Samsung Galaxy A5 vs OnePlus One, Siapa Paling Bertaji?

 one-vs-A5

Semakin banyaknya vendor baru yang hadir di pasar smartphone tanah tanah air, membuat persaingan antar vendor semakin ketat.Vendor besar seperti Samsung, terus didesak oleh vendor baru yang menghadirkan smartphone dengan spesifikasi mumpuni namun dengan harga yang lebih terjangkau.Salah satunya adalah OnePlus yang hadir ke Indonesia melalui produk pertamanya, OnePlus One.

Sama-sama hadir membawa dukungan 4G di pasar Indonesia, siapakah yang lebih unggul?Berikut kami telah melakukan komparasi antara OnePlus One dengan Samsung Galaxy A yang hadir di pasar smartphone tanah air dengan harga yang hampir seimbang.

Desain

Selain kekuatan hardware yang diusung, desain yang membalut tampilan smartphone kerap menjadi senjata yang tepat untuk mampu memikat minat konsumen.Body bongsor maupun dimensi yang kecil tentu punya plus dan minus. Bagian ini tentu saja banyak ditentukan oleh konsumen untuk memilih mana yang pantas dibawa dan dipamerkan kepada orang lain.

OnePlus One menghadirkan rancangan desain yang begitu ergonomis untuk membalut layarnya yang luas.Bingkai krom dengan garis halus yang mengelilinginya menjadikannya terlihat tegas dan memberikan nuansa kokoh yang elegan.Di balik tampilannya yang hitam menawan, OnePlus One memiliki kesan klasik dan premium yang kental.Sisi belakang OnePlus One menggunakan bahan plastik polikarbonat yang bertekstur seperti kertas pasir dengan kualitas matte, sehingga menambah kenyamanan saat digunakan. OnePlus hanya menyediakan pilihan warna hitam dan putih, namun pengguna bisa mengganti tampilan back covernya sesuai selera.

Sedangkan Samsung Galaxy A5 menawarkan desain inovatif yang mewah mengadopsi konsep desain unibodi bersasis logam. Frame metal di sekeliling bodinya terlihat menyiku dan bersudut tegas sementara di setiap ujung bodi didesain sedikit membulat. Kualitas premium dari bodi logam yang ramping ditangan sangat terasa dalam genggaman.Samsung menyediakan 4 pilihan warna unik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kepribadian.

Display

OnePlus hadir dengan ukuran layar 5.5 inci dengan resolusi 1080p. Sedangkan untuk urusan display, layar kapasitifnya begitu sensitif dan jernih dengan kerapatan piksel mencapai 401 ppi.

display-compare-one-A5

Layarnya menggunakan LTPS LCD, Low Temperature Polysilicone LCD, yang tidak akan menghasilkan panas berlebih walau dalam tingkat kecerahan yang tajam untuk jangka waktu yang lama. LCD ini juga merupakan unit IPS yang mendukung sudut pandang yang lebih luas dan natural dari berbagai sudut.

Sebagai perlindungan terhadap layarnya, OnePlus One dilapisi lapisan pelindung Gorillas Glass 3 yang tertinggal oleh Samsung Galaxy A5 yang menggunakan Gorilla Glass 4.

Layarnya mampu merespon 10 titik sentuhan sekaligus. Berkat layarnya yang luas dan kemampuan multitouchnya, membuat OnePlus One semakin nyaman saat digunakan bermain game Cytus.SamsungGalaxy A5 dibekali dengan layar seluas 5 inci dengan resolusi standar 720x1280 piksel. Namun, berkat layar sAMOLED yang dikenal dengan kontras-nya yang super dan warna memukau, mampu mendongkrak kualitas tampilan layarnya.

Berkat perpaduan layar sAMOLED dan kerapatan layar 294 ppi, membuat Galaxy A5 terlihat seperti menyajikan tampilan layar full HD yang jernih, detail, dan tajam dengan sudut pandang yang luas. Menariknya, tampilan layar bisa diatur sesuai kebutuhan menggunakan pilihan Screen Mode di menu Setting - Display and Wallpaper.

Layarnya yang dilapisi Gorilla Glass 4 mampu merespon 10 titik sentuhan sekaligus, sama dengan OnePlus One. Layarnya nyaman saat digunakan bermain game Cytus. Namun karena bentang layar dan kerapatan pikselnnya tertinggal OnePlus One, membuat Samsung Galaxy A5 kalah di sektor ini.

OS dan Interface

OnePlus One hadir sebagai smartphone pertama yang menggunakan custom OS CyanogenMod 11S secara resmi di produknya. Versi Android yang digunakan sebagai base OS-nya adalah KitKat 4.4.4 dengan konfirmasi update ke Android L 5.0.

Os-Compare-One-A5

Secara interface, tidak ada yang spesial dari OnePlus One. Namun, berkat CyanogenMod yang dibawanya, memungkinkan pengguna untuk memilih berbagai macam theme yang tersedia untuk mengkostumisasi tampilan smartphonenya. Tidak hanya itu, tersedia berbagai fungsi dan settingan khusus yang hanya tersedia di ROM CyanogenMod, seperti fungsi Screen Recorder, Secure Messaging, Gesture Control dan berbagai pengaturan lainnya.

Jika dibandingkan dengan Galaxy A5, interface OnePlus One berkesan flat dan kurang segar dan interaktif.    Galaxy A5 menawarkanUI yang sama seperti pada Galaxy Alpha. Hadir dengan Android 4.4.4 KitKat yang dikombinasikan dengan interfaceTouchWiz UI yang segar dan interaktif.

Homescreennya menyediakan 5 slot hotseat di sisi bawah, dengan 4 slot yang dapat dikustomisasi. Khas TouchWiz UI, pengguna bisa menambahkan widget dan shortcut aplikasi, juga mengatur tema dan wallpaper. Pengguna secara default dapat melihat Flipboard Briefing update di homescreen dengan menyapukan layar ke kiri dari homescreen utama.

Samsung membekali A5 dengan fitur khusus, seperti One-handed Operation, Smart Stay dan fitur gesture. Juga terdapat fitur Multi Window khas perangkat high end Samsung.

Hardware dan Benchmark

OnePlus One yang sempat dijuluki “2014 Flagship Killer” didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 801 berinti empat dengan kecepatan 2.5 GHz. Di samping itu, OnePlus One juga dibekali dengan RAM sebesar 3 GB untuk mendukung fungsi multitasking yang berat dan membuat aplikasi yang berat terasa begitu ringan dan mulus saat dibuka. Saat digunakan bermain game Asphalt, tidak ditemukan kendala sama sekali meski digunakan untuk 5 stage secara terus menerus.

benchmark-compare-one-S5

Berbekal penyimpanan internal sebesar 64 GB, pengguna hanya memiliki 55 GB ruang penyimpanan tersedia. Dengan ruang penyimpanan yang besar ini, pengguna bisa leluasa untuk menginstal game HD dan banyak aplikasi lain pada perangkat OnePlus One. Meski tanpa dukungan memori eksternal, kami rasa penyimpanan internal sudah mampu mencukupi kebutuhan ruang penyimpanan pengguna.

OnePlus membekali smartphone pertamanya ini dengan baterai berkapasitas 3100 mAh yang tidak dapat dilepas. Baterainya terasa awet dan memuakan selama pengujian. Mungkin karena kapasitas baterainya yang besar, efisiensi dari layar IPS dan beberapa sentuhan yang dilakukan oleh Cyanogenmod yang membuat daya tahan baterainya sangat mengagumkan.Dapur pacu Galaxy A5 di bekali dengan prosesor quad core ARM Cortex A53 64 bit berkecepatan 1,2GHz dan telah di padukan dengan chipset qualcomm smapdragon 410. Untuk proses kinerja smartphone tersebut telah di bekali juga dengan RAM sebesar 2GB dan telah di perkuat dengan pengolah grafis Adreno 306. Berkat perpaduan ini, kinerja saat melakukan multi tasking serta bermain game HD pun dapat berjalan dengan apik. Namun, jika menilik apa yang digunakan oleh OnePlus One, Galaxy A5 secara telak tertinggal di aspek ini.

Perpaduan layar 720p dengan chipset yang digunakannya, membuat Galaxy A5 tidak boros daya meski hanya dibekali baterai non-removable berkapasitas 2300 mAh.

Untuk ruang penyimpanan, Galaxy A5 dibekali internal memori sebesar 16 GB yang dapat diekspansi dengan memori eksternal sampai 128 GB. Dari 16 GB tersebut, pengguna hanya bisa menggunakan 11,5 GB untuk menyimpan data dan menginstal aplikasi.

Berbeda dengan OnePlus One yang mampu berjalan baik saat digunakan bermain game Asphalt secara terus-menerus, Galaxy A5 mulai mengalami penurunan performa saat memainkan game di stage ke-4.

Internet dan Konektivitas

OnePlus One hadir berbekal kemampuan single SIM yang dilengkapi dengan dukungan konektivitas yang lengkap.

Smartphone ini mampu berjalan di koneksi 3G HSDPA dengan kecepatan download hingga 42,2 Mbps dan upload hingga 5,76 Mbps, serta telah mendukung LTE Cat4 untuk berjalan di jaringan 4G dengan kecepatan download hingga 150 Mbps dan kecepatan upload hingga 50 Mbps. Dengan dimulainya era 4G di Indonesia memungkinkan pengguna OnePlus One tersambung lebih cepat dengan koneksi internet.

intternet-compare-one-A5

Untuk betukar file dengan perangkat lain, Oneplus One dilengkapi dengan dukungan Bluetooth 4.1 dan NFC yang menjanjikan transfer file lebih cepat. Selain itu, OnePlus One juga mendukung fungsi USB untuk mengakses perangkat di PC dan juga mendukung fungsi USB On-the-go.    Tidak jauh berbeda dengan OnePlus One, Samsung Galaxy A5 memuat beragam konektifitas terkini mulai dari dukungan jaringan 2G, 3G dan 4G LTE Cat4. Dukungan jaringan LTE pada perangkat ini bisa menjadi nilai jual besar di pasar Indonesia.

Di luar itu, Galaxy A5 juga dilengkapi dukungan Bluetooth 4.0 dan juga NFC untuk kemudahan dan kecepatan betukar file dengan perangkat lain. Untuk akses ke PC, tersedia dukungan USB 2.0. Sayangnya sebagai perangkat menengah, Samsung tidak membekali Galaxy A5 dengan dukungan USB On-the-go.

Kamera

Di sektor kamera, OnePlus One hadir dengan kamera belakang 13 MP yang didukung dengan bukaan sebesar f/2.0 prosesor Sony Exmor IMX214. Kombinasi keduanya mampu memberikan gambar berkualitas yang mampu mereduksi kemunculan noise meski dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Di samping itu, OnePlus One juga dibekali dengan lampu kilat LED ganda yang menawarkan hasil warna yang sempurna sekalipun di malam hari. Kamera depannya 5 MP dengan dukungan wide angle, sehingga lebih puas untuk penikmat selfie.

camera-compare-one-A5

Fitur kameranya lengkap, dari mulai adanya berbagai mode pengambilan gambar serta berbagai pengaturan yang akan membuat pengambilan gambar semakin sempurna.

OnePlus One juga menawarkan kemampuan merekam video hingga 4K UHD 2160p (3840x2160p) 30 fps dan juga 4K DCI 2160p (4096x2160p) yang memiliki aspek yang lebih luas, resolusi yang lebih tinggi dan berjalan di 24 fps. Pengguna bisa mengatur mode perekaman ke berbagai resolusi dan juga tersedia mode slow motion.Jika melihat spesifikasi yang dibawa, Samsung membawa kamera yang sama dengan OnePlus One. Kamera belakangnya beresolusi 13 MP dengan LED flash dan kamera depannya beresolusi 5 MP. Kamera depannya pun sama-sama dibekali wide angle, sehingga selfie sendiri atau beramai-ramai akan semakin seru. Untuk mendukung pecinta selfie, tersedia juga fitur Palm Selfie yang akan mempermudah aktivitas selfie pengguna.

Mode pengambilan gambarnya terbilang lengkap dan menarik, dari mode Selfie, Wide Selfie, Animated Gift dan mode lain yang bisa didownload dari Galaxy Apps.

Di sisi Video, pengguna bisa merekam video hingga resolusi Full HD baik menggunakan kamera depan mau pun kamera belakang. Sayangnya tidak tersedia mode pengambilan video di Galaxy A5 dan juga videonya yang belum mendukung pengambilan resolusi 4K, membuat Samsung kembali tertinggal oleh OnePlus One.

Multimedia

Aspek Multimedia yang ditawarkan oleh OnePlus One memiliki konsep simple dan bebas, namun lengkap. Seperti untuk pengelola gambar yang disatukan dengan fungsi pemutar video dalam aplikasi Gallery. Di aplikasi Gallery, pengguna bisa mengurutkan tampilan file gambar dan video berdasarkan Moment, Album dan Media. Tersedia juga fitur photo editor yang bisa digunakan untuk mengedit foto hasil jepretan sebelum kemudian disebarkan.

media-compare-One-A5

Pemutar suara yang ditanamkan di OnePlus One adalah Play Music milik Google. Tidak ada pemutar suara mandiri baik milik OnePlus One atau pun bawaan dari ROM CyanogenMod. Pemutar suaranya didukung juga oleh aplikasi AudioFX yang ditanamkan di OnePlus One. Berkat AudioFX ini, pengguna bisa mengatur keluaran suara yang dihasilkan oleh OnePlus One saat mendengarkan musik melalui speaker HP, headset, USB speaker, Bluetooth speaker atau wireless speaker.Sangat disayangkan, OnePlus One tidak dibekali dengan dukungan Radio FM.

Karena dukungan multimedianya yang standar, membuat OnePlus One kalah oleh Galaxy A5 yang menawarkan fitur uni dan menarik serta lengkap.    Galaxy A5 hadir lebih unggul dengan dukungan multimedia yang lengkap dan mandiri. Seperti pengelola gambarnya, tersedia aplikasi Galeri yang bisa mengelompokan foto berdasarkan Time, Album atau people.

Pemutar suaranya menggunakan TouchWiz Music Player khas Samsung yang mendukung Music Square. Music Square dapat digunakan untuk yang mengkategorikan musik berdasarkan mood pengguna –Exciting, Passionate, Joyfull atau Calm. Juga SoundAlive untuk mengatur equalizer dan. Pengguna bisa mengatur keseimbangan antara Treble dan Bass, Vocal dan Instrumental. Juga bisa juga menambahkan efek seperti 3D, Bass dan Clarity.

Untuk pemutar video, Galaxy A5 dibekali berbagai fitur menarik. Seperti kemampuan membaca subtitle  dan juga kemampuan Multi Window serta dukungan fitur P.I.P yang memungkin memutar video secara bersamaan sambil menjalankan aplikasi lain.

Selain itu, terdapat juga Samsung Studio untuk mengedit foto hingga video.

Hasil Kamera

Hasil kamera OnePlus One lebih terang dengan kadar exposure yang lebih tinggi dari Samsung Galaxy A5. Sehingga saat digunakan ditempat minim cahaya, hasil tangkapan OnePlus One lebih terang.    Hasil tangkapan kamera Galaxy A5 memiliki kontras yang lebih baik daripada OnePlus One. Gambarnya terlihat lebih tegas dan detail saat digunakan mengambil gambar dalam ruangan. Sehingga bisa dibilang hasil kamera Galaxy A5 lebih baik dibanding Oneplus One.


Kesimpulan:
OnePlus One yang hadir membawa prosesor terbaru dan RAM 3 GB membuatnya secara telak mengalahkan Samsung Galaxy A5 di segi performanya. Namun dari segi desainnya yang futuristik dan interface yang segar serta banyaknya dukungan fitur yang unik, membuat Samsung mengungguli OnePlus One.Sektor kameranya yang bersaing secara ketat membuat OnePlus One lebih unggul karena lengkapnya fitur yang dibawanya serta dukungan merekam video hingga resolusi 4K.
Sama-sama hadir membawa dukungan 4G di Indonesia dengan harga yang terbilang seimbang, membuat Plus One lebih unggul dari Samsung Galaxy A5.

(Epi Kusnara)

Last modified on Friday, 26 June 2015 21:52

Go to top