Review Xiaomi Redmi 5 Plus: Penerus Redmi Note 4X, Upgrade Layar dan Kamera

Xiaomi-Redmi-5-Plus

Redmi Note 4X memang merupakan salah satu jajaran smartphone buatan Xiaomi yang tercatat laris di pasaran. Ponsel menengah dengan kinerja yang cukup mumpuni tersebut memang berhasil menyita perhatian para konsumen dengan layarnya yang jernih serta desainnya yang elegan berkat material berbahan alumunium yang digunakannya. Cocok dipakai bermain game, handset ini juga dijejali dengan beragam fitur istimewa khas MIUI yang bahkan setingkat di atas jajaran smartphone lain yang berada di pada rentang harga setara.

Di akhir tahun 2017, Xiaomi pada akhirnya melepas generasi penerusnya yang kini dijuluki sebagai Redmi 5 Plus. Mengusung layar penuh dengan aspek rasio 18:9, smartphone yang hadir dengan versi MIUI 9 terbaru ini hadir dengan banderol harga yang sama dengan pendahulunya. Mau tau lebih lanjut tentang ponsel ini? Simak ulasan selengkapnya lewat tulisan berikut.

unboxing-Xiaomi-Redmi-5-Plus

  • Paket Penjualan    : Handset, Silicon Case, Charger, Ejector Pin, Kabel Data, Manual Book, Warranty
  • Warna    : Hitam
  • Harga             : Rp 2.199.000 (Harga Resmi)

Desain Jangkung

depan-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Diposisikan pada kelas menengah, Redmi 5 Plus masih mempertahankan desain khas seri Redmi yang menonjolkan kesan mewah dengan cover belakang aluminium serta unibodi. Bagian belakangnya memang terlihat sama persis dengan pendahulunya Redmi Note 4. Perbedaan fisik keduanya baru terlihat ketika Anda melihatnya dari sisi depan.

belakang-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Dimensi Redmi 5 Plus jadi terlihat lebih jangkung mengingat besaran layar yang kini meningkat dari semula 5,5 inci menjadi hampir enam inci. Adanya perbedaan dari sisi dimensi ini pada akhirnya berdampak pada berat sang perangkat yang bertambah hingga 15 gram atau kini berbobot hingga 180 gram.Tata letak tombol dan port pada perangkat ini juga tidak mengalami perubahan dengan sisi kiri diisi oleh tombol daya dan volume.

volume-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Sementara, slot kartu hybrid nano SIM dan microSD juga menempati bagian kirinya. Adapun untuk bagian atas tersemat port audio yang berdampingan dengan noise-cancellation mic serta inframerah. Bersama aplikasi Mi Remote, pengguna kini dapat mengendalikan peralatan elektronik rumah tangga dari beragam merek cukup dengan smartphone ini.

sim-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Pilihan merek yang disediakan juga terbilang lengkap, meski tentu saja soal kompatibilitasnya akan sangat bervariasi tergantung pada tipe atau tahun produksi peralatan elektronik yang digunakan. Terakhir pada bagian bawah, Anda akan menemui port microUSB yang diapit oleh celah speaker.

speker-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Layar Luas Aspek Rasio Lebar

display-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Layar dengan penampang 5,99 inci tampak menghiasi area depan dari handset ini. Bagian bawahnya bahkan kini tidak lagi dilengkapi oleh tiga tombol navigasi seperti pendahulunya. Diadopsinya layar penuh dengan aspek rasio 18:9 membuat panel dari handset ini jadi punya resolusi yang tidak biasa yakni di angka 1080 x 2160 piksel. Sisi positifnya, kerapatan pikselnya jadi tidak berubah jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Sejumlah peningkatan terus diupayakan oleh Xiaomi guna memberikan pengalaman yang lebih baik saat harus menatap layar ponsel dalam jangka waktu lebih lama. Sebut saja penambahan mode baca yang akan mengurangi radiasi sinar biru untuk mengurangi kelelahan mata saat harus membaca di lingkungan yang gelap. Lebih okenya lagi, mode ini dapat Anda jadwalkan untuk aktif pada rentang waktu tertentu. Tidak cuma kecerahan yang bisa berubah secara otomatis, tingkat kontras dari layar ini juga akan berubah seiring dengan kondisi cahaya sekitar saat perangkat tengah digunakan. Suhu warna yang ditampilkan oleh panel juga dapat Anda atur sesuai dengan selera.

Berganti pada gesture, Anda dapat memilih beragam pilihan gerakan jari pada layar untuk menjalankan fungsi atau aplikasi tertentu. Contohnya, Anda bisa mengetuk ganda layar untuk membangunkan perangkat. Punya banyak fitur canggih, Redmi 5 Plus ini sayangnya memiliki banyak sekali pengaturan tersembunyi yang kerap sekali memusingkan bagi pengguna yang baru mengenal smartphone Xiaomi untuk pertama kalinya. Misalnya, fitur double tap to wake-up diletakkan pada pengaturan display, sementara gesture jari dan mode satu tangan justru berada di bawah menu ‘Additional Settings’.

MIUI 9 Berbasis Android 7.0

Bagi Anda para pengguna ponsel Xiaomi tentu sudah maklum dengan keberadaan MIUI sebagai antarmuka standar yang siap mempercantik tampilan dari sistem operasi Android yang dipakai oleh vendor asal Tiongkok ini. Layar depan tanpa laci aplikasi jadi ciri khas dengan seluruh ikon tampak berderet menempati panel yang berlokasi di sebelah paling kanan. Sementara panel tengah berisikan bilah pencarian di bagian teratas yang kemudian dihiasi pula oleh petunjuk waktu serta cuaca di bawahnya.

OS-dan-UI-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Adapun untuk bagian paling bawah tersemat empat ikon standar yang meliputi telepon, sms, browser dan kamera. Tepat di atasnya, pengguna akan menemukan beragam aplikasi bawaan dari sang vendor yang dikelompokkan dalam folder. Adapula pengaturan tema yang memungkinkan perangkat ini tampil lebih unik. Pilihan tema yang disajikan secara resmi oleh pabrikan maupun para pengembang pihak ketiga dipastikan siap mengakomodasi kebutuhan dan selera masing-masing pengguna. Demikian pula dengan database wallpaper yang disiapkan juga tak kalah lengkap. Sayangnya untuk membeli tema atau wallpaper berbayar, pengguna sepertinya harus melalui jalan yang cukup berliku jika ingin melakukan pembayaran dengan cara yang legal.

Beralih pada aplikasi yang dibenamkan, pengguna kini mendapatkan aplikasi perekaman layar secara bawaan. Sementara, aplikasi Mi Drop hadir perdana lewat MIUI 9 dengan fitur utama transfer data lebih cepat tanpa harus tergantung dengan koneksi data internet perangkat. Proses transfer data dilakukan dengan menghidupkan personal hotspot sehingga tidak tergantung pada ada atau tidaknya koneksi Wi-Fi di lingkungan sekitar pengguna. Lebih menariknya lagi, Mi Drop ini juga mendukung perangkat Android dari berbagai merek.

fitutr-khusus-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Tambahan fitur lain yang juga tak kalah menarik tentu saja adalah Mi Video yang memungkinkan pemutaran video dalam beragam format lengkap dengan dukungan subtitle berserta ukuran font atau pilihan warna. Lebih canggihnya lagi, Anda juga bisa memilih audio dari berbagai macam bahasa yang dijejalkan pada file video yang tengah diputar. Koleksi video milik Anda juga bisa Anda sembunyikan dalam Private Folder. Pengalaman dalam menikmati tayangan video dengan menggunakan aplikasi baru ini boleh dibilang sudah setara dengan pemutar video pihak ketiga seperti MX Player misalnya. Ke depannya, kami tentu berharap akan ada penambahan fasilitas network stream.

Berganti pada pengaturan, Anda kini dapat mengaktifkan layar terpisah yang merupakan fitur bawaan dari Android Nougat. Bundled notification dan quick reply sekarang juga bisa Anda temui pada panel notifikasi sang perangkat. Dengan demikian sekarang pengguna bisa melihat pemberitahuan yang dikelompokkan berdasarkan nama aplikasi serta menjawab setiap pesan masuk tanpa harus membuka aplikasi terlebih dulu. Kemudahan mengakses notifikasi ini kini juga diperluas dengan hadirnya pilihan tata letak menyatu dan terpisah. Jika Anda memilih tata letak menyatu, maka pengguna dapat notifikasi yang masuk dengan toggle aplikasi akan diletakkan pada area yang sama. Sedangkan dalam posisi terpisah, maka perangkat akan menampilkan notifikasi dan toggle pada panel yang berbeda.

Hardware Tidak Berubah

hardware-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Dengan banderol harga yang sama, Redmi 5 Plus menggunakan dapur pacu yang sama persis dengan Redmi Note 4. Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 dengan delapan core Cortex-A53 berkecepatan 2.0GHz masih dipercaya untuk menyokong kinerjanya. Handset Redmi 5 Plus yang kami uji kebetulan hadir dengan konfigurasi RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sementara bagi Anda yang mengidamkan perangkat yang lebih bertenaga dapat memilih varian RAM 4GB yang lagi-lagi dipasarkan pada label harga sama dengan Redmi Note 4 versi RAM 4GB.

benchmark-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Mengisi jajaran ponsel kelas menengah, Redmi 5 Plus tampil memuaskan seperrti pendahulunya. Ia dapat digunakan untuk bermain game HD dengan lancar tanpa kendala.

Jenis Aktivitas

Persentase pengurangan

Menonton video HD 60 menit

7

Mendengarkan musik 60 menit

4

Bermain game HD 60 menit

15

Browsing Internet LTE 60 menit

3

Terlebih lagi dengan baterai sebesar 4.000mAh yang tentu saja sanggup bertahan lebih lama. Luasnya memori internal yang disediakan tentu saja dapat Anda manfaatkan untuk menginstal beragam aplikasi produktivitas atau game untuk sekadar mengisi waktu. Sayangnya, slot kartu microSD miliknya masih harus menumpang pada kartu SIM2. Meski demikian ia mampu membaca memori eksternal dengan kapasitas yang cukup besar hingga seluas 128GB . Sebagai gambaran mengenai kinerjanya, serangkaian tes benchmark telah kami lakukan.

Anda dapat melihat hasil selengkapnya pada tabel yang disajikan.

Antutu

77259

3D Mark

463 (Sling Shot Extreme OpenGL ES)

426 (Sling Shot Extreme Vulkan)

PC Mark

4942

Base Mark OS II

1245 (Overall)

Geekbench (compute)

3352

GeekBench 4 | Single Core | Multi Core

865

4293

Kamera Bisa Rekam Video 2K

Tidak cuma layar, kamera dari Redmi 5 Plus kini juga berganti dari semula berukuran 13MP menjadi 12MP. Melihat bukaan lensa yang diusung, Redmi Note 4 tercatat unggul tipis dengan diafragma f/2.0. Menggunakan apperture f/2.2, jagoan menengah dari Xiaomi ini sudah dilengkapi pula dengan piksel sebesar 1.25µm yang menyertakan pula sejumlah fitur andalan seperti Phase Detection Autofocus, dual tone flash hingga HDR. Filter warna yang disematkan juga terbilang lengkap hingga berjumlah 17 buah yang bisa Anda lihat dulu sebelum melakukan pemotretan.

kamera-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Mode pemotretan yang dibenamkan juga menawarkan lebih banyak opsi mulai dari Panorama, Timer, Audio, Straighten, Manual, Beautify, Group Shot, Tilt Shift hingga Night. Pengambilan gambar panorama tentu saja memberi banyak keuntungan bagi Anda yang hendak mengabadikan momen liburan Anda. Adapun untuk pengaturan manual dari ponsel ini sayangnya hanya menyediakan pilihan untuk mengatur besaran ISO dan White Balance saja.

Beranjak pada pengambilan gambar pada kondisi cahaya berlimpah, Anda akan menemukan foto yang diproduksinya memiliki warna yang terlihat natural dengan detail yang baik. Sebuah gambar grafiti pada dinding yang diabadikan oleh kamera ponsel ini di siang hari memperlihatkan warna yang sesuai aslinya serta secara jelas menunjukkan adanya bercak-bercak putih yang berasal dari pengecatan warna tembok yang kurang merata. Sedangkan saat dipakai untuk pemotretan di dalam ruangan sebetulnya juga tidak terlalu jelek. Gambar miliknya menunjukkan kecenderungan warna yang tidak banyak berubah jauh dari warna saat pengambilan di luar ruangan.

Indoor

indoor-Xiaomi-Redmi-5-Plus

 

Outdoor

outdoor-Xiaomi-Redmi-5-Plus

Beralih pada pengabadian video, Redmi 5 Plus selangkah di atas Redmi Note 4 dengan dibekalkannya kemampuan untuk merekam video hingga resolusi 2160p. Jika pengguna menginginkan mengambil video slow motion, maka Anda dapat memilih resolusi 720p pada kecepatan frame 120fps. Meski terlihat mengesankan di atas kertas, namun perangkat ini sejatinya masih belum dibekali dengan fitur OIS. Oleh karenanya, PULSA menyarankan kepada pengguna untuk tidak banyak bergerak ketika mencoba mengabadikan momen menggunakan perekam video miliknya.

Kesimpulan

Kelebihan

Kekurangan

  • Desain apik layar penuh
  • Harga sepadan dengan performa
  • Bisa rekam video 2160p
  • Masih Android Nougat
  • Layar sebatas full HD
  • Masih Android Nougat


Jujur, ponsel ini memang terbilang sangat atraktif untuk ukuran ponsel harga dua jutaan. Mengadopsi tren ponsel layar lapang dengan aspek rasio 18:9, Redmi 5 Plus jelas masuk dalam kandidat perangkat yang amat layak untuk dibawa pulang. Beragam fitur dan aplikasi siap sajikan banyak pengalaman unik bagi pemakainya. Contohnya seperti Mi Drop, App Lock, Second Space, Dual Apps dan masih banyak lagi yang lainnya. Sisi lain yang juga cukup pantas mendapatkan perhatian adalah kamera belakangnya yang kini sanggup mengabadikan video dengan resolusi hingga 2160p. Jika ada sisi minus dari ponsel ini, maka tidak lain ada pada strategi penjualannya yang mengandalkan flash sale sehingga menimbulkan kelangkaan barang di pasaran.

Spesifikasi

Dimensi dan Berat

158.5 x 75.5 x 8.1 mm; 180 gram

SIM & Jaringan

Dual SimCard 4G LTE + GSM

Sistem Operasi

Android Nougat with MIUI 9

Supported storage eksternal

Ya (up to 128GB)

Layar inci – Tipe Screen

5.99” IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors (1080 x2160 piksel)

Prosesor/ CPU

Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53; Adreno 506

RAM & Internal Storage

3 GBRAM/ 32GB

Kamera (MP/fitur)

Belakang: Dual: 12 MP (f/2.2, 1.25 μm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama; video: 2160p@30fps, 1080p@30fps>; Depan: 5MP, 1080p

Baterai jenis (jenis)

4000mAh (non-removable)

Penulis: Galing

Last modified on Thursday, 22 March 2018 11:40

Go to top