Compare:Adu 3 Android Ber-RAM Besar

 cover-ai


Dengan modal empat juta, pengguna tentu bisa mendapatkan banyak pilihan ponsel idaman dengan kualitas yang sepadan. Pada rentang harga yang masuk segmen atas ini, calon konsumen di tanah air tentu memiliki lebih banyak opsi dari segi keunggulan maupun varian model yang ditawarkan. Diantara ketiga ponsel yang bisa Anda pilih pada rentang harga ini adalah Zenfone 2, Xiaomi Mi 4 dan One Plus One.

 

Asus Zenfone 2

Xiaomi Mi 4

One Plus One

Warna

Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Champagne Gold, Blue Navy

Hitam dan Putih

Hitam dan Putih

Baterai

Li-Po 3000 mAh (non-removable)

Li-Po 3080 mAh (non-removable)

Li-Po 3100 mAh(non-removable)

Harga

Rp 3.999.000

Rp 4.000.000 (BM)

64GB: Rp. 4.500.000

16GB: Rp. 4.000.000

Sama-sama dibuat oleh vendor Asia, ketiga model perangkat ini sudah datang dengan spesifikasi hardware yang hampir sama, yakni mengusung RAM dengan kapasitgas di luar kebiasaan vendor yang telah ada. Mi4 dan One Plus mengusung Ram 3 GB, sementara Zenfone 2 membawa RAM 4 Giga. Penasaran dengan kinerja ketiganya? Simak komparasi lengkapnya dalam tulisan berikut:

Desain

Dengan bodi plastik berwarna hitam pada bagian depan, Asus menyematkan desain concentric circle di sisi bawahnya yang memancarkan kilau metalik bernuansa mewah. Ketiga softkey dapat Anda temui di bawah layar yang masing-masing terdiri dari tombol back, home dan task switch. Beralih ke bagian belakang, Anda bisa melihat backcover dengan sentuhan hairline finish yang menyajikan kesan metal sebuah cover dari bahan plastik. Celah speaker yang diukir dengan menggunakan sinar laser berhasil menegaskan kesan elegan pada ponsel yang dibanderol paling murah diantara kedua ponsel lainnya ini.

desain comp

Ponsel berikutnya adalah Mi 4 yang hadir dengan warna putih menyerupai iPhone lengkap dengan rangka metal yang dikombinasikan dengan material plastik berlapis glossy. Bagian belakang Mi 4 dapat Anda ganti dengan backcover lain yang dapat dibeli secara terpisah. Meski pengguna dapat mengganti bagian belakangnya, namun baterai Mi 4 menyatu dengan bodi miliknya. Untuk membuka bagian belakangnya, pengguna juga harus mengerahkan sedikit tenaga untuk mencungkilnya.

Berbeda dengan kedua ponsel sebelumnya, OnePlus tampil beda dengan bingkai krom yang dihias dengan desain bergaya curve. Pemilihan bahan plastik tidak mengurangi kesan yang disuguhkan dengan disematkannya backcover bertekstur menyerupai kertas amplas. Selain tekstur berpasir, pengguna juga bisa mendapatkan backcover lain yang dapat dibeli secara terpisah. Meski terlihat seperti unibody, pengguna tetap bisa melepaskan penutup belakangnya dengan cara melepaskan SIM Tray yang berada di ruas kiri. Pada ruas yang sama, OnePlus juga menyematkan tombol pengatur volume. Tombol power dapat Anda jangkau pada sisi kanan bodi. Sementara port micro USB dan lubang speaker dapat Anda temui disisi bawah. Anda juga bisa menyematkan earset yang bisa dibeli secara terpisah ke port yang disediakan di bagian atas bodi.

Display

Menggunakan layar IPS LCD, Asus menghadirkan gambar dengan resolusi full HD. Dengan diagonal layar 5,5 inci, Zenfone 2 mengusung kerapatan 403 piksel perinci. Sanggup menerima input sentuh hingga sepuluh titik, layar Zenfone 2 juga dilengkapi dengan setting glove mode untu penggunaan ponsel dengan sarung tangan. Untuk mendapatkan kualitas warna yang sesuai selera, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Asus Splendid yang meliputi kemampuan untuk mengatur warna berdasarkan preset yang disediakan mulai dari balance, reading, vivid hingga customized yang berisi slider hue dan saturation.

Display

Beralih pada Mi 4, Xiaomi menggunakan layar berjenis sama yakni IPS LCD yang datang dengan diagonal lebih kecil 5 inci. Siap dengan resolusi full HD, layar Mi 4 menyajikan kerapatan piksel hingga 441 ppi. Sama seperti Zenfone 2, Xiaomi juga membekali Mi 4 dengan pengaturan warna yang terdiri dari hue dan saturation. Perlindungan terhadap goresan juga mendapatkan perhatian yang sama seperti Zenfone 2 dengan disematkannya Gorilla Glass generasi ketiga. Kemampuan untuk menerima input sentuh hingga 10 jari serta sarung tangan juga dimiliki oleh Mi 4.

Sama seperti kedua ponsel lainnya, OnePlus juga menggunakan layar berjenis IPS LCD dengan resolusi full HD. Hadir dengan diagonal 5,5 inci, OnePlus mencoba tampil beda dengan teknik fabrikasi display Low Temperatur Polysilicone LCD atau LTPS yang memastikan temperatur layar lebih dingin meski tingkat kecerahan diatur pada level maksimal. Dengan dukungan sepuluh input sentuhan, OnePlus One juga telah mendukung pemakaian ponsel dengan sarung tangan. Dari segi proteksi dan kerapatan piksel yang dimiliki, OnePlus One tidak jauh berbeda dari Zenfone 2.  

Hardware

Sama-sama menggunakan prosesor quad core, OnePlus dan Xiaomi memilih chipset Snapdragon 801 untuk ponsel buatannya masing-masing OnePlus One dan Mi 4. Sanggup berjalan pada kecepatan 2,5GHz, One Plus One dan Mi 4 juga sudah ditemani dengan RAM sebesar 3GB. Sementara Zenfone 2 menggunakan chipset Intel Atom Z3580 yang sanggup dipacu hingga kecepatan 2,3GHz. RAM yang diusung Zenfone 2 punya kapasitas lebih besar yakni pada angka 4GB. OnePlus One dan Mi 4 tidak dilengkapi dengan slot kartu memori, sementara Zenfone 2 dapat Anda sematkan kartu memori dengan kapasitas maksimal 64GB.

Benchmark-comp

Untuk memasok daya, OnePlus membekali One dengan baterai berkapasitas terbesar 3100mAh. Sementara Xiaomi menyematkan baterai berkapasitas 3080mAh pada Mi 4. Baterai dengan kapasitas terkecil dimiliki Zenfone 2 dengan kapasitas 3000mAh. OnePlus One memiliki penyimpanan internal paling besar dengan kapasitas 64GB yang menyisakan 54,7GB untuk pengguna. Zenfone 2 menyusul di belakang dengan kapasitas 32GB yang dapat dimanfaatkan hingga 25,5GB buat pengguna. Sedangkan Mi 4 datang dengan kapasitas paling kecil 16GB yang menyediakan ruang hingga 12,4GB untuk pengguna.

Berikut adalah tabel perbandingan hasil pengukuran kinerja ketiga ponsel dengan menggunakan Antutu Benchmark, Quadrant Standard dan Nenamark2.

Benchmarking Apps

Asus Zenfone 2

Xiaomi Mi 4

OnePlus One

Antutu Benchmark

43.637

44.991

46.617

Quadrant Standard

5.185

20.405

26.049

Nenamark2

59.7

59.7

61.1

OS dan UI

Menilik sistem operasi yang digunakan, Mi 4 datang dengan platform paling lawas Android KitKat 4.4. Sementara Zenfone 2 sudah disematkan dengan Android Lollipop 5.0 sejak pertama kali pembelian. Sedangkan OnePlus One yang datang pertama kali dengan platform KitKat kini sudah mendapatkan update Lollipop. Dari sisi antarmuka yang diusung, pengguna bisa menikmati ZenUI, CyanogenMod dan MIUI yang masing-masing dimiliki oleh Zenfone 2, OnePlus One dan Mi 4.

Mi 4 yang membawa antarmuka MIUI versi 6 menyajikan tampilan homescreen tanpa app drawer. Sementara Zenfone 2 yang menggunakan antarmuka ZenUI membagi komponen antarmukanya menjadi 30 aplikasi terpisah yang dapat Anda update melalui Play Store tanpa harus menunggu bergulirnya system update yang memakan ukuran file lebih besar serta proses download yang lebih lama. Beralih pada OnePlus One, pengguna bisa menikmati custom ROM CyanogenMod 11S yang berbasis 4.4 dengan pembaruan Lollipop yang sudah bisa didapatkan secara OTA.

OS-compr

Dari sisi fitur yang diusung, Asus menyematkan Zenfone 2 dengan fitur perlindungan privasi paling tinggi berupa kemampuan untuk mengunci aplikasi serta SnapView. Dengan membekali Zenfone 2 dengan dua akses user yang berbeda, Anda bisa meminjamkan ponsel kepada siapa saja tanpa mengorbankan privasi masing-masing pengguna. Posisi berikutnya disusul oleh Mi 4 dengan disematkannya fitur penguncian aplikasi dan guest mode. Sementara OnePlus One yang menjalankan custom ROM Cyanogenmod secara default belum dilengkapi dukungan multiuser account meski sudah dibekali dengan fitur penguncian aplikasi.

Bagi pengguna yang mendambakan perangkat dengan kustomisasi paling lengkap, OnePlus One bisa Anda jadikan sebagai pilihan berkat custom ROM CyanogenMod yang digunakannya. Dengan privacy guard yang dimiliki pengguna bisa mengunci aplikasi untuk melindungi privasi. Sementara secure messaging memungkinkan Anda untuk bertukar pesan sms sesama pengguna ROM CynogenMod secara rahasia menggunakan sistem enkripsi yang aman. Perangkat OnePlus One yang Anda beli juga sudah langsung root sejak pertama kali Anda beli sehingga pengguna dapat dengan leluasa mengotak-atik sistem.

Bagi pengguna yang gemar menganti-ganti tampilan ponselnya, Mi 4 dan OnePlus One adalah perangkat yang paling pas dengan pilihan tema serta icon pack yang didukung oleh komunitas yang luas. Sementara dari fitur gesture control, baik OnePlus One maupun Zenfone 2 menyediakan akses pintas menuju aplikasi ketika layar dalam posisi terkunci cukup dengan menggambarkan pola tertentu yang dapat Anda tentukan sendiri. Sayangnya, fitur seperti ini ternyata tidak akan Anda temui pada Xiaomi Mi 4.

Multimedia

Untuk menikmati alunan lagu, Asus sudah mempersenjatai Zenfone 2 dengan pemutar musik yang dilengkapi dengan pengaturan equalizer, bass boost dan surrpund sound. Beralih pada OnePlus One, pengguna hanya dapat menggunakan Google Play Music yang sudah ditunjang dengan aplikasi AudioFX untuk mengatur keluaran suara yang sesuai untuk speaker bawaan, headset, USB speaker, bluetooth speaker atau wireless spekaer. Bagi pengguna Mi 4, Anda bisa memilih efek audio sekaligus jenis headset yang disematkan ke ponsel. Secara umum, ketiga ponsel diatas punya kualitas yang tak jauh beda jika menggunakan earset yang tepat yang sayang sekali tidak disertakan langsung dalam paket penjualannya.

media-comp

Tampilan galeri Mi 4 mengikuti pola yang terdapat pada antarmuka MIUI 6 yang terdiri dari tiga tab yang masing-masing meliputi foto, offline dan Mi Cloud. Dengan login ke akun Mi Cloud, Anda bisa melakukan backup seluruh foto yang tersimpan ke layanan penyimpanan awan dan mengaksesnya dari perangkat manapun. Beralih pada OnePlus One, Cynogenmod yang diusungnya memungkinkan pengguna untuk melihat foto dan video berdasarkan urutan waktu pengambilan, moment, album dan jenis medianya. Galeri OnePlus One juga sudah mendukung login ke empat layanan penyimpanan awan seperti Google+, Flickr, Facebook dan Dropbox. Galeri Zenfone 2 juga tak kalah impresif dengan tampilan album yang dapat diurutkan berdasarkan abjad dan waktu pengambilan. Selain login ke empat layanan online yang sama dengan OnePlus, pengguna juga bisa login ke tiga layanan lainnya yang meliputi Asus WebStorage, Google Drive dan OneDrive.

Memainkan video koleksi ataupun yang Anda ambil dengan kamera ponsel juga dapat Anda lakukan dengan dukungan pemutar bawaan yang ada pada galeri ketiga ponsel. Tidak banyak pengaturan yang bisa Anda lakukan untuk menikmati tayangan video dari layar luas yang diusungnya. Pemutar videonya juga tidak mampu menampilkan subtitle sehingga pengguna sangat disarankan agar menginstal aplikasi dari pihak ketiga seperti MX Player atau VLC.

Kamera

Menilik spesifikasi yang diusung, pengguna bisa mengambil gambar dengan resolusi maksimal 13 megapiksel pada aspect ratio 4:3. Sementara untuk kamera depan, Zenfone 2 dan OnePlus One dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 megapiksel. Kamera depan terbesar disandang oleh Mi 4 dengan resolusi 8 megapiksel.  

camera-comp

Kamera Mi 4 datang dengan apperture 1.8 yang merupakan tergolong paling baik bila dibandingkan dengan kedua ponsel lainnya. Xiaomi menawarkan setting yang kaya yang meliputi HDR, scene, focus mode, white balance, exposure, ISO dan masih banyak yang lainnya. Dilengkapi dengan teknologi OIS dan LED flash, menjepret pun tidak akan terkendala karena kondisi tempat yang padat atau pencahayaan kurang. Kamera depannya dilengkapi fitur face recognition dan smile detection, sehingga membuat selfie semakin seru. Sektor video, Xiaomi telah membekali Mi 4 dengan kemampuan untuk merekam video dalam resolusi 4K. Pengguna juga dapat mengambil video dengan mode slow motion, fast motion dan HDR dalam resolusi yang lebih rendah. Kamera depan Mi 4 juga sanggup merekam video dengan resolusi HD.

Sementara dengan apperture 2.0 yang dikombinasikan dengan mode low light, kamera Zenfone 2 bisa mendapatkan gambar dengan kualitas baik pada kondisi cahaya minim. Sama seperti Mi 4, kamera Zenfone 2 juga dipersenjatai dengan fitur HDR untuk mengambil objek dalam kondisi bakclight.  Anda juga bisa memilih 15 mode pemotretan yang disediakan lengkap dengan mode full manual yang terdiri dari 13 setting dan kontrol profesional kamera. Untuk membantu pencahayaan, Asus juga membekali Zenfone 2 dengan dual LED flash yang memancarkan cahaya putih dan kuning guna menghasilkan gambar dengan warna yang lebih akurat. Buat penggemar selfie, Asus juga telah melengkapi Zenfone 2 dengan real-time beutification tools serta mode panorama selfie. Asus juga mempersenjatai Zenfone 2 dengan kamera yang sanggup menghasilkan video full HD untuk kamera belakang dan depan.

Tak mau kalah dengan Mi 4 dan Zenfone, OnePlus juga menyiapkan kamera yang mampu mengambil gambar dengan resolusi 13 megapiksel pada aspek rasio 4:3. Jika pengguna ingin mengambil dengan aspek rasio 16:9, maka gambar yang dihasilkan hanya sampai 10 megapiksel.  Menggunakan sensor yang sama dengan kamera ponsel Oppo Find 7, kamera OnePlus One memiliki apperture 2.0 yang sanggup membidik gambar dalam mode auto, HDR, Smart Scene dan Beauty Mode. Dengan bantuan lampu LED ganda, pemotretan di malam hari jadi lebih sempurna. OnePlus One juga memiliki kamera depan 5 megapiksel yang mempunyai sudut pengambilan 80 derajat untuk penyuka foto selfie. Pengguna juga bisa merekam video dalam resolusi 4K UHD 2160p (3840x2160p) 30 fps dan juga 4K DCI 2160p (4096x2160p). Sementara untuk kamera depan sanggup menghasilkan video dengan resolusi 720p.


Internet dan Konektivitas

Sarana koneksi ketiga ponsel sudah mendukung jaringan 4G LTE. Zenfone 2 dan OnePlus One yang telah secara resmi masuk ke pasar domestik sudah mengusung spektrum frekuensi yang kompatibel dengan operator di tanah air. Sementara untuk Mi 4, pengguna harus berpuas diri dengan koneksi 3G HSPA+ dikarenakan spektrum LTE yang dibawanya tidak dapat digunakan di Indonesia.

Koneksifitas-komp

Dengan dua slot kartu micro SIM, Anda bisa memanfaatkan slot pertama untuk jaringan data 4G LTE dan slot kedua untuk telepon dan sms pada jaringan GPRS. Pengguna Mi 4 dan OnePlus hanya dibekali dengan slot kartu micro SIM tunggal yang mana mendukung pula kartu nano SIM khusus untuk OnePlus One.

Dari segi konektivitas, pengguna dimanjakan dengan Bluetooth v4.0, kabel data, Wi-Fi Direct serta USB OTG. Bagi pengguna yang ingin bertukar data secara nirkabel dengan lebih cepat, Asus sudah menyematkan aplikasi Share Link dan Party Link yang memanfaatkan jaringan Wi-Fi. Sementara bagi Anda yang ingin menggunakan NFC dapat menjadikan OnePlus One sebagai pilihan. Ketiga ponsel juga menjanjikan kenikmatan menonton di TV HD dengan memanfaatkan protokol DLNA.

Kesimpulan

Zenfone 2 yang dibanderol dengan harga empat juta unggul di sisi RAM, desain serta kelengkapan fitur privasi yang diusung. Sementara dari  segi kamera, Mi 4 unggul dengan resolusi tinggi di kamera depan serta kualitas foto yang terbaik diantara ketiga ponsel yang dikomparasi. Sedangkan bagi Anda yang gemar merekam, OnePlus One berada pada posisi pertama dengan kemampuan rekam 4K UHD dan DCI yang istimewa. Dengan kelengkapan chip NFC, OnePlus One dapat Anda gunakan pula untuk bertukar data dengan lebih cepat. Sedangkan dari segi harga, Zenfone 2 dan Xiaomi berada pada level yang sama. Meski demikian, Anda juga bisa membawa pulang OnePlus One dengan harga yang sama di angka empat juta rupiah untuk varian model 16GB.(Galing Kusumojati)

Last modified on Thursday, 25 June 2015 08:51

Go to top