Duel Tablet 7 Inchi Sejutaan- Taiwan VS Korea

 desain-compare-tablet


Tablet tujuh inci harga murah sudah bukan monopoli vendor lokal semata. Vendor global yang sudah mapan juga mulai berani ambil bagian dengan melepas tablet berharga terjangkau.

Pembeli yang makin kritis juga makin dimanjakan dengan membanjirnya pilihan. Diantara pilihan tablet berharga terjangkau yang kerap jadi perbincangan adalah Fonepad 7 dan Galaxy Tab 3V. Mengandalkan perangkat keras berbeda manufaktur, manakah dari keduanya yang layak beli? Simak komparasi lengkapnya berikut:

Desain

Menilik dari depan, pengguna dapat melihat desain Tab 3V yang belum banyak mengalami perubahan dibandingkan tablet seri Galaxy besutan Samsung sebelumnya. Pada sisi atas, pengguna bisa menemukan earpiece yang berdampingan dengan kamera depan serta logo Samsung. Tepat dibawah layar luasnya, Anda bisa melihat tombol fisik home yang diapit oleh tombol sentuh task switcher dan back.

Pada posisi portrait, Anda bisa melihat port micro USB dan audio bertengger di sisi atas. Sementara pada ruas kanan, Asus menyematkan tombol power dan pengatur volume. Slot kartu micro SIM dan MicroSD dapat Anda temukan tersemat di sisi kiri Tab 3V. Sedangkan bagian belakang 3V menggunakan backcover berbahan plastik dengan corak kulit imitasi yang terasa mantap dalam genggaman.

desain-compare-tablet

Beralih pada Fonepad 7, Asus yang mengusung warna putih sanggup menghadirkan kesan elegan dengan sentuhan akhir bernuansa metalik. Tampak atas terdapat lubang earpiece yang bedampingan dengan kamera depan. Berbeda dengan Tab 3V, pada Fonepad 7 logo vendor diletakkan tepat dibawah layar. Asus tidak menggunakan tombol sentuh kapasitis sebagaimana Samsung.

Dengan posisi vertikal, Anda bisa menemukan port uadio dan micro USB berada di atas. Tombol power dan pengatur bisa Anda temui pada sisi kanan. Sebagaimana Tab 3V, slot kartu SIM dan microSD juga diletakkan di balik penutup yang ada di bagian kiri. Backcover Fonepad 7 juga tampak mewah dengan warna putih susu yang dihiasi dengan logo Asus berwarna silver. Logo Intel juga tercetak jelas di bawah yang menandakan penggunaan dapur pacu pabrikan asal negeri paman Sam ini.

Display

Samsung membekali Tab 3V dengan layar berdiagonal 7 inci yang menyuguhkan resolusi 600x1024 dengan kerapatan sekitar 170 piksel perinci. Dengan layar berjenis IPS, Fonepad 7 memiliki sudut pandang yang lebar meski dengan kerapatan yang dimilikinya tampak kurang memuaskan. Pengaturan font juga disediakan mulai dari ukuran dan style. Dengan memberi tanda centang kotak di sebelah increase legibility, Anda bisa melihat teks dengan lebih jelas saat menggunakan tablet untuk membaca.

display-tablet2

Sama seperti Tab 3V, Asus juga membekali Fonepad 7 dengan layar IPS berdiagonal 7 inci yang memiliki resolusi sama dengan Tab 3V. Meski sama-sama belum dibekali dengan setting auto brightness, Fonepad 7 sudah dilengkapi dengan fitur Asus Splendid yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan Vivid Mode serta mengatur temperatur warna, saturasi dan hue atau corak layar. Sementara untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat membaca, pengguna dapat mengaktifkan reading mode.

OS dan Interface

Sama-sama menggunakan Android KitKat, kedua tablet sudah dipercantik dengan antarmuka khas masing-masing vendor. Vendor negeri ginseng sudah siap dengan TouchWiz UI yang mengandalkan multi window sebagai nilai jual utama. Sedangkan Asus datang dengan antarmuka ZenUI yang dikemas dalam 30 aplikasi terpisah guna memudahkan proses pembaruan tanpa harus terbebani dengan ukuran file yang terlalu besar.

 os-tablet-compare

Pada Galaxy Tab 3V, Anda bisa memilih 16 aplikasi yang sudah mendukung fitur multi window. Selain mengunduh aplikasi dari Play Store, Anda juga bisa mendapatkan aplikasi dari Galaxy Apps. Dengan Galaxy App pengguna bisa menikmati tawaran promosi atau bonus aplikasi dan games yang khusus diperuntukkan bagi pengguna lini tablet dan ponsel Galaxy Samsung. Sedangkan untuk pengguna Fonepad 7, Anda bisa memanfaatkan akses cepat kamera dari lockscreen atau Easy Mode yang menyuguhkan antarmuka yang lebih sederhana untuk pemula atau pengguna berusia lanjut.

Hardware

Samsung mempersenjatai Galaxy Tab 3V dengan dapur pacu quad core buatan Spreadtrum yang sanggup melaju hingga 1,4GHz. Ditunjang dengan RAM berkapasitas 1GB, Galaxy Tab 3V telah ditemani pula dengan internal memory sebesar 8GB yang menyisakan sekitar 5,6GB memori untuk penyimpanan koleksi file milik pengguna. Untuk pasokan daya, Samsung menyematkan baterai dengan kapasitas 3.600mAh.

Benchmark-tablet-1

Berbeda dengan Samsung yang menggunakan prosesor quad core, Asus lebih memilih prosesor dual core milik Intel yang menawarkan teknologi Hyperthreading dengan kecepatan maksimal 1,2GHz. Performa milik Fonepad 7 juga dipastikan lebih mumpuni dengan keberadaan RAM berukuran 2GB yang dipadukan dengan internal memory 16GB. Dengan sisa penyimpanan 11GB, pengguna sudah pasti lebih leluasa dalam menempatkan koleksi file milik pribadi ke perangkat yang telah membawa baterai dengan kapasitas 3.950mAh ini.

Berikut tabel perbandingan hasil pengukuran kinerja kedua phablet dengan menggunakan Antutu Benchmark, Quadrant Standard dan Nenamark 2:

Perangkat

Antutu Benchmark

Quadrant Standard

Nenamark2

Samsung Galaxy Tab 3V

18333

4323

59,6fps

Asus Fonepad 7 FE171CG

19320

6637

60,1fps

Internet dan Konektivitas

Dengan slot kartu micro SIM tunggal, pengguna dapat dengan bebas menjelajah dunia maya dengan jaringan 3G HSPA+ yang menawarkan kecepatan download dan upload maksimal masing-masing 21Mbps dan 5,76Mbps. Sisi konektivitas juga sudah lengkap tersedia dengan dibekalkannya Bluetooth, kabel data dan USB OTG yang dapat Anda beli secara terpisah adapternya. Sisi navigasi sudah disediakan A-GPS dan Glonass.

koneksi-tablet4

Berbeda dengan tablet Tab 3V yang hanya memiliki slot tunggal, Fonepad 7 telah dilengkapi dengan dua slot kartu microSIM. Slot pertama dapat Anda gunakan untuk mengakses data 3G yang sayangnya tidak disebutkan berapa kecepatan maksimalnya. Sementara, slot kedua dapat diisi dengan kartu micro SIM yang mendukung jaringan GPRS. Keperluan bertukar data juga sudah diakomodasi dengan adanya Bluetooth, kabel data serta digital media server. Fungsi USB OTG juga sudah ada dengan kabel adapter yang harus Anda beli secara terpisah.


Kamera dan Video

Sektor pengabadi gambar Galaxy Tab 3V sudah dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel tanpa LED flash. Meski punya resolusi rendah, Tab 3V sudah dibekali dengan mode pemotretan yang lengkap mencakup auto, beauty face, panorama, best photo, continous shot dan night. Sementara untuk merekam video, pengguna bisa mengabadikan video dengan resolusi maksimal 480p pada kecepatan 24 frame perdetik. Secara umum, hasil potret kamera Tab 3V memang tidak istimewa dengan rendahnya resolusi serta absennya LED flash. Sama seperti kamera belakang, kamera depan Tab 3V juga membawa resolusi 2 megapiksel.

camera-tablet-5

Untuk memotret gambar, pengguna bisa memanfaatkan kamera belakang Fonepad 7 yang sudah mengusung resolusi 5 megapiksel tanpa LED flash. Dengan teknologi andalan Asus PixelMaster, Anda dapat mengabadikan gambar dengan hasil yang lebih optimal dalam kondisi kurang cahaya. Asus menyediakan 13 mode pemotretan diantaranya auto, HDR, smart remove, low light, GIF-animation dan sebagainya. Kamera belakangnya juga sanggup menghasilkan video dengan resolusi full HD. Sementara dengan kamera depan 2 megapiksel, Anda dapat mengabadikan foto selfie serta merekam video dengan resolusi hingga 720p.

Multimedia

Menikmati alunan musik dengan Tab 3V dapat dilakukan dengan menggunakan pemutar musik yang telah dilengkapi dengan equalizer dengan preset yang sesuai dengan lagu yang didengarkan. Dengan menyematkan earset yang disertakan, pengguna dapat mengaktifkan Tube Amp untuk efek yang lebih dramatis. Sayangnya, Samsung ternyata tidak membekali Tab 3V dengan penerima radio FM. Beralih pada pemutar video, Anda bisa menikmati film lengkap dengan subtitle yang disertakan. Fitur pop up video play juga ikut disertakan oleh Samsung.

media-tablet-compare

Mendengarkan musik dengan pemutar musik ZenUI pada Fonepad 7 sudah pasti menghadirkan pengalaman yang menyenangkan berkat sederet fitur yang meliputi equalizer, bass booster dan efek 3D. Meski sudah dipersenjatai dengan teknologi Sonic Master, namun dalam paket penjualannya pengguna tidak akan menemukan earset. Tidak seperti pemutar musiknya yang menyajikan pengalaman yang mengesankan, pemutar video milik Fonepad 7 ternyata tampil ala kadarnya dengan fungsi yang serba minim. Dengan aplikasi bawaan MiniMovie, Anda membuat video dari slideshow foto koleksi Anda lengkap dengan tambahan audio serta template yang disediakan.


Kesimpulan

Dengan banderol harga yang sama, Fonepad 7 siap dengan beragam aplikasi dan fitur kamera yang lebih baik dari Galaxy Tab 3V. Pengguna yang ingin mendapatkan tablet dengan fitur multimedia lebih baik bisa memilih Tab 3V. Sementara dengan RAM 2GB serta internal storage 16GB, Fonepad 7 cocok untuk pengguna yang gemar menginstal game dan membutuhkan banyak aplikasi baik untuk keperluan hiburan ataupun pekerjaan. (Galing Kusumojati)

Last modified on Thursday, 25 June 2015 08:51

Go to top