Review Infinix Note 4 X572: Layar Lebar, Baterai Jumbo, dan Fast Charging

infinixutama

Infinix kembali meluncurkan generari terbaru dari seri Notenya. Selain masih mengusung layar yang lebar, Note 4 ini juga dijanjikan membawa banyak fitur yang fungsional seperti baterai berkapasitas ‘monster’ yang disokong teknologi fast charging.

Kami kebetulan mendapatkan infinix Note 4 dengan warna Ice Blue. Sesuai namanya, warnanya mengesankan tampilan warna biru tua yang tenang dan elegan. Tetap setia dengan chipset MediaTek, Inifnix Note 4 juga sudah dilengkapi dengan kapasitas simpan yang besar dan mendukung Dual SIM 4G LTE. Dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar 2 jutaan, Note 4 tampak menjadi penantang kuat disegmen phablet murah.

infinixset

  • Paket Penjualan     : Handset, Earset, Charger, kabel data, buku manual, kartu garansi, Jelly case
  • Warna             : Champagne Gold, Milan Black, Ice Blue
  • Harga             : Rp 2.049.000

Desain

infinixdesain

Dibanding adiknya, Note 3 Pro, Note 4 memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dengan desain yang juga berbeda. Bagian sisi samping kanan dan kiri bagian belakang  Note 4 tampak melengkung, memedukan kesan elegan dengan fungsi ergonomis sehingga meskipun layarnya lebar, namun  tetap nyaman digenggam. 

Tutup bagian belakang Note 4 bisa dibuka untuk memasukkan kartu SIM dan micro SD. Terdapat dua slot kartu SIM yang dedicated dan satu slot micro SD tersediri, jadi bukan hybrid. Dengan demikian, Anda tetap bisa menyematkan dua kartu sekaligus dan satu micro SD tanpa harus 'mengganggu' salah satu slot SIM nya. Meski bagian belakang bisa dibuka, namun baterai Note 4 tidak bisa dilepas alias non-removablekarena tertanam dengan menggunakan baut.

infinixbaterai

Untuk panel kontrol, Infinix Note 4 meletakan tombol volume dan power di sisi kanan bodi. Bagian atas ada port audio jack 3.5mm, sementara bagian bawah terdapat micro USB dan corong speaker.

infinixbawah

 

Layar Jernih Anti Gores dengan Split Screen

Meski memiliki layar yang lebih kecil dibanding Note 3 Pro, namun teknologi layar yang dipakai sama. Dengan diagonal 5.7 inci dan resolusi full HD 1080p, layar ponsel ini memiliki color gamut tinggi (hingga 85% NTSC) yang diklaim 20% lebih tinggi dari layar ponsel biasa.

display

Tingkat kontras dan pencahayaan yang tinggi tersebut dicapai berkat teknologi MiraVision yang juga menyebabkan layar Infinix Note 4 mampu tampil jernih, tajam dan dapat menampilkan kualitas gambar terbaik (Vivid). Di sini, Anda bisa mengatur kontras, saturasi, brightness layar secara manual sesuai kebutuhan. Hanya saja, layar ponsel ini tidak didukung “Bluelight filter’.

Display Infinix Note 4 sudah menggunakan teknologi 2.5D glass yang disokong lapisan kaca anti gores. Meski tidak disebutkan dalam spesifikasi, kemungkinan besar lapisan kaca pelindung ini sama seperti di seri Hot S yakni Dragontrail. Sebagai tambahan, di paket penjualan ponsel ini juga telah dilengkapi aksesoris berupa anti gores.

Di bagian bawah layar, Infinix Note 4 menyertakan sensor fingerprint (home) yang diapit tombol sentuh untuk back dan memunculkan recent apps. Uniknya, layar ponsel ini dibekali fitur split screen untuk menampilkan dua aplikasi berbeda di dua layar mungilnya. Sayangnya, tidak semua aplikasi mendukung tampilan split screen.

Fingerprint

Seperti layaknya smartphone terkini, Note 4 juga sudah dilengkapi fitur 'wajib' yaitu sensor sidik jari. Note 4 meletakkan sensor pengaman ini di bagian bawah layar yang menyatu dengan tombol home. Tombol home sendiri tampil mekanis sehingga dapat dipencet untuk mengakses menu.

fingerprint infinix

Untuk masuk ke menu home, Anda harus membuka layar terlebih dahulu dab tidak bisa mengaktifkannya langsung dalam kondisi lockscreen off.

Poin plusnya, fingerprint sensor di Infinix Note 4 ini cukup responsif dalam mengenali sidik jari. Hanya dengan waktu sekitar 0,15 detik, Anda bisa membuka layar dan masuk ke jajaran menu utama. Sebagai tambahan, sensor sidik jari di ponsel ini selain untuk membuka layar juga bisa memproteksi aplikasi dan akses ke fitur XHide.

Baterai 4300 mAh plus Fast Charging

Inilah salah satu kekuatan utama Infinix Note 4. Meski baterai yang dibawanya memiliki kapasitas yang sedikit lebih kecil dibanding Note 3 Pro (4500 mAh), namun lithium ion 4300 mAh ponsel ini juga disokong beragam teknologi terkini yang bisa meningkatkan performa baterai. Salah satunya adalah sistem pendingin yang mampu mereduksi panas akibat konsumsi baterai di level maksimal yang umumnya bisa membuat bodi panas.

baterai

Selain itu, sokongan manajemen power yang baik di ponsel ini pun mampu memberikan waktu operasional baterai yang bisa lebih lama. Sepanjang pengujian, untuk penggunaan normal saja baterai ponsel ini bisa bertahaan hingga 2 hari dalam sekali charging. Sementara untuk kondisi penggunaan aplikasi maupun fitur ponsel yang agak tinggi, baterai ponsel ini mampu bertahan sekitar satu harian.

XPower di Infinix Note 4 juga menyertakan beragam opsi penting, termasuk pengaturan untuk menghemat baterai (Ultra power saving). Jadi, Anda yang biasa traveling jauh tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai jika mengaktifkan mode hemat ini.

Menariknya lagi, Infinix Note 4 juga sudah ditopang dengan teknologi pengisian baterai cepat 18W yang disebut XCharge. Saat diuji coba, dalam kondisi baterai habis, PULSA melakukan pengisian menggunakan charger bawaan Infinix selama sekitar 15 menit dan baterai terisi hingga 20%.

Hardware

hardware

Infinix Note 4 ditenagai chipset MediaTek MT6753, dengan prosesor Octa-core 1.3GHz 64-bit yang dikombinasikan dengan RAM 3GB, internal 32GB serta menyertakan slot memori ekspansi dengan kapasitas maksimal hingga 128GB.

RAM

Kombinasi hardware yang di bawa Infinix Note 4 ini bekerja dengan baik di bawah komando sistem  operasi Android 7.0 Nougat. Tidak ada kendala berarti sepanjang pengujian, semua berjalan dengan normal. Bahkan proses booting pun bisa berlangsung dengan cepat.

benchmark

prosesor grafis Mali-T720MP3 yang diusung Note 4 sanggup menampilkan gambar yang halus tidak patah-patah. Untuk performa hardware secara keseluruhan, Anda bisa melihat hasil benchmark Infinix Note 4 ini di table yang tersedia.

Kamera Selfie dengan LED Flash

Meski tidak difokuskan untuk pecinta selfie, namun Infinix Note 4 ini menyertakan kamera depan yang dilengkapi beragam fitur keren. Sensor kamera depan beresolusi 8MP besutan Samsung di Infinix Note 4, lumayan apik untuk menjepret foto diri. Selain tersedia filter keren serta mode Face Beauty yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan selfie wajah yang lebih cantik serta keren, kamera depan ponsel ini juga dibekali LED Flash loh. Jadi, Anda tetap bisa selfie di tempat gelap tanpa masalah.

kamera-1

Bagaimana dengan group selfie yang membutuhkan angle luas? Di Infinix Note 4, sudut pengambilan foto selfie tidak seluas posel yang memang diperuntukan untuk selfie. Meski begitu, ponsel ini menghadirkan mode ‘Wideselfie’ yang merupakan perpaduan mode panorama dengan selfie.

Kamera Utama Berfitur Pro

Di bagian belakang, Infinix Note 4 memiiki kamera bersensor sama dengan resousi 13MP. Kerennya, kamera ponsel ini sudah disokong beragam mode dan fitur keren. Mulai dari opsi Night, HDR, Smile shot, gesture shot hingga mode Profesional.

kamera

Di pilihan Pro ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk melatih kemampuan fotografi. Beragam pengaturan manual bisa Anda terapkan. Seperti mengatur ISO, White Balance, Exposure hingga shutter speed.

Outdoor-makro

Untuk foto, kamera utama Infinix Note 4 mampu tampil prima. Hasil jepretannya tidak kalah dengan kamera ponsel high-end. Detil gambar dari subyek foto terlihat tajam, jernih dengan pancaran warna yang natural. White balance serta exposurenya pun terlihat berimbang.

Indoor

indoor-1

Outdoor

Outdoor

Outdoor-2

Outdoor-1

Dual SIM 4G LTE all Operator

Seperti sudah disinggung di awal, Infinix Note 4 menyediakan dua slot SIM card yang terpisah dengan slot memori microSD. Artinya, Anda bisa menyisipkan dua kartu SIM berbeda dengan aman, tanpa ribet harus bergantian dengan kartu memori layaknya beberapa ponsel sekelas yang menerapkan model SIM hybrid.

konektivitas

Note 4 juga memiliki kemampuan Dual Standby yang memungkinkan Anda untuk menikmati layanan selular di kedua nomor SIM tanpa hambatan.

Keuntungan lainnya, kedua slot SIM card yang dimiliki ponsel ini pun sudah mendukung jaringan 4G, dengan frekuensi LTE yang komplit. Semua kartu SIM 4G LTE operator di Indonesia bisa digunakan di Infinix Note 4. Sementara untuk data internet, jaringan 4G yang diusung ponsel ini memiliki LTE Cat.4.

Untuk sarana koneksi lainnya, Infinix Note 4 juga menyertakan WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi hotspot, Bluetooth 4.2, GPS dan micro USB yang mendukung kemampuan USB On The Go (OTG). Lewat fungsi OTG ini, Anda bisa menghubungkan flashdisk ke ponsel dengan lancar.

Multimedia

Di sektor multimedia, Infinix Note 4 menyertakan sarana yang cukup komplit. Mulai dari pemutar musik, video hingga radio FM. Player bawaan ini jadi pelengkap dari yang dibawa OS Android milik Google.

multimedia

Antarmuka player media yang dibawa Note 4 ini terbilang user friendly, dan tentunya nyaman dinikmati. Berbekal teknologi Sound enhancement dengan opsi BesLoudness, semburan suara yang keluar dari corong speaker di bagian bawah bodi jadi terasa cukup nendang. Bahkan dengan mengaktifkaan BesSurround, suara yang terpancar jadi lebih luas dan tetap nyaman didengar.

Untuk pemutar musik, Infinix Note 4 juga menyertakan pengaturan audio lanjutan berupa equalizer dengan mode musik yang beragam. Sementara untuk video player, dengan interface yang sederhana beragam format file video bisa dieksekusi dengan lancar. Poin plusnya, Anda bisa melakukan ‘Trim’ atau memenggal tayangan video langsung dari opsi yang ada di player dan menyimpannya loh.

Fitur Khusus

Infinix Note 4 sudah menggunakan platform Android 7.0 Nougat, yang dikombinasikan dengan XOS 2.3. Serupa S2 Pro, beragam fitur khas Infinix paling anyar pun dimiliki ponsel ini.

fitur-unik

Ada XHide. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk memproteksi aplikasi maupun data ponsel, semua file terlindungi oleh sistem pengaman khusus, bisa berupa password atau pun fingerprint.

Ada juga ‘Freezer’. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menghentikan aplikasi yang tidak digunakan, dan tentunya berguna untuk menghemat konsumsi memori.

Tidak kalah menariknya, ada ‘Multi Account’. Fitur baru di update XOS ini memungkinkan Anda untuk menduplikasi beragam aplikasi yang ada di Infinix Note 4. Artinya, Anda bisa memiliki dua aplikasi yang sama di satu ponsel dan dapat menggunakan akun berbeda.

Kesimpulan

Infinix Note 4 memiliki desain yang oke. Apalagi jika Anda memilih warna Ice Blue, tampilannya terkesan smooth dan elegan meski dibanderol cukup murah. Meski demikian, material glossynya membuat Anda mungkin harus sering-sering menghapus jejak sidik jari di bodinya. Demngan harag 2 jutaan, rasanya fitur yang ditawarkan Note 4 sudah lebih dari cukup.  BAterai dan layar besar, fast charging, dual SIM Standby dan kemampuan untuk terhubung dengan jaringan 4G LTE membuat Note 4 jadi pilihan menarik di smartphoen layar lebar harga 2 jutaan.

 

Last modified on Thursday, 02 November 2017 09:56

Go to top