Review OPPO F7: Layar Berponi, Teknologi A.I Makin Pintar

Oppo-F7

Di produk terbarunya ini, OPPO kembali membuktikan ‘kedigdayaannya’ sebagai produsen smartphone yang mengutamakan keunggulan kamera selfie. Berbekal inovasi terbarunya, OPPO F7 membawa Artificial Intellegence ke level yang lebih tinggi. Tidak hanya untuk selfie yang lebih natural, teknologi A.I di smartphone ini juga diterapkan untuk mengatur fungsi manajemen sistem smartphone dan juga manajemen daya.

Selain itu, performa hardware yang dibawa oleh smartphone berlayar penuh dengan ‘poni’ trendi ini pun digadang-gadang menjadi yang terbaik di kelasnya. Kira-kira, dengan banderolan harga sekitar Rp 4 jutaan apakah kinerja keseluruhan OPPO F7 ini pantas untuk dibanggakan?

  • Paket Penjualan     : Handset, Charger, Headset, Kabel Data, Buku Manual, Kartu Garansi, Soft Case, Sim Ejector
  • Warna                     : Sunrise Red, Moonlight Silver
  • Harga                      : Rp 4.199.000

Desain Glossi, Bahan Plastik Rentan Baret

Oppo-F7-desain

Di produk ini, OPPO sedikit merubah konsep desain dari prangkatnya. Tidak lagi ergonomis dengan bodi yang memiliki struktur 2.5D alias agak melengkung, melainkan tampil ‘flat’ ala Sony Xperia Z Series. Kesan ini sangat jelas terlihat dari sisi belakang bodi yang terlihat datar, mulai dari bagian atas hingga bawah.

Selain itu, OPPO juga sedikit men-downgrade kualitas material yang membalut bodi. Sama seperti F5, di OPPO F7 pun cover belakang hanya menggunakan plastik polikarbonat dengan finishing seakan mirip logam berlapis kaca dengan efek glossi yang mudah kotor oleh bekas sidik jari. Minusnya, tanpa lapisan kaca anti gores, cover belakang ponsel ini akan mudah baret oleh benda-benda tajam. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati saat meletakan perangkat ini.

Soal ini, OPPO sepertinya cukup mengerti kekhawatiran pengguna. Dan di paket penjualan OPPO F7 ini sudah dilengkapi dengan softcase. Aksesoris ini juga berfungsi ganda sebagai pelindung sensor kamera belakang yang secara fisik terlihat agak menonjol dan rentan rusak.
Super Full Screen, Apik dan Berponi

layar-utama-Oppo-F7

Layar penuh menjadi tren smartphone masa kini. OPPO pun ‘latah’ menerapkan konsep desain dengan full screen display berponi (notch) yang dipopulerkan oleh iPhone X. Sebagai informasi, OPPO di China sejatinya sudah lebih dulu mengantongi paten terkait layar berponi ini loh. Oleh OPPO, layar penuhnya ini dijuluki Super Full Screen dan di F7 ini versinya 2.0. Untuk mengakomodir layar yang penuh ini, OPPO tidak menghadirkan satu pun tombol fisik di depan.

kamera-belekang-Oppo-F7

Berbeda dengan kebanyakan smartphone full view yang hanya memiliki layar dengan aspek rasio 18:9, di OPPO F7 ini layarnya 19:9 dengan rasio kebodi mencapai 89.09%. Artinya, layar ponsel ini memiliki ukuran yang lebih luas namun dikemas dalam bodi yang tetap ramping. Jadi, tetap nyaman digenggam.

sim-card-Oppo-F7

Meski bukan kategori flagship, namun untuk urusan layar OPPO cukup dermawan. Di F7 ini, OPPO menanamkan layar LTPS berukuran 6.23 inci dan sudah memiliki resolusi FHD+ (2280x1080 piksel). Kebayangkan gimana jernih dan tajamnya gambar yang tertampil di layar F7. Sepanjang pengujian, kami memang merasakan sensasi tersendiri dari layar full screen ini, terlebih ketika bermain game. Namun, saat menonton video dan diset ke full screen, ternyata video yang tertampil seolah-olah ditarik (stretch).

Uniknya, konsep layar full screen berponi yang dimiliki OPPO F7 ini benar-benar bisa menampilkan konten ponsel dengan penuh. Bahkan, bagian kecil layar yang ada di sisi poni tempat bercokolnya kamera depan bisa menampilkan fungsi-fungsi khusus seperti screenshot, screen recording, banner notification block, bahkan Instant messaging notification. Fungsi ini memang tidak sekeren dan seberagam milik iPhone X, tapi lumayan lah sebagai daya tarik.

Tidak hanya itu, layar penuh di F7 ini juga menghadirkan beragam pembaharuan di sisi navigasi serta notifikasi menu. Termasuk  app-in-app yang memungkinkan Anda melihat notifikasi kecil di bagian atas layar dari fitur lain saat bermain game atau menonton video. Yang tidak kalah kerennya, F7 juga mendukung full screen multitasking dan juga split-screen.

Masih terkait area muka, layar OPPO F7 juga sudah dilapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Setidaknya masih cukup aman dari benda tajam, tapi belum tentu anti pecah loh. Jadi, jangan sengaja dibanting-banting apalagi dilempar ke pacar pas marahan.
Untuk urusan pengaturan display, OPPO menyertakan opsi yang cukup mudah dioperasikan. Anda bisa mengatur tingkat brightness secara manual maupun otomatis, termasuk menyesuaikannya dengan kondisi cahaya sekitar. Plusnya, layar OPPO F7 juga sudah dilengkapi fitur pelindung mata dari efek cahaya biru yang berlebihan. Fitur ini disebut dengan istilah Night Shield.

Kamera Selfie 25MP plus A.I Terbaru
Selain layar full screen, kamera selfie adalah unggulan utama smartphone yang tetap membawa jargon Selfie Expert & Leader ini. Di F7, OPPO menanamkan sensor kamera terbaru besutan Sony yakni IMX 576 dengan resolusi 25MP. Dan digadang-gadang sebagai salah satu smartphone pertama yang menggunakan sensor kamera Sony paling anyar tersebut.

kamera-Oppo-F7

Meski tanpa sokongan kamera ganda, OPPO F7 memiliki kamera dengan fitur dan fasilitas yang tidak kalah tangguh dari smartphone flagship. Kamera depannya saja sudah mendukung High Dynamic Range (HDR) real-time berupa hardware yang khusus dipersiapkan OPPO untuk menghasilkan foto berkualitas di segala kondisi.

Lewat fungsi ini, selfie di lokasi berpencahayaan tinggi semisal di bawah sinar matahari atau pada kondisi dengan cahaya yang kuat di belakang subjek foto, tetap dapat menghasilkan gambar dengan detil yang tajam, kontras yang baik dan lebih kaya warna. Tidak over exposure maupun kelebihan cahaya yang di beberapa smartphone malah membuat foto jadi kurang keren. Untuk selfie yang lebih keren lagi, kamera depan OPPO F7 juga menyertakan mode super Vivid dan juga bokeh.

hasil-kamera-indoot-Oppo-F7

Tidak hanya memiliki resolusi terbesar untuk kamera depan, OPPO F7 juga disokong teknologi A.I Beauty 2.0 yang membawa beragam peningkatan penting. Salah satunya adalah kemampuan mendeteksi lebih banyak titik wajah. Jika di OPPO F5 hanya sekitar 254 titik wajah, di OPPO F7 mampu memindai 296 titik wajah dengan spesifik. Fungsi selfienya juga secara tepat dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah baik untuk pria dan wanita dalam sebuah foto group selfie, serta membuat tiap subjek tampil dengan karakter masing-masing.

kamer-indoor-Oppo-F7

Menariknya, kecerdasan buatan terbaru di F7 ini akan mempelajari kebiasaan pengguna dalam melakukan penyesuaian seperti pada fitur beautify. Dan A.I secara otomatis akan mengaplikasikan penyesuaian yang sama pada proses pengambilan foto berikutnya.

kamera-outdoor-Oppo-F7

Selain itu, kamera depan OPPO F7 juga memiliki beberapa fitur baru diantaranya Cover Shot Feature yang memungkinkan pengguna dapat bermain dengan saturasi warna saat sedang berfoto selfie, dan meningkatkan kontras warna antara pakaian yang digunakan dengan latar belakang foto. Selfie dapat disesuaikan sehingga menghasilkan gambar seperti layaknya pemotretan sebuah cover majalah.

Ada juga AR Stickers,berupa stiker–stiker  unik yang bisa diterapkan secara langsung saat selfie maupun foto menggunakan kamera belakang. Hasilnya, bisa dibagikan ke media sosial juga loh. Fitur ini sejatinya sudah banyak ditawarkan oleh smartphone flagship dan banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi mobile live streaming.

outdoor-Oppo-F7

Beralih ke kamera belakang. Di F7, OPPO sepertinya tetap mengadopsi apa yang ada di OPPO F5. Kamera utama ini hanya berkekuatan 16 MP dengan aperture F/1.8. Soal kualitas, tentunya tidak perlu diragukan lagi. Selain menyediakan beragam mode keren termasuk opsi expert (manual), kamera belakang ponsel ini juga bisa menghasilkan foto bokeh layaknya kamera depan loh.

fokus-outdoor-Oppo-F7

ColorOS Anyar dengan A.I Technology
OPPO F7 yang diuji kami sudah membawa platform Android 8.1 Oreo, yang dikombinasikan dengan antarmuka ColorOS paling anyar yakni versi 5.0. Peningkatan ini secara teknis membuat kinerja sistem jadi lebih cepat dan gegas, apalagi OPPO juga mulai mengkombinasikannya dengan teknologi Atificial Intellegence (A.I).

Ada tiga fungsi yang mendapat sentuhan A.I di ponsel ini. Pertama A.I Album, yang memudahkan Anda menyusun katalog foto berdasarkan wajah, nama, tempat pengambilan foto bahkan event khusus dalam foto termasuk memories. Konsepnya sih tidaak jauh beda dengan

Google Photos yang sudah menjadi fasilitas default di perangkat Android.
Kedua adalah A.I Board. Di sini fitur yang cukup menonjol adalah split screen. Dan terakhir adalah A.I Battery Management, yang dapat membuat perangkat dapat mengatur manajemen system secara mandiri termasuk pendistribusian sumber daya sehingga smartphone akan memberikan performa terbaiknya saat dibutuhkan. Dengan fitur ini, OPPO F7 berjalan 80% lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya. A.I Battery Management juga memberikan pengaturan daya yang membuat baterai berkapasitas 3400 mAh OPPO F7 akan bertahan lebih lama.

Di sektor keamanan ponsel, selain fingerprint yang responsive dan bisa membuka lockscreen dengan cepat, OPPO F7 juga disoong A.I Faciaal Recognition Unlock. Performanya juga tidak kalah dengan sensor sidik jari, bahkan bisa membuka layar hanya dalam hitungan 0,08 detik saja. Hanya saja, fitur face unlock ini tidak bisa berfungsi baik jika layar ponsel dalam kondisi gelap (blank screen).
Sebagai tambahan, platform OS terbaru yang dibawa OPPO F7 juga menghadirkan peningkatan di beberapa fungsi seperti ClonApps yang kini sudah bisa mendukung banyak aplikasi, tidak hanya WhatsApp dan BBM tapi sudah bisa Facebook, Line dan juga Instagram. Di ponsel ini, OPPO juga mulai meningkatkan kemampuan screen recording termasuk fungsi long screenshot.

Performa Terbaik di kelas Mid-end
Jika vendor lain kurang memperhatikan kinerja hardware di perangkat selfienya, OPPO justru sangat concern di bagian ini. Di F7, OPPO membenamkan chipset terbaru milik MediaTek yakni Helio P60. Prosesornya Octa-core 64-bit  yang terdiri dari 4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53. Jeroan ini juga dikombinasikan dengan 4GB RAM plus 64GB penyimpanan internal, yang bisa diajak berakselerasi dengan baik.

hardware-Oppo-F7

Sepanjang pengujian, kami tidak menjumpai gangguan hardware maupun sistem ketika F7 digunakan menjalankan aplikasi. Bahkan, untuk main game pun tetap lancar jaya. Di sini, keunggulan OPPO ada di manajemen hardware yang cukup baik, plus sokongan beberapa fitur penting semisal Game Acceleration yang sejatinya sudah ada di OPPO F5 Series.

Seperti halnya F5 Series dan beberapa seri lain, OPPO F7 pun dibekali dengan triple slot yang terdiri dari 2 slot kartu SIM berjenis nano dan satu slot microSD dengan kapasitas maksimal 256GB. Menariknya, slot SIM card di F7 mendukung Dual 4G VoLTE yang memungkinkan Anda dapat menggunakan dua 4G SIM card secara bersamaan. Saat salah satu SIM Card digunakan untuk nelpon, SIM card lain dapat digunakan berbarengan untuk data internet.

Tes Benchmark

Antutu v7.0.7

137237

Geekbench CPU

1531 (Single-core), 5808 (Multi-core)

Geekbench Compute

5482

3D Mark (Sling Shot Extreme)

1081

NenaMark3

3-2

Tes Baterai

Jenis Aktivitas

Persentase pengurangan

Game HD Play

4%

Browsing 3G/4G

7%

Video HD Playback

6%

Music Playback

3%

Kesimpulan
F7 bisa jadi pembuktian OPPO dalam menghadirkan smartphone selfie terbaik tanpa tapi. Berbekal kamera depan 25MP plus teknologi Artificial Intelligence (A.I) terbaru, yang disokong beragam fitur terkini, konsep desain full screen berponi rasanya masih cukup menjanjikan untuk bersaing di kelas menengah.

Kelebihan

Kekurangan

  • Chipset Helio P60
  • Kamera depan 25MP plus A.I Technology
  • Super full screen dengan aspec ratio 19:9
  • Fingerprint, Face Unlock
  • Bodi belakang plastik glossi, mudah kotor dan rentan baret
  • Tidak dual camera
  • Tanpa radio FM


Tidak hany kamera, OPPO juga cukup menonjolkan sektor hardware. Jeroannya sudah menggunakan chipset paling baru besutan MediaTek, dengan kemampuan akselerasi terbaik dalam menjalankan platform Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.0 yang hadir dengan beragam peningkatan penting.

Penulis:  Hairuddin Ali / @hairuddin_ali

Last modified on Monday, 30 April 2018 15:12

Go to top