Compare:Xiaomi Redmi 2 Prime VS Meizu M2

 cover-compare-redmi-vs-meizu

Hadir sebagai versi perbaikan dari Redmi 2, Xiaomi memberikan beberapa tambahan pada spesifikasi yang dibawa Redmi 2 Prime. Namun hal itu sukses dikalahkan oleh Meizu yang kembali menggebrak pasar smartphone Indonesia melalui M2.

Selain dibekali desain yang cantik dalam balutan warna segar, dukungan kamera 13 MP dan 5 MP membuat Meizu menjadi smartphone kelas menengah yang layak untuk dimiliki. Tak lupa, Meizu telah dibekali sistem operasi Android 5.1, sehingga tak harus repot untuk mendownload agar mendapatkan sistem operasi terbaru.

Display-compare-meizu-vs-redmi-prime

Tidak ingin ketinggalan manisnya pasar smartphone tanah air oleh Xiaomi, Meizu yang juga merupakan produsen smartphone asal Tiongkok siap mengekor sukses tetangganya di Indonesia. Adalah Redmi 2 Prime, smartphone versi perbaikan dari Redmi 2 yang ditawarkan oleh Xiaomi kini mendapat serangan langsung dari Meizu M2, yang merupakan smartphone kedua yang dibawa oleh vendor asal Tiongkok ini ke tanah air. Siapa yang paling mampu menarik minat penggunanya?

prime-2

Hadir sebagai versi perbaikan dari produk sebelumnya, Redmi 2 Prime tidak memiliki perbedaan yang berarti jika dibandingkan dengan Redmi 2. Namun jika dibandingkan dengan Meizu M2. Perbedaan besar sangat terlihat pada ketebalan yang dibawanya. Ya, Meizu M2 secara kasat mata pun terlihat memiliki desain yang lebih tipis dibandingkan Redmi 2 Prime. Secara kualitas rancang bangun, kami merasa desain Meizu lebih kokoh dan juga sekaligus nampak cantik dalam balutan warna yang segar. Meski sama-sama menggunakan material plastik polikarbonat dengan finishing glossy, mengoperasikan Meizu M2 terasa lebih nyaman berkat bezelnya yang tipis.

maizu-m2-desain

Yang unik dari yang dibawa Meizu M2 adalah fungsi tombol Home-nya. Tidak seperti kebanyakan perangkat smartphone Android yang membawa 3 tombol akses (Home, Recent Apps dan Back), Meizu kembali membekali M2 dengan tombol Home yang dibekali sensor tekanan, sehingga mampu berfungsi juga sebagai tombol Back. Sementara pada Xiaomi, minim inovasi baik pada segi desain maupun fitur khusus pada rancang bangunnya. Inovasi selanjutnya yang dibawa Meizu adalah gesture swipe ke atas untuk membukan Recent Apps.

Display-compare-meizu-vs-redmi-prime

Sama-sama mengusung layar berkualitas HD, layar yang dibawa Redmi 2 Prime terlihat lebih jernih dibanding M2. Saat layar menampilkan warna putih, Redmi 2 Prime mampu menyajikan warna putih yang cerah dan tegas, sehingga kontras dengan warna lain pun terlihat tajam. Sementara itu kami merasakan layar yang dibawa oleh Meizu M2 terlihat buram, warna putih yang ditampilkan oleh layar M2 terlihat kekuningan. Efeknya, saat menampilkan warna yang vibrant, gambarnya tidak terlihat tajam seperti yang dihadirkan oleh Redmi 2 Prime.

Meizu M2 boleh dibilang unggul dengan mengusung sistem operasi Android 5.1 yang dibalut dengan Flyme UI. Namun, tampilannya yang minimalis dan ringan tidak memberikan kami banyak keleluasaan untuk mengkustomisasi tampilannya. Fitur Theme yang disediakan oleh Flyme UI hanya tersedia untuk region yang menggunakan bahasa China. Selain itu, kami juga tidak menemukan aplikasi Radio FM pada M2. Sementara Xiaomi Redmi 2 Prime menyediakan beragam pilihan tema yang membuat kami lebih leluasa untuk mengkustomisasi tampilannya agar tidak terlihat membosankan dan selalu segar. Namun demikian, sangat disayangkan Redmi 2 Prime masih dibekali sistem operasi Android 4.4.

Compare-Koneksi-remi-vs-meizu

Bicara soal performa, kami merasa M2 lebih cepat dalam merespon setiap perintah dalam berpindah tampilan antar aplikasi. Selain itu, Flyme UI pun terlihat lebih ramah dalam mengkonsumsi RAM. Bicara soal performa, keduanya mampu menjalankan setiap aplikasi dengan lancar. Bahkan memainkan game berukuran besar seperti Implosion pun tidak mengalami kendala dalam menyelesaikan setiap levelnya.
Keduanya dibekali kemampuan untuk berjalan di jaringan 4G. Namun, kembali Meizu unggul karena memberikan kemudahan kami untuk berpindah jaringan dari 2G, 3G hingga 4G selama pengujian. Sangat disayangkan Meizu menyediakan slot MicroSD yang opsional menyatu dengan slot SIM 2. Sehingga kami harus memilih antara menggunakan 2 slot SIM card tanpa MicroSD, atau 1 slot SIM card dengan dukungan MicroSD. Sementara Redmi 2 Prime leluasa dapat menjalankan 2 slot SIM card tanpa mengganggu slot MicroSD.

Segi kamera, baik Xiaomi maupun Meizu mampu menangkap gambar dengan cepat tanpa jeda. Baik Redmi 2 Prime atau pun M2, masing-masing memiliki beragam mode pengambilan gambar yang dapat disesuaikan mengikuti kebutuhan. Tersedia juga beragam live filter yang dapat diaplikasikan langsung saat mengambil gambar. Namun demikian, Meizu unggul dengan mode Slow Motion yang dibekalkan pada M2. Selain itu, selama pengujian kami merasa selfie menggunakan M2 jauh lebih memuaskan berkat dukungan mode Beauty yang dapat disesuaikan.

camera-compare-redmi-vs-meizu

Bicara kamera, hasil kamera keduanya bisa dibilang bagus. Hasil kamera M2 terlihat tajam dan detail, namun terlihat kurang dalam menonjolkan warna vibrant. Sementara hasil kamera Redmi 2 Prime sangat tajam dengan komposisi warna vibrant yang pas dan tegas. Hasilnya, saat dilihat melalui komputer akan terlihat hasil kamera Xiaomi tampak tajam namun kurang detail, sementara M2 menghasilkan gambar yang detail namun komposisi warnanya kurang pas dengan objek yang aslinya. Saat mengambil gambar dengan fokus khusus, M2 mampu mendapatkan fokus gambar dengan cepat dan tepat, hasilnya pun menurut kami sangat memuaskan.

Benchmark

Benchmark-compare-redmi-vs-meizu

Spesifikasi

 

Xiaomi Redmi 2 Prime

Meizu M2

Dimensi

134 x 67.2 x 9.4 mm, 133 gram

140,1 x 68,9 x 8,7 mm, 131 gram

Jaringan

Dual SIM Standby

Dual 3G HSDPA/ Dual 4G LTE

Dual SIM Optional

Dual 3G HSDPA/Dual 4G LTE

OS

Android

Kitkat 4.4.4

Android

Lollipop 5.1

Supported memori

Support MicroSD card up to 32 GB

Support MicroSD card up to 128 GB

Layar

4.7 inches

IPS capacitive touchscreen

720x1280 pixels

5.0 inches

IGZO capacitive touchscreen

720x1280 pixels

Prosesor

Quad-core 1.2 GHz

Snapdragon 410

Octa-core 1.3 GHz

Mediatek MT6735

RAM dan Internal

2 GB RAM

16 GB Internal Storage

2 GB RAM

16 GB Internal Storage

Kamera

8 MP, autofocus, LED flash

2 MP

13 MP, autofocus, LED flash

5 MP

Baterai

2200 mAh Battery (removable)

2500 mAh Battery (non-removable)

Warna

Black, Grey, White

Gray, White, Blue, Pink

Harga

Rp. 1.799.000,-

Rp. 1.749.000,-

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Xiaomi Redmi 2 Prime

Kelebihan Meizu M2

  • Support Dual SIM standby
  • Dual 4G
  • Mudah kustomisasi tampilan
  • Masih Android 4.4
  • Desain tebal
  • Desain tipis dan ringan
  • Kamera 13 MP dan 5 MP
  • Android 5.1

Kekurangan Xiaomi Redmi 2 Prime

Kekurangan Meizu M2

 
  • Dual SIM optional
  • Kurang dukungan kustomisasi
  • Tidak ada Radio FM

penulis epis kusnara/pulsa cetak

Last modified on Wednesday, 04 November 2015 16:16

Go to top