Pilah Pilih Android 700 Ribuan

3androidSelain Android One yang menyasar pengguna pemula, konsumen Indonesia kini juga bisa mendapatkan ponsel Android dengan harga murah yang dijual oleh vendor lokal. Dengan banderol harga kurang dari sejuta, Anda bisa menemukan setidaknya tiga ponsel yang masing-masing merupakan buatan vendor Advan, Treq dan Mito. Ketiga varian ponsel tersebut adalah Star Mini 4, Tune Z2C dan Fantasy Lite.

Penasaran dengan kinerja ketiga ponsel ini? Simak komparasi lengkapnya dalam tulisan berikut:

 

Advan Star Mini 4

Treq Tune Z2C

Mito Fantasy Lite

Warna

Hitam dan Putih

Hitam dan Putih

Hitam dan Putih

Baterai

Li-Po 1300 mAh

Li-Ion 1500 mAh

Li-Ion 2200 mAh(non-removable)

Harga

Rp 799.000

Rp 799.000

Rp. 799.000

Desain

Bodi depan Tune Z2C sekilas mirip dengan ponsel LG seri optimus dengan bezel menyerupai metal yang mengelilingi seluruh tepinya. Sementara untuk bagian bawahnya, pengguna bisa menemukan tiga tombol sentuh masing-masing menu, home dan back. Beralih pada bagian belakang, LG menggunakan cover belakang berbahan plastik berlapis glossy warna putih. Masih di bagian yang sama, pengguna bisa melihat lubang kamera serta LED flash. Tepat dibawah LED flash, tersemat logo Treq yang kemudian disusul dengan celah speaker yang diletakkan di sisi bawah. Pada ruas kanan, Treq menyematkan tombol power. Sementara pada ruas kiri Anda dapat mengakses tombol volume. Sedangkan pada bagian atas bertengger port audio dan micro USB.

Ponsel berikutnya adalah Star Mini 4 yang mengusung desain menyerupai ponsel besutan vendor Taiwan, Acer. Dengan tiga tombol sentuh yang menyerupai iPhone, pengguna dapat melakukan navigasi ke menu, home dan back. Bagian belakang Star Mini 4 berupa backcover plastik yang mudah meninggalkan bekas jari. Sama seperti Tune Z2C, Advan menyematkan lubang kamera dan LED flash di bagian belakang pada sisi tengah. Sementara celah speaker dan logo Advan dapat ditemukan pada sisi bawah. Anda dapat menemukan tombol power dan volume pada sisi kanan bodi. Sedangkan pada bagian atas disematkan port audio dan micro USB.

Tak seperti kedua ponsel sebelumnya, Fantasy Lite datang dengan dimensi bodi paling besar berkat bentang layar lima inci yang diusungnya. Pada sisi kanan pengguna bisa menemukan tombol power. Untuk mengatur volume, pengguna dapat mengakses tombol yang terletak di sisi kiri. Mito menyematkan port micro USB dan audio di bagian atas. Tepat dibawah layarnya, terdapat tiga tombol sentuh navigasi masing-masing menu, home dan back. Beralih ke bagian belakang, MiTO menyematkan lubang kamera dan LED flash. Disamping lubang kameranya, Anda bisa melihat besaran resolusi kamera yang diusung Fantasy Lite. Sementara, logo MiTO dan celah speaker diletakkan di sisi bawah.

Display

adu-ponsel-1

Menggunakan layar IPS LCD, Advan menghadirkan layar dengan bentang 4 inci pada resolusi 480x800 piksel. Sanggup menerima input sentuh hingga dua titik, layar Star Mini 4 punya kerapatan 233 ppi tanpa setting auto brightness. Pengguna dapat memilih ukuran font mulai dari small, normal, large hingga huge. Pengguna juga dapat memilih jenis font yang diinginkan serta menambahkannya secara manual dari kartu microSD.

Sama seperti Advan, Treq juga membekali Tune Z2C dengan layar berdiagonal 4 inci yang memiliki resolusi sama. Sanggup menerima dua input sentuh sekaligus, pengguna sudah dimanjakan dengan kelengkapan fitur auto brightness. Meski tidak dapat mengganti jenis font, pengguna tetap bisa memilih empat ukuran font yang dikehendaki. Pengguna juga bisa mengaktifkan notifikasi saat layar dalam posisi terkunci.

Beralih pada Fantasy Lite, MiTO mengusung layar paling lebar dengan diagonal 5 inci serta resolusi sama dengan kedua ponsel sebelumnya. Dapat menerima dua input sentuh sekaligus, pengguna mendapatkan kerapatan piksel sekitar 186 ppi tanpa fitur auto brightness. Dengan pilihan ukuran dan jenis font yang beragam, pengguna tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan atau selera masing-masing. Dengan fitur Smart Awake, Anda dapat membuka aplikasi dengan menggunakan pola gesture tertentu langsung dari lockscreen. Pengguna juga dapat menyalakan layar cukup dengan mengetukkan jari sebanyak dua kali.

Hardware

Menggunakan prosesor quad core, Advan membekali Star Mini 4 dengan dapur pacu yang sanggup melaju dengan clock speed 1,2GHz. Untuk menunjang kinerjanya, Advan menyematkan RAM sebesar 1GB. Berbekal ruang penyimpanan 8GB, pengguna bisa menggunakan 4GB sisanya untuk menyimpan data pribadi. Jika dirasa kurang, Anda bisa menyematkan kartu microSD dengan kapasitas maksimal 32GB ke slot yang disediakan. Dengan baterai 1.500mAh, pengguna setidaknya harus mengisi ulang baterai sebanyak dua kali dalam sehari.

hadware-adu-ponsel-2

Treq mempersenjatai Tune Z2C dengan dapur pacu dual core MTK 6572 1GHz yang ditemani dengan RAM berkapasitas 512MB. Dengan GPU Mali 400MP sebagaimana yang digunakan oleh Star Mini, jumlah core prosesor milik Tune Z2C yang lebih sedikit tentu membawa dampak pada kinerjanya yang lebih rendah. Dengan memori internal sekitar 4GB yang menyisakan masing-masing 1GB untuk sistem dan user, Anda tentu harus membeli kartu microSD bila ingin menyimpan koleksi multimedia lebih banyak. Mengusung baterai sebesar 1.300mAh, daya tahan ponsel ini tentu tidak selama Star Mini 4 yang membawa baterai berkapasitas 1.500mAh.

Ponsel berikutnya adalah Fantasy Lite A160 yang datang dengan prosesor quad core Spreadtrum SC8830 1,2GGHz. Didampingi RAM sebesar 512MB, pengguna bisa menjalankan platform Android KitKat dengan mulus untuk penggunaan dasar. Sisi grafis menggunakan GPU Mali-400MP yang juga dipakai oleh dua ponsel diatas. Memiliki ruang simpan internal 4GB yang masing-masing menyisakan 1GB untuk sistem dan user, pengguna bisa menyematkan kartu microSD ke slot yang disediakan bila merasa kurang. Untuk memasok daya, MiTO menyertakan baterai non removable dengan kapasitas 2.200mAh yang tergolong paling besar bila dibandingkan dengan kedua ponsel terdahulu.


Berikut adalah tabel perbandingan hasil pengukuran kinerja ketiga ponsel dengan menggunakan Antutu Benchmark, Quadrant Standard dan Nenamark2.

Benchmarking Apps

Advan Star Mini 4

Treq Tune Z2C

MiTO Fantasy Lite A160

Antutu Benchmark

17505

10479

16254

Quadrant Standard

3280

3489

3136

Nenamark2

58.8

44.9

56.5


OS dan UI

Menilik sistem operasi yang digunakan, ketiga ponsel sama-sama datang dengan platform Android KitKat 4.4.2. Advan membekali Star Mini dengan antarmuka khas yang tampil dengan ikon yang berbeda dengan ikon standar Android. Meski launcher yang digunakan unik, namun Star Mini 4 belum memiliki pengaturan kustomisasi seperti kemampuan untuk mengganti tema, efek transisi, ikon dan sebagainya. Advan menyertakan aplikasi bawaan seperti Advan Store, aStore, BaBe, DU Speed Booster, MoboMarket dan TouchPal Indonesian.

compare-adu1

Sama-sama menggunakan platform Android KitKat, Tune Z2C tampil lebih impresif dengan menyertakan fitur multitask window yang sekilas mirip dengan fitur floating apps pada AcerUI.Perbedaannya adalah Star Mini 4 hanya mendukung empat aplikasi yang meliputi video, notes, music dan inbox. Untuk mengaktifkan multitask window, pengguna tinggal menahan tombol sentuh back dan sebuah kotak transparan melayang akan muncul di tepi layar. Saat Anda membuka aplikasi, Anda dapat memindahkannya pada jendela kecil cukup dengan memilih miniscreen. Pilihan kustomisasi yang dimiliki Tune Z2C juga lebih kaya dengan disertakannya menu penggantian tema. Anda juga dapat mengubah efek transisi, unlock dan style dengan masuk ke theme collection.

MiTO yang juga menggunakan platform Android KitKat telah menyiapkan pula sederet aplikasi bawaan yang meliputi aplikasi sosial media, instant messaging, pembaca berita, DU Speed Booster dan Dr. Safety. Dengan disertakannya ThemeManager, pengguna dapat mengganti tema ponsel sesuai dengan selera. Meski hanya memiliki dua tema bawaan, pengguna juga dapat mengunduh tema lainnya dari Play Store. Dengan toko aplikasi Neo Apps, Anda dapat mengunduh beragam aplikasi Android buatan lokal sebagai alternatif untuk Play Store.

Multimedia

Mendengarkan lagu pada Star Mini 4 dapat Anda lakukan dengan membuka Music Player yang sudah disertai dengan equalizer yang memiliki delapan preset. Pengguna juga bisa mningkatkan efek bass serta mengaktifkan surround sound ketika earset dalam posisi terpasang. Menonton video dapat Anda lakukan dengan video player yang merupakan shortcut ke galeri Android. Pengguna bisa memutar video full HD lengkap dengan setting playback mode, channel dan parameter untuk memungkinkan pemutaran video secara streaming.

media-adu-smartphone

Sama seperti Star Mini 4, pengguna juga dapat menikmati alunan lagu kesukaan dengan menggunakan music player yang sudah disertai pula dengan setting equalizer standar Android sebagaimana yang dimiliki Star Mini 4. Dengan video player yang telah mendukung multitasking, Anda dapat memutar video dengan resolusi maksimal full HD pada jendela kecil. Untuk melakukannya, Anda cukup memutar lebih dulu video yang diinginkan dan memilih menu video pada multitask window.

Mendengarkan lagu pada Fantasy Lite juga dapat Anda lakukan dari pemutar music bawaan yang datang dengan pengaturan equalizer standar Android yang sama. Untuk mengusir kebosanan, pengguna juga dapat mendengarkan siaran radio FM dengan mencolokkan lebih dulu earset yang disertakan. Hal yang sama juga dapat Anda lakukan pada kedua ponsel sebelumnya untuk mendengarkan serta merekam siaran radio favorit Anda. Video player milik Fantasy Lite mempunyai interface serta setting yang serupa dengan kemampuan untuk memutar video beresolusi maksimal full HD. Ketiga ponsel yang kami komparasi tidak dapat menampilkan subtitle, sehingga Anda harus mengunduh aplikasi lain dari Play Store bila ingin menonton film asing.

Kamera

Dengan kamera belakang Star Mini 4, Anda dapat mengabadikan gambar dengan resolusi 3 megapiksel lengkap dengan LED flash untuk membantu pencahayaan. Sementara dengan kamera Tune Z2C, pengguna bisa mengabadikan gambar dengan resolusi sama besar. Kamera dengan resolusi paling besar dipegang oleh Fantasy Lite A160 dengan besaran 8 megapiksel. Beralih pada kamera depan, Anda bisa mengabadikan gambar dengan resolusi 2 megapiksel menggunakan kamera milik Fantasy Lite dan Star Mini 4. Sedangkan untuk Tune Z2C, Anda harus cukup puas dengan foto dalam resolusi VGA.

camera-compare-aduh3
Jika menilik setting yang diusung, Fantasy Lite jauh lebih lengkap dengan pengatran ISO, exposure, brightness, contrast, saturasi hingga pemotretan dengan mode HDR. Sementara Tune Z2C punya setting standar Android yang meliputi exposure, scene mode, white balance, face detection, smile shot dan sebagainya. Sedangkan Star Mini 4 selain memiliki setting yang dimiliki oleh Tune Z2C juga telah dibekali pula dengan mode pemotretan HDR.

Bagi pengguna yang ingin mengabadikan momen istimewa bersama keluarga dapat mengandalkan kamera video yang sanggup merekam video dengan resolusi full HD. Setting perekam video yang paling sederhana dimiliki oleh Tune Z2C dengan pilihan resolusi, time lapse dan mode audio. Sementara kedua ponsel lain sudah dilengkapi dengan mode rekam lambat atau slow motion lengkap dengan pilihan codec H264 dan MPEG4.

Internet dan Konektivitas

Dengan dua slot kartu SIM, Anda bisa memanfaatkan slot pertama untuk jaringan data 4G LTE dan slot kedua untuk telepon dan sms pada jaringan GPRS. Pengguna Star Mini 4 paling dimanjakan dengan keberadaan lima browser bawaan yang meliputi Baidu browser, CM Browser, Cool Browser, Opera Mini dan browser bawaan. Sedangkan Tune Z2C hanya disertai dengan CM browser. Demikian pula dengan Fantasy Lite yang hanya memiliki Baidu Browser. Hasil pengujian dengan HTML5 menunjukkan nilai masing-masing 356, 384 dan 404 untuk Fantasy Lite, Star Mini 4 dan Treq Tune Z2C.

connec-compare-adu-4

Sebagai ponsel yang ditujukan untuk kelas pemula, ketiga ponsel memang hanya dibekali dengan sarana kabel data dan Bluetooth untuk keperluan bertukar data. Dengan fitur tethering dari ponsel ke PC dan PC ke ponsel, Tune Z2C tampil lebih unggul dibanding kedua ponsel lainnya.

Kesimpulan

Meski hanya dipersenjatai dengan dapur pacu dual core, Treq berusaha menyajikan ponsel cerdas dengan pengaturan personalisasi serta fitur multi tasking yang paling baik di kelasnya. Sementara dengan layar yang lebih lebar, MiTO unggul di sisi kamera serta daya tahan baterai yang paling lama. Sementara Star Mini 4 unggul dengan lima browser bawaan yang disertakannya.(Galing Kusumojati)

Last modified on Thursday, 25 June 2015 09:07

Go to top