Compare 3 Ponsel Android 3 Jutaan

 

cover-copare
Membeli ponsel Android dengan kualitasyang sepadan harganya tentu menjadi idaman konsumen tanah air ketika memilih ponsel di toko. Pada rentang harga tiga juta, pembeli tentu bisa mendapatkan perangkat dalam berbagai varian model serta keunggulan masing-masing.

Diantara ketiga ponsel yang bisa dipilih pada rentang harga ini adalah Galaxy A3, Vibe X2 dan Padfone S. Berasal dari pabrikan tiga negara Asia, keunggulan apa saja yang ditawarkan oleh ketiga perangkat ini? Simak komparasi lengkapnya berikut:

Desain

Datang dengan warna putih, Galaxy A3 merupakan ponsel Samsung pertama dengan bodi full metal yang dijual dengan harga paling murah. Dengan desain unibodi, Samsung berupaya meningkatkan image perusahaan yang pada mulanya dikenal sebagai pembuat handset berbahan plastik. Meski bahan yang digunakan berasal dari metal, Galaxy A3 punya bobot yang tergolong ringan serta dimensi yang paling tipis dibanding dua ponsel lainnya.

compare-sas

Ponsel berikutnya yang juga berbahan metal adalah Vibe X2 yang hadir dengan nuansa warna yang berlapis-lapis atau disebut multi layered alumunium alloy.Hebatnya lagi, gabungan dari layer ini tidak membuat Lenovo Vibe X2 menjadi tebal, bahkan smartphone ini masih tergolong tipis di kelasnya. Dengan rancangan bentuk unibodi, Lenovo mengadopsi konsep kotak dan flat yang menonjolkan kesan sederhana namun tetap elegan.
Berbeda dengan kedua ponsel sebelumnya, Asus menggunakan bahan material plastik polycarbonate untuk Padfone S. Pemilihan bahan plastik tersebut adalah hal yang wajar mengingat harga jual Padfone S adalah yang paling murah diantara ketiga ponsel yang dikomparasi. Meski bagian belakang ponsel dapat dibuka dengan mudah, namun baterai Padfone S hanya dapat dibuka menggunakan obeng.Agar posisi ponsel di dalam station tidak mudah bergeser, Asus memakai desain dovetail joint yang biasa digunakan dalam teknik perkayuan. Akibatnya, bodi milik Padfone S jadi lebih tebal dan berat dari kedua ponsel lainny.

Display

Menggunakan layar dengan jenis Super AMOLED, Samsung menghadirkan gambar dengan kualitas paling baik dikelasnya. Ketajaman, warna yang disuguhkan terlihat lebih sedap dipandang daripada kedua ponsel lain meski resolusi yang diusung hanya qHD. Meski sudut pandang yang dimiliki tidak selebar layar IPS LCD, namun layar AMOLED diklaim lebih hemat daya sehingga dapat memperpanjang waktusiaga ponsel. Samsung Galaxy A3 sanggup menerima input sentuh hingga 5 jari yang tergolong paling sedikit. Absennya Gorilla Glass pada layar A3 juga menjadikan ponsel ini lebih rentan tergores.

display-compare

Beralih pada Vibe X2, Lenovo yang menggunakan layar IPS LCD siap menyuguhkan gambar dengan sudut pandang lebar serta resolusi full HD.Setting autobrightness Vibe X2 terlihat responsif sehingga menghasilkan performa yang baik dibawah terik sinar matahari. Sedangkan dari sisi proteksi terhadap goresan, Gorilla Glass generasi ketiga dapat Anda andalkan dalam pemakaian sehari-hari. Kemampuan untuk menerima input sentuh hingga 10 jari juga menjadi nilai lebih tersendiri dari perangkat ini.

Layar Padfone S juga tidak mau kalah dari Vibe X2 dengan resolusi full HD serta diagonal yang sama. Dengan layar LCD berteknologi Super IPS+, Padfone S menyuguhkan gambar dengan kerapatan piksel 441 ppi yang jernih meski secara visual masih dibelakang X2. Dengan kemampuan menerima input sentuh hingga sepuluh jari, Asus juga membekali layar Padfone S dengan kaca Gorilla Glass.

Hardware

Dilihat dari spesifikasi, Galaxy A3 adalah yang paling rendah prosesornya dengan chipset quad core Snapdragon 410 yang melaju dengan kecepatan 1.2GHz. Dengan chipset Snapdragon 410 64 bit yang ditemani dengan RAM 1.5GB, A3 siap menjalankan beragam aplikasi, game dan video HD secara lebih mulus. Dengan kapasitas internal memori sekitar 12GB, Anda masih dapat melakukan ekspansi menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 64GB. Sayangnya, besarnya konsumsi daya smartphone ini tidak diimbangi dengan kapasitas baterai yang memadai. Besaran daya 1900mAh yang diusung tentu membuat pengguna jadi tergantung dengan powerbank atau charger.

benchamrk-c

Pada ponsel Vibe X2, Lenovo membenamkan prosesor MTK 6595 octacore yang terdiri dari masing-masing empat inti cortex-A17 2.0GHz dan  cortex-A7 1.7GHz. Ditunjang dengan RAM 2GB, Vibe X2 juga sudah menggunakan GPU PowerVR G600 yang siap menopang kerja perangkat dalam menjalankan seluruh aplikasi yang ada. Dengan ruang simpan 32GB yang menyisakan penyimpanan data pribadi hingga 25GB, wajar bila Vibe X2 sudah dianggap sangat memadai sehingga tidak lagi memerlukan slot ekspansi kartu memori. Urusan konsumsi daya sudah ada baterai lithium polymer dengan kapasitas maksimal 2300mAh.

Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801, Padfone S sanggup berjalan pada kecepatan maksimal 2.3GHz. Kombinasi RAM 2GB dan GPU Adreno 330, menghasilkan kinerja yang lancar dalam menjalankan aplikasi dan game Android. Sisi penyimpanan juga sama pada kisaran 10GB serta slot ekspansi kartu microSD hingga kapasitas 64GB. Kapasitas baterai yang diusung sama dengan Vibe X2 yakni pada angka 2.300mAh. Lalu kinerja siapakah yang lebih baik? Untuk menjawab hal ini, kami melakukan benchmarking dengan apps benchmarking yang sama.

OS dan UI

Menilik sistem operasi yang digunakan, ketiga ponsel sudah membenamkan Android KitKat. Galaxy A3 yang sudah disuntik Android KitKat 4.4.4 dihiasi dengan antarmuka TouchWiz UI. Dengan layar yang lebih kecil, Samsung menggunakan antarmuka yang lebih sederhana dari yang dipakai pada Galaxy Alpha dan Mega 2. Selain meniadakan multi window, opsi kustomisasi pada bar notifikasi sekarang hanya sebatas mengubah urutanikon yang disediakan tanpa kemampuan untuk menyembunyikannya. Pengguna baru Android juga dimanjakan dengan kehadiran fitur easy mode yang menyajikan ikon dengan ukuran besar serta layout yang lebih simpel.

 os-compare

Berbekal platform yang serupa, Vibe X2 yang masih menggunakan KitKat 4.4.2 menyajikan launcher khas sang vendor yang dilengkapi dengan beragam pilihan kustomisasi. Mengikuti tren antarmuka tanpa app drawer, seluruh ikon aplikasi yang ada ditempatkan di seluruh panel homescreen yang ada. Pengguna juga dapat membuat folder untuk mengelompokkan ikon aplikasi sehingga menghasilkan tampilan yang lebih rapi. Sedangkan untuk pilihan kustomisasi, Lenovo menyematkan opsi pengaturan desktop yang meliputi animasi transisi, wallpaper dan gesture setting. Tema yang disediakan juga memungkinkan pengguna memilih themes, lock screen, sounds dan masih banyak yang lainnya.

Tak mau kalah dengan kompetitornya, Asus menjejali platform Android KitKat yang dibawanya dengan antarmuka ZenUI yang berisi sederet pilihan kustomisasi. Dengan tiga panel homescreen default yang disediakan, Asus menyematkan empat akses pintas ke dialer, sms, browser dan kamera di bagian bawah. Dua panel homescreen yang ada juga dibekali dengan sekumpulan ikon aplikasi dan widget yang beraneka ragam. Sementara panel yang berada di sisi paling kiri dibiarkan kosong. Memasuki halaman menu, Anda akan disambut dengan ikon yang diatur dalam format grid horisontal yang dibagi dalam kategori aplikasi dan widget. Pada sudut kanan bagian atas terdapat menu kustomisasi yang dijejali dengan beragam opsi mulai dari edit, smart group, lock apps, hide apps, prefferences dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan preference, Anda dapat mengaktifkan notifikasi aplikasi hingga mendownload icon pack untuk mendapatkan tampilan ponsel yang lebih unik dan personal.

Multimedia

Anda dapat menikmati hiburan audio pada Galaxy A3 dengan menggunakan aplikasi bawaan Google Play Music. Alunan musik dapat Anda nikmati dengan lebih merdu menggunakan earset serta seting equalizer yang disertakan. Mendengarkan siaran radio juga menyenangkan dengan kemampuan untuk merekam siaran favorit serta dukungan radio data system (RDS). Pemutar video milik A3 juga sanggup menampilkan subtitle dalam format srt.

medai-compare

Beralih ke sarana hiburan milik Vibe X2, pengguna dapat mendengarkan alunan musik favorit dari aplikasi Google Play Musik lengkap dengan setting equalizer didalamnya. Anda juga dapat mengikuti siran radio favorit Anda dan merekamnya. Di belakang bodi, Lenovo menyematkan pogo pin yang dapat disambungkan dengan aksesori seperti speaker atau baterai cadangan. Tak ketinggalan, Anda juga dapat menonton video beragam format hingga resolui full HD meski belum mendukung subtitle.

Fasilitas hiburan milik Padfone S juga tak kalah dengan kedua ponsel diatas dengan equalizer, bass boost dan efek 3D. Anda juga dapat menikmati siaran radio FM dengan memyematkan earset lebih dulu layaknya kedua ponsel diatas. Sayangnya, penerima siaran radio milik Padfone S tidak dapat Anda gunakan untuk merekam siaran favorit dan tidak mendukung RDS. Sedangkan untuk menonton video, Anda dapat menikmati video dalam beragam format hingga resolusi full HD. Dengan aksesori station yang dapat Anda beli terpisah, pengguna dapat menikmati tontonan video berkualitas diatas layar yang lebih lebar.

Kamera

Samsung Galaxy A3 didukung kamera dengan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel yang disertai pula dengan lampu LED flash. Anda dapat memotret dengan menggunakan mode auto, beauty face, panorama, selfie kamera belakang, continuous shot, HDR, night dan animasi GIF.Pengguna dapat mengatur sendiri nilai ISO, white balance dan nilai eksposurnya secara manual. Selain menggunakan tombol shutter virtual, Anda juga dapat menggunakan tombol volume, perintah suara atau lambaian tangan untuk mulai mengambil foto. Dipersenjatai kamera depan 5 megapiksel dan mode wide selfie, pengguna dapat mengabadikan gambar hingga sudut 110° untuk posisi portrait dan 120° pada posisi landscape. Kedua kameranya juga dapat Anda pakai untuk merekam video dengan resolusi full HD.

camera-compare

Lenovo mempersenjatai Vibe X2 dengan kamera belakang yang sanggup mengambil gambar dengan resolusi 13 megapiksel pada aspect ratio 4:3 dan 10 megapiksel untuk aspect ratio 16:9. Pengguna bisa mengakses setting seperti HDR mode, saturasi, exposure, contrast dan lain-lain. Anda juga bisa memilih 13 filter warna yang disediakan. Dengan memanfaatkan kamera depan, Anda dapat berfoto selfie serta merekam video dengan resolusi full HD.

PadFone S menggunakan kamera PixelMaster 13 Megapiksel berperforma tinggi. Menggabungkan keunggulan software dan desain optik kamera yang diusung, Padfone S siap menghasilkan foto dengan kualitas tinggi layaknya profesional. Untuk pemotretan indoor, Padfone S yang memiliki apperture f/2.0 dan teknologi pemotretan PixelMaster dalam  mode low light menghasilkan gambar yang lebih terang serta minim noise. Sayangnya untuk reproduksi warna dan kontras yang dihasilkan ternyata masih dibawah kamera milik Vibe X2. Posisi terakhir untuk kualitas foto indoor dipegang oleh kamera Samsung Galaxy A3. Sementara untuk pemotretan outdoor, kamera Padfone S menghasilkan foto yang terlalu cerah sehingga terlihat menyilaukan. Hasil foto yang dihasilkan berada di peringkat ketiga dibelakang Galaxy A3.

Internet dan Konektivitas

Sarana koneksi yang dimiliki Galaxy A3 tergolong cukup lengkap. Akses data sudah mendukung jaringan HSPA+ dengan speed akses mencapai 42.2 Mbps (download) dan 5.76 Mbps (upload). Anda dapat memilih slot kartu pertama dan kedua untuk terhubung ke jaringan 3G HSPA+. Slot kartu pertama dalam ukuran nano, sementara slot kedua dalam ukuran mikro. Transfer data dengan perangkat lain dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan kabel data atau Bluetooth.

koneksi-compare

Lenovo Vibe X2 sudah mendukung koneksi data 2G, 3G hingga 4G LTE yang sanggup melaju dengan kecepatan download 150Mbps dan 50Mbps upload. Sama seperti Galaxy A3, Lenovo juga membekali Vibe X2 dengan dua slot masing-masing nano SIM dan micro SIM. Urusan konektivitas juga sudah cukup mumpuni dengan dual band Wi-Fi yang mendukung DLNA untuk menayangkan video ke perangkat lain yang telah mendukung.

Berbeda dengan kedua ponsel yang dikomparasi, Padfone S hanya memiliki satu slot kartu micro SIM yang sudah mendukung koneksi data 4G LTE yang menawarkan kecepatan yang sama dengan Vibe X2. Soal konektivitas, Padfone S sudah mendukung USB OTG serta sudah dibekali pula dengan cip NFC. Port micro USB miliknya juga sudah mendukung Slimport TV-out.


Kesimpulan

Padfone S yang membawa prosesor qualcomm Snapdragon 801 unggul di sisi konektivitas dengan disertakannya cip NFC dan kemampuan USB OTG.Sementara dari sisi desain, Vibe X2 dan Galaxy A3 bersaing dengan material metal yang diusungnya. Dengan pogo pin di belakang bodi, Vibe X2 sudah mendukung wireless charging. Sedangkan Galaxy A3, unggul disisi kemampuan dual SIM yang dapat menerima panggilan secara simultan. (Galing Kusumojati)

Last modified on Thursday, 25 June 2015 22:49

Go to top