man: Ultimate dan WePlay. Sama seperti Mito yang memiliki toko aplikasi aStore, Advan juga menyematkan toko aplikasi alternatif MoboMarket.

Hardware

Jika menilik spesifikasi yang diusung, Vandroid S6 dan Fantasy Note sama-sama dipersenjatai dengan prosesor quad core yang sanggup dipacu hingga kecepatan 1,3GHz. RAM yang digunakan pun punya kapasitas sama pada angka 1GB. Dengan ruang simpan inernal 4.17GB, Vandroid S6 dapat Anda gunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dan game gratis Android. Sementara untuk Fantasy Note, Mito sudah menyediakan internal memory 5GB untuk sistem dan 1GB untuk penyimpanan pengguna. Menariknya, Mito juga sudah menyertakan bonus microSD card berkapasitas 8GB.

benchmark-vs

Beralih pada pasokan daya, Mito sudah menyematkan baterai dengan kapasitas 2.400mAh. Sementara Vandroid membawa baterai dengan kapasitas 2.300mAh. Berikut adalah tabel perbandingan tes kinerja Mito Fantasy Note dengan Advan Vandroid S6 menggunakan Antutu Benchmark, Quadrant Standard dan Nenamark2.

Internet dan Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, kedua phablet ini terbilang lengkap serta mumpuni untuk memenuhi kebutuhan komunikasi demi menunjang kegiatan sehari-hari. Baik Fantasy Note maupun Vandroid S6 sama-sama sudah mendukung GSM di jaringan 850/900/1800/1900 MHz dan mendukung 3G/HSDPA+/HSUPA untuk kedua slot. Pengguna yang memiliki kartu micro dan mini SIM dapat mempertimbangkan Vandroid S6, sementara jika Anda tidak ingin pusing dapat memilih Fantasy Note yang punya dua slot dengan ukuran normal.

koneksi-vs

Jika Anda berada di area hotspot, antena penerima Wi-Fi-nya dapat Anda manfaatkan untuk menjelajah dunia maya. Anda juga dapat berbagi koneksi dengan teman Anda menggunakan fitur wireless tethering. Perpindahan data antar perangkat dapat pula dilakukan dengan mudah melalui koneksi Bluetooth dan microUSB. Sayangnya meski mengusung layar sangat lebar, kedua phablet ternyata belum mendukung USB On the Go.

Kamera
Jika aspek fotografi yang jadi pertimbangan Anda, kedua ponsel ini dijamin siap memenuhi ekspektasi Anda. Untuk pemotretan dalam ruangan, hasil foto Mito Fantasy Note memperlihatkan gambar dengan warna yang lebih tajam dibanding hasil kamera Vandroid S6. Sementara dari sisi aspect ratio yang diusung, Fantasy Note dan Vandroid S6 masing-masing mengusung 4:3 dan 16:9. Pada pemotretan di luar ruangan, kedua phablet ternyata juga menunjukkan perbandingan kualitas gambar yang serupa.

Beralih pada kamera depan, Fantasy Note dan Vandroid S6 masing-masing mengusung kamera 5 megapiksel dan 3 megapiksel.

Multimedia

Di sektor multimedia, Fantasy Note menyiapkan setting equalizer, bass dan surround sound untuk mendongkrak performa audio yang disajikan sesuai dengan genre lagu yang diputar. Selain mendengarkan lagu, pengguna juga dapat menikmati siaran radio FM dengan menyematkan earset yang disertakan.

media-vs

Beralih ke Vandroid S6, Anda dapat mendengarkan lagu dengan pemutar musik yang mengelompokkan lagu berdasarkan nama artis, judul lagu dan playlist. Dibawah kategori artis, Anda dapat menemui kategori lain seperti album. Sedangkan dibawah kategori playlist terdapat kategori yang mencakup folder, favorite, recent play dan recent added.

Untuk pemutaran video, baik Vandroid maupun Fantasy Note sama-sama sudah mendukung live video thumbnail. Sementara untuk kemampuan putarnya tidak jauh berbeda dengan dukungan resolusi full HD dalam berbagai format. Bagi Anda yang gemar menonton film, Fantasy Note sangat cocok Anda pilih karena sudah mendukung subtitle dengan format srt.

Kesimpulan:
Dijual dengan harga 1,8 juta, kedua phablet berbagi dapur pacu dan RAM yang sama. Dengan perbedaan di sisi desain dan fitur yang diusung, Fantasy Note memimpin dengan hasil kamera yang superior di dalam dan luar ruangan. Sementara phablet buatan Advan yang mengusung desain mirip phablet Sony sanggup menonjolkan pamor elegan yang sekaligus jadi nilai jualnya. (Galing Kusumojati)

Last modified on Thursday, 25 June 2015 16:21

Go to top