Review Vivo V9: Menggoda dengan Kamera Selfie 24MP Plus Layar Penuh Berponi

Vivo-V9 review

Sukses memasarkan smartphone selfie dengan kamera beresolusi tinggi di bagian depan, Vivo siap mengulang sukses dengan menghadirkan smartphone selfie generasi terbaru yang hadir dengan fitur dan spesifikasi lebih up to date, Vivo V9.

Kehadiran Vivo V9 yang disiarkan langsung oleh 12 saluran televisi lokal dan dimeriahkan oleh artis papan atas Indonesia ini, tampil menarik dengan tampilan desain yang lebih modern, mewah dan elegan serta dipadukan dengan teknologi layar yang lebih up to date, fitur selfie yang lebih memanjakan pengguna serta fitur pendukung yang semakin memanjakan pengguna dalam beraktivitas sehari-hari.

Tiba di pasaran dengan label harga Rp 3.999.000 Vivo V9 juga ingin memberikan pengalaman baru kepada pengguna dalam berinteraksi dengan smartphone. Mulai dari aksi selfie yang lebih mudah, bermain game yang lebih nyaman serta aktivitas sosial media yang lebih tanpa batas.

paket-penjualan-Vivo-V9

  • Paket Penjualan     : Handset, Charger, earset, kabel data, buku manual, kartu garansi,  clear case, pin ejector
  • Warna             : Black, Gold
  • Harga             : Rp 3.999.00

Desain Ringkas dan Slim

desain-Vivo-V9

Mengadopsi tampilan desain smartphone terkini, Vivo V9 tampil slim dengan ketebalan hanya 7.9 mm. Selain itu, perangkat ini juga memiliki bobot yang cukup ringan dan dikombinasikan dengan ukuran layar khas ponsel masa kini yang memberikan kenyamanan baik digunakan dengan satu tangan, maupun dengan dua tangan. Satu hal yang menarik adalah ditanamkannya desain lengkung pada bagian belakang yang semakin memberikan kesan ergonomis sekaligus mewah.

blayar-depan-Vivo-V9

Mengusung konsep desain unibody, Vivo V9 hadir dengan panel layar besar berukuran 6.3 inci plus bezel yang tipis. Tak hanya itu, rasio body ke layar yang tertanam pada Vivo V9 mencapai 90%. Nilai plus lainnya, cover body belakang yang tertanam pada Vivo V9 diberikan sentuhan metal guna mempercantik tampiilannya.

Berbicara fungsionalitas desain yang tertanam, Vivo V9 hadir dengan antarmuka yang menggoda dengan tambahan “notch” atau poni untuk menempatkan kamera depan yang memiliki resolusi 24MP yang menjadi andalan Vivo dalam menggaet minat konsumen tanah air. Masih di bagian depannya, V9 hadir dengan dengan 3 tombol virtual yang tepat berada di bagian bawah layar yang tertanam.

Pada sisi kanan, Vivo menyematkan tombol power dan volumen secara berdampingan. Sementara pada sisi kiri tertanam Vivo menyematkan tiga slot sim card dan microSD secara terpisah.

sim-card-Vivo-V9

Masuk ke bagian bawah perangkat, Vivo mengakomodasi keinginan pengguna ponsel masa kini dimana Vivo menyematkan lubang audio di bawah perangkat. Pada bagian bawah tertanam pula port microUSB 2.0 serta lubang speaker.

kamera-belakang-Vivo-V9

Beralih ke bagian belakang perangkat telah tertanam kamera ganda dengan konfigurasi kamera 13 MP + 2 MP yang ditemani dengan lampu flash LED. Tertanam pula sensor pemindai sidik jari di bagian belakang yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melindungi perangkat yang dimilikinya.

Layar Jumbo dengan Teknologi Terkini
Hadir dengan teknologi layar smartphone masa kini, Vivo V9 mengadopsi layar berukuran 6.3 inci dengan resolusi FHD+ (1080 x 2280p). Layar yang tertanam ini memiliki kerapatan yang mencapai 400ppi yang membuat tampilan layar yang tertanam memilki ketajaman yang apik dalam mendukung aktivitas pengguna. Berbeda dengan perangkat smartphone berlayar penuh lainnya.

UI-Vivo-V9

Vivo V9 hadir dengan rasio layar 19:9 yang semakin memberikan kepuasan kepada pengguna dalam bermain game dan streaming video. Menemani hadirnya beragam teknologi layar yang tertanam pada Vivo V9, Vivo juga menyematkan beragam fitur yang tak hanya memberikan kenyamanan saat digunakan namun juga memberikan perlindungan mata saat menggunakan perangkat ini. Vivo menyematkan  beragam mode layar pada perangkat ini. Yang pertama adalah mode perlindungan mata, dimana mode ini ditujukan kepada pengguna yang sering melakukan aktivitas browsing.

Semakin memanjakan pengguna, Vivo menghadirkan tampilan layar yang dengan wallapaper yang bisa berubah secara otomatis. Hal ini berguna untuk menghindari kebosanan kepada pengguna dengan hanya menyematkan satu wallpaper saja.

os

Menghiasi pasar dalam waktu dekat, Vivo V9 membekali dirinya dengan OS Android 8.1 Oreo yang merupakan sistem operasi paling up to date untuk saat ini. OS yang tertanam dipadukan dengan tampilan antarmuka khas ponsel Vivo yakni Funtouch OS versi 4.0 yang tak hanya memberikan tampilan yang menawan namun juga hadir dengan beragam fitur baru yang berguna untuk mendukung aktivitas pengguna seperti hadirnya mode berkendara motor, AI Face Acces yang memberikan perlindungan perangkat dengan menggunakan wajah sebagai akses untuk membuka smartphone.

Dalam menggunakan Vivo V9 ada dua opsi yang bisa digunakan untuk melakukan navigasi. Yang pertama adalah dengan menggunakan tombol virtual. Yang kedua adalah menggunakan mode navigasi dengan gesture tertentu.

Selain beragam mode kemudahan yang sudah disebutkan di atas, Vivo juga menyematkan beragam mode gesture untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas mulai dari smart wake, gerakan tanpa menyentuh layar dan nyalakan/matikan layar cerdas dan panggilan cerdas. Tambahan lainnya adalah gesture lain dengan menggerakkan ponsel untuk menghidupkan senter.

Bertenaga dengan RAM 4GB dan ROM 64GB
Masuk ke sektor kinerja, Vivo V9 hadir dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragone 450 yang di dukung dengan teknologi terkini dengan fabrikasi 14nm. Chipset yang tertanam ini memiliki dukungan prosesor octa-core 1.8GHz dengan kombinasi grafis Adreno 506. Chipset yang tertanam ini juga berkolaborasi dengan RAM sebesar 4GB dan memory internal sebesar 64GB untuk menambah kinerja perangkat dalam mendukung aktivitas pengguna. Seperti diketahui, chipset yang ditanamkan pada Vivo V9 ini sudah teruji kualitasnya dalam mendukung aktivitas pengguna dalam beragam aktivitas seperti bermain game, fotografi, sosial media hingga menikmati konten multimedia.

Performa yang ditawarkan perangkat mampu mengakomodasi semua kebutuhan pengguna. Hal ini juga dibuktikan oleh kami dengan menguji kinerja perangkat ini dengan aplikasi benchmark yang biasa kami gunakan mulai dari Antutu, Basemark, GeekBench 4, 3D Mark hingga PCMark.

benchmark-Vivo-V9

Tak hanya menguji dengan aplikasi benchmark, kami juga menguji perangkat ini dengan memainkan game ringan seperti Mobile Legends dan Super Mario Run. Hasilnya, Vivo V9 mampu menghadirkan kinerja tanpa adanya hambatan. Selain itu, V9 juga mampu menampilkan grafis yang tajam dengan detail dan saturasi warna yang memikat

Anda dapat melihat hasil selengkapnya pada tabel yang disajikan.

Antutu v6.2.7

76785

GeekBench 4

Single-core 775

Multi-core 4017

Compute 3338

PC Mark Work 2.0

4452

3D Mark (Sling Shot Extreme)

439

BaseMark II

1140

Baterai Tahan Lama
Puas menguji kinerja perangkat dengan aplikasi benchmark dan bermain game, kini giliran kami untuk menguji daya tahan baterai yang tertanam pada Vivo V9. Seperti diketahui, Vivo V9 hadir dengan baterai non-removable Li-Ion berkapasitas 3260 mAh. Sebuah ukuran baterai yang cukup besar di kelasnya.

Seperti biasa, dalam pengujian baterai yang tertanam kami menggunakan 4 variabel pengujian dimana masing-masing pengujian dilakukan selama 60 menit.

Hasilnya bisa anda lihat di tabel bawah

Jenis Aktivitas

Persentase pengurangan

Game HD Play

15%

Browsing 3G/4G

12%

Video HD Playback

11%

Music Playback

9 %

Kamera Depan dengan Kecerdasan Buatan
Fasilitas fotografi menjadi andalan utama pada Vivo V9 untuk menggaet minat konsumen. Bagaimana tidak, perangkat ini hadir dengan kamera depan beresolusi 24 megapiksel dengan kombinasi fitur pintar yang memberikan kemudahan dalam penggunaannya.

Dengan kamera depan yang tertanam, pengguna tak hanya bisa melakukan foto selfie berkualitas tinggi, namun pengguna juga bisa berkreasi dengan kamera depan yang tertanam dengan beragam fitur yang tertanam di dalamnya.

Kamera-Vivo-V9

Pada proses pengujiannya, kami terkesima dengan performa kamera depan yang tertanam. Kamera depan yang tertanam ini mampu menghadirkan kualitas foto selfie yang tajam dan jernih dengan kecerahan dan saturasi warna yang pas. Kamera selfie yang dihadirkan juga memiliki fitur AI Face Beauty yang merupakan fitur fotografi cerdas dengan mengacu pada database dari hampir pengguna selfie di seluruh dunia yang mampu mendeteksi jenis kelamin, usia, warna dan tekstur kulit si pelaku selfie. Dengan kecerdasan ini, Vivo V9 menghadirkan foto selfie yang memiliki kualitas yang tajam dan indah.

stiker

Yang menarik adalah fitur AR Sticker, dimana pengguna selfie bisa berkreasi dengan menambahkan dekorasi pada aksi selfie yang dilakukan. Dengan menambahkan stiker pada setiap foto selfie yang dilakukan, pengguna bisa berkreasi dengan hasil yang lebih lucu, keren ataupun menggemaskan.

selfie v9

Hadir pula fitur AI Selfie Lighting, dimana dengan algoritma yang tertanam pada Vivo V9 mampu mengubah foto 2D menjadi model 3D untuk memproses pencahayaan. Dengan fitur ini, V9 dapat mengatur efek cahaya yang di sesuaikan dengan kondisi ruangan.

Indoor

Vivo-V9-Indoor

 

Outdoor

Vivo-V9--Outdoor

Tak hanya prima pada kamera depan yang tertanam, kamera belakang yang tertanam pada Vivo V9 juga cukup mumpuni dalam mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam melakukan aktivitas fotografi. Membenamkan kamera belakang dengan konfigurasi 13 MP dan 2 MP yang di support dengan algoritma AI Bokeh, mampu menghadirkan efek bokeh pada aktivitas foto yang dilakukan, selain itu kamera belakang yang tertanam juga dibekali dengan fitur after focus dimana pengguna bisa menentukan titik fokus yang di inginkan setelah foto di lakukan. Dengan kedua fitur yang tertanam ini semakin memanjakan pengguna dalam mengeksplor kreativitas pengguna. Fitur penting lain yang juga hadir pada perangkat ini adalah AI HDR dimana pengguna bisa mendapatkan foto HDR dengan kualitas foto yang jernih, natural dan kaya warna.

Menemani kedua fitur yang tertanam, Vivo juga menyematkan beragam fitur pendukung lainnya mulai dari mode Ultra HD, Slow-motion, Time Lapse, Profesional dan PPT.

Fitur Unik
Dengan beragam keunggulan yang tertanam pada Vivo V9, Vivo juga menyematkan beragam fitur pendukung yang memberikan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas. Fitur pertama yang ingin kami bahas adalah AI Face Access, fitur ini memberikan perlindungan smartphone dengan menggunakan wajah pengguna sebagai media perlindungan perangkat. Dengan AI Face Access ini, pengguna semakin terlindungi dari pencurian data pengguna.

fitur-unik-Vivo-V9

Berikutnya adalah mode berkendara. Dengan mode ini, pengguna yang sering melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua bisa mengatur panggilan yang masuk dengan menolaknya secara otomatis. Setelah menolak panggilan, pengguna bisa mengatur perangkat untuk mengirimkan pesan kepada si penelpon yang menginformasikan si pengguna sedang dalam melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Dengan mode berkendara ini, semua notifikasi yang masuk bisa disenyapkan.

Mode kedua yang cukup menarik perhatian adalah mode game. Bagi Anda yang doyan bermain game. Mode ini sangat berguna ketika Anda bermain game dan tak ingin diganggu dengan notifikasi yang masuk secara tiba-tiba yang bisa mengganggu konsentrasi pengguna dalam bermain game.

Selain itu, Vivo juga menyematkan beberapa aplikasi yang memberikan kemudahan pengguna dalam berbagi data kepada pengguna lain. Adalah Easy share, dengan aplikasi ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk berbagi file berukuran besar tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Kesimpulan
Dengan label harga Rp. 3.999.000,  Vivo V9 tak hanya menawarkan fitur fotografi sebagai jualan utamanya, perangkat ini juga dibekali dengan desain ponsel masa kini yang menampilkan kemewahan dan fungsionalitas yang bisa membantu aktivitas pengguna. Tak hanya itu, Vivo V9 juga dibekali dengan beragam fitur yang memberikan kemudahan pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari mulai dari bermain game, saat melakukan perjalanan ataupun memberikan kemudahan saat menggunakan perangkat ini.

Kelebihan

Kekurangan

  • Layar Penuh Berponi
  • Kamera Ganda di Belakang
  • Kamera Selfie 24 MP Plus AI
  • Kinerja Mantap
  • Android 8.1 Oreo
  • Kover Belakang Plastik

Penulis: Deni Hardian / @deni_hardian

Last modified on Thursday, 12 April 2018 10:11

Go to top