Hisense PureShot+ vs ASUS Zenfone 2 ZE551ML: Adu Performa Smartphone Tiga Juta

zenfone-2-vs-pureshot-plus

Target Asus untuk meraup penjualan hingga 30 juta unit smartphone pada tahun ini dengan memperkenalkan Zenfone 2 yang mengusung RAM 4 GB sepertinya mulai mendapatkan banyak pesaing.

Sebut saja Hisense PureShot Plus yang menjagokan sektor kamera. Juga dengan dibekali chipset Qualcomm terbaru di kelas mid-range, serta mengusung teknologi jaringan 4G LTE di semua jaringan, Hisense PureShot Plus siap bersaing dengan ASUS Zenfone 2.


Meski sama-sama didominasi material plastik pada permukaan bodinya, namun kedua vendor smartphone ini berhasil mendesain dengan cermat untuk memberikan efek elegan dan mudah dioperasikan oleh pengguna. Zenfone 2 yang mengusung konsep Rear Key berhasil memberikan sentuhan metalik pada permukaan back covernya berkat lapisan finishing hairline, sementara Hisense memberikan akses metalik pada frame PureShot Plus.

Display

Saat PULSA menggenggam PureShot Plus setelah menggunakanZenfone 2, rasanya terasa aneh. Selain karena bobot PureShot Plus yang lebih ringan dari Zenfone 2, juga mengingat fakta bahwa permukaan belakang dan samping PureShot Plus lebih terasa solid dalam genggaman. Namun dalam menikmati tampilan gambar di layar, Zenfone 2 mampu menyajikan gambar dengan detail yang tajam dan komposisi warna vibrant yang tegas berkat layar Full HD yang dibawanya.

Display-Pureshot-vs-Zenfone-2

Selain mengusung sistem operasi terbaru yang dibalut dengan interface khas masing-masing, kedua smartphone ini juga dibekali dengan hardware terbaru di kelasnya. Kedua smartphone ini mampu menyajikan performa yang mulus dan minim lag saat berpindah tampilan antar aplikasi, serta merespon dengan cepat setiap perintah yang diberikan. Berkat dukungan RAM yang lebih besar, Zenfone 2 juga unggul saat melakukan multi-tasking dengan banyak aplikasi yang berjalan di background.
Dalam aspek grafis, keduanya mampu menyajikan grafis yang tajam dan cepat saat digunakan bermain game Implossion. Grafis yang disajikan Zenfone 2 terbilang lebih detail dan memukau dan serta tanpa lag, lebih baik dari PureShot Plus.

benchmark-pureshot-vs-zenfone-2

Mengingat tren teknologi internet  super cepat yang tengah hangat di Indonesia, rasanya dukungan jaringan ini layak untuk diperbandingkan dari kedua smartphone ini. Meski sama-sama telah mendukung jaringan 4G, Hisense sukses mengungguli Samsung dengan dukungan jaringan 4G yang dapat berjalan baik di jaringan GSM atau CDMA. Selain itu, ternyata kedua slot kartu SIM PureShot Plus ternyata telah mendukung jaringan 4G. Sedangkan Zenfone 2 hanya mendukung 4G di slot SIM 1.

Selama pengujian, PULSA menggunakan kartu 4G operator GSM dan CDMA, lalu menggunakannya sebagai primary SIM secara bergantian. Saat SIM yang 1 digunakan untuk primary SIM, maka SIM card tersebut dapat berjalan di jaringan 3G/EVDO dan LTE, dan secara otomatis SIM yang lain hanya akan berada di jaringan 2G.

Mengunggulkan aspek kamera, PureShot Plus mengungguli Zenfone 2 karena mengusung kamera depan yang dibekali dengan LED Flash. Meski Zenfone 2 dibekali dengan mode low light untuk selfie, namuan hasilnya tidak sebaik PureShot Plus. Saat PULSA melakukan selfie di tempat gelap, pendaran sinar flash yang dihasilkan PureShot Plus dengan baik memberikan pencahayaan di sekitar objek selfie dengan tidak memberikan efek kuning berlebih, sehingga didapatkan gambar yang tajam walau berada di ruangan minim cahaya.

Kamera

Di sisi mode kamera yang dibawanya, Zenfone 2 memang menjanjikan hasil gambar yang memuaskan berkat 15 mode pengambilan gambar dan pengaturan yang dibawanya. Selain akan memudahkan pengguna dalam mengambil gambar, tentu dengan beragamnya mode kamera yang dibawa oleh kamera Zenfone 2 juga membuat kita tidak perlu menginstal aplikasi kamera lain dari Playstore. Seperti fitur Shutter Speed, mode Timelapse, Super Resolution, Low Light, Miniature dan lainnya. Sementara PureShot Plus hanya dibekali 9 mode pengambilan gambar saja.

camera-pureshot-vs-zenfone-2
Saat mengambil gambar, kedua smartphone ini mampu menyajikan pengalaman zero shutter delay, sehingga proses pengambilan gambar lebih cepat.

Indoor

compare-pureshot-vs-zenfone-2

Outdoor

camera-zenfone-2-vs-pureshot-plus-outdoor

Dibandingkan dengan PureShot Plus, menikmati gambar dan konten video di Zenfone 2 terasa lebih detail serta nyaman di mata berkat layar full HD yang dibawanya. Namun sangat disayangkan posisi speaker yang berada di sisi bawah back cover Zenfone 2 membuat Kami  harus memposisikan smartphone ini dengan seksama agar keluaran suara dari speakernya tidak terganggu. Sementara PureShot Plus mampu menghasilkan keluaran suara berkat Dolby Digital Plus. Selain itu, berkat peletakan lubang speaker di sisi bawah, suara yang dihasilkan terasa lebih luas tanpa harus pusing mengatur posisi saat meletakan smartphone ini.

Fitur Unggulan

Fitur-unggulan-pureshot-vs-zenfone-2

 

Spesifikasi

 

Hisense PureShot+

Zenfone ZE551ML

Dimensi

151x75x8,3 mm; 152 gr

152.5 x 77.2 x 10.9 mm; 170 gr

Jaringan

Dual SIM Standby

GSM/CDMA; 3G/EVDO; LTE

Dual SIM Standby

2G GSM/3G HSDPA/4G LTE

OS

Android

Lollipop 5.0.2

Android

Lollipop 5.0

Supported memori

Support MicroSD card up to 128 GB

Support MicroSD card up to 128 GB

Layar

5.5 inches

IPS capacitive touchscreen

720x1280 pixels

5.5 inches

IPS capacitive touchscreen

1080x1920 pixels

Prosesor

Octa-core 1.4 GHz

Snapdragon 415

Quad-core 2.3 GHz

Intel Atom Z3580

RAM dan Internal

2 GB RAM

16 GB Internal Storage

4 GB RAM

32 GB Internal Storage

Kamera

13 MP, autofocus, LED flash

5 MP, LED flash

13 MP, autofocus, LED flash

5 MP

Baterai

2500 mAh Battery (Removable)

3000 mAh Battery (Non-Removable)

Warna

Hitam, Putih

Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Champagne Gold, Blue Navy

Harga

Ro. 3.200.000,-

Rp. 3.499.000,-

Fitur Pureshot+

 

Removable battery

Ya

Browser

Ya

Multitouch         

Ya

Camera

Ya

Dual SIM

Ya

Memory external

Ya

3G HSDPA

Ya

Email

Ya

4G LTE

Ya

Video call

Tidak

NFC

Tidak

Video recorder

Ya

Infrared

Tidak

Video player

Ya

USB On-the-go

Tidak

Music player

Ya

GPS

Ya

Radio FM

Ya

Fitur Asus Zenfone 2

Removable battery

Tidak

Browser

Ya

Multitouch         

Ya

Camera

Ya

Dual SIM

Ya

Memory external

Ya

3G HSDPA

Ya

Email

Ya

4G LTE

Ya

Video call

Tidak

NFC

Tidak

Video recorder

Ya

Infrared

Tidak

Video player

Ya

USB On-the-go

Ya

Music player

Ya

GPS

Ya

Radio FM

Ya

Kelebihan dan Kekurangan

KelebihanHisense PureShot+

Kelebihan ASUS ZE 551ML

  • Kamera Depan Dengan Flash’
  • Jaringan Hybrid
  • Dual 4G
  • Layar Sebatas HD
  • RAM 4 GB
  • Layar Full HD
  • Pixel Master 2.0

Kekurangan Hisense PureShot+

Kekurangan ASUS ZE551ML

 
  • Tidak Disertai Headset

 

 

 

 

Last modified on Thursday, 22 October 2015 15:47

Go to top