Reolink Argus Pro : Kamera Lingkungan Pintar dengan Banyak Fitur

cover

Merasa aman di rumah dan lingkungan sendiri tentu menjadi dambaan setiap keluarga. Namun terkadang, kita kesulitan untuk memantau sudut-sudut rumah kita karena letaknya yang tersembunyi. Demikian juga jika sedang bepergian, kita tidak selamanya dapat mengawasi 24 utuh.

Memiliki kamera pengawas yang bekerja  24 jam menjadi salah satu alternatif untuk mengawasi kemananan lingkungan. Tak hanya membantu kamu memonitor kondisi lingkungan sekitar, namun juga bisa mengantisipasi berbagai tindak kejahatan yang mungkin akan terjadi.

Salah satu produk kamera pengawas (security camera) yang beredar di pasaran adalah Reolink Argus® Pro. Keunggulan produk ini ada pada fleksibilitas dan portabilitasnya. Kamera Argus Pro dapat dipantau dimana saja dengan menggunakan smartphone atau komputer. Bentuknya yang ringkas dan 100% nirkabel membuatnya bisa ditempatkan di sudut mana saja di lingkungan Kamu.

Kamera dan Isntalasi Hardware

Jika digabung dengan baterai, dimensi kamera Argus Pro kira-kira seukuran kepalan tangan anak remaja. Kamera langsung menyala saat dipasangkan baterai dan Argus Pro ini tidak menyertakan tombol power on/off. Unitnya tampil minimalis dengan polesan dua warna saja yaitu hitam dan putih. Di bagian depan, Kamu akan menemukan lubang kamera, sensor inframerah, lampu LED, dan lampu indikator. Di bagian bawah terdapat lubang mikropon yang digabung dengan lubang speaker. Ya, unit Argus Pro ini memiliki mikropon 2 arah dimana selain bisa memonitor suara, Kamu juga melakukan percakapan  dengan subyek yang ada di depan kamera.

Lampu-led

Pengunci baterai terletak di bagian atas belakang sedangkan port micro USB terletak di bagian tengah belakang. Ada kode QR di bagian bawah yang tidak boleh Anda kelupas karena kode tersebut berfungsi untuk menyambungkan unit kamera Argus Pro dengan smartphone atau komputer.

slot-micro-SD

Di sisi kiri terdapat slot micro SD (micro SD tidak termasuk dalam pembelian) dan tombol reset. Unit kamera dapat diletakkan berdiri di sudut ruangan atau di-mounting di permukaan horizontal dengan bantuan stand yang bisa dibaut di bagian bawah kamera. Jika diletakkan di tembok, Kamu membutuhkan baut sebagai penahan. Jika Kamu ingin meletakkan di tiang atau pohon, bisa menggunakan bantuan belt yang sudah ada di paket pembelian.

pemasangan-kamera

Hampir sama, panel surya atau solar panel sebagai pengisi daya kamera bisa diletakkan dengan menggunakan stand atau di-mount ke tembok. Agar terhubung dan mengisi saya kamera, Kamu tinggal mencolokkan kabel micro USBnya ke bagian belakang kamera Argus Pro.

panel-surya

Pengaturan Smartphone

Kamer Argus Pro bisa dipantau melalui smartphone berbasis iOS dan Android, dan juga melalui komputer dengan sistem operasi Mac maupun Windows.

Kali ini kita akan melakukan pengaturan pemantauan kamera melalui smartphone berbasis Android.

aplikasi-Reolink

Langkah-langkahnya cukup mudah. Kamu harus mengunduh aplikasi Reolink melalui Google Play Store dan menginstalnya. Saat pertama kali dijalankan, aplikasi Reolink akan meminta ijin untuk mengakses beberapa fungsi smartphone seperti audio, file, dan kamera.

Setelah itu, Anda akan diberikan pilihan untuk terhubung ke kamera melalui koneksi Wi Fi ataupun langsung secara peer to peer. Kali ini Kami akan melakukan pengaturan untuk pemantauan kamera melalui smartphone.

cara-kerja-aplikasi

Untuk melakukannya, Kami memilih opsi “Connect to Wi-fi”. Selanjutnya ada beberapa instruksi suara yang keluar dari kamera Argus Pro dan harus Kamu ikuti step by step. Isilah dengan nama Wifi beserta passwordnya jika aplikasi Reolink menanyakannya. 

wifi-reolink

Langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan kamera ke Wi-Fi. Kamu akan diminta untuk memindai QR code yang ada di bagian belakang kamera dengan smartphone agar keduanya terhubung dengan Wi-fi yang sama. Pemindaian QR code sebaiknya dilakukan di tempat yang cukup cahaya dengan jarak tak lebih dari 20 cm. Setelah langkah ini berhasil, Kamu diminta untuk memberi nama kamera Argus Pro tersebut, misalnya “kamera rumah.”

Device-setting-aplikasi-reolink

Jika berhasil, Kamu akan langsung melihat tayangan hasil kamera Argus Pro di layar smartphone Kamu. Tampilannya bisa diperlebar menjadi full display.

Hasil-kamera-Reoling

Di bagian bawah jendela monitor, Kamu bisa melihat beberpa fungsi dasar seperti tombol pause, mode perekaman gambar, perekaman video, pengaturan resolusi, dan pengaturan warna. Di mode pengaturan resolusi, Akmu bisa memilih apakah akan menggunakan  mode fluent dimana resolusi bisa berubah-ubah sesuai kualitas koneksi, atau tetap menggunakan 1080 HD. Untuk tipe pengaturan warna, Kamu bisa memilih akan menggunakan warna hitam putih, berwarna, atau kamera akan memilihkan secara otomatis. Foto dan video yang Kamu rekam langsung disimpan ke memori smartphone.

pengaturan-kamaera-Reolink

Kamu juga bisa membunyikan sirine dengan menekan ikon lonceng di bagian atas. Alarm akan berbunyi melalui speaker kamera untuk mengingatkan orang atau obyek yang hendak memasuki lingkungan Kamu tanpa ijin.

Jika Kamu hendak berkomunikasi dengan orang yang berada di dekat kamera, Kamu bisa mengaktifkan fungsi berbicara dengan menekan tombol “Talk” di bagian bawah.

Jika Kamu mengaktifkan fitur PIR sensor (Passive Infrared Sensor), maka kamera bisa memberikan peringatan ke Kamu saat menangkap pergerakan obyek. Peringatan tersebut bisa berbentuk notifikasi yang dikirimkan melalui email, rekaman secara otomatis, hingga mengaktifkan fungsi sirine.

setting-kamera-reolink

Berbagai pengaturan lainnya bisa Kamu temui di menu setting. Reolink juga menyediakan fasilitas cloud dimana Kamu dapat menyimpan foto dan video di sana.  Video dan foto yang tersimpan di Cloud aman karena menggunakan protokol HTTPS. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur “auto uload to cloud.” Jika diperlukan.

Kamu juga bisa memantau kamera Argus Pro melalui komputer dengan mengunduh software clientnya di situs resmi Reolink. Selain melalui jaringan Wi Fi, Kamu juga bisa memonitor kamera Argus Pro melalui jaringan internet baik fixed line maupun koneksi 3G/4G dengan mensetting alamat IPnya terlebih dahulu.

Argus-Pro

Spesifikasi

Hardware

Model

Reolink Argus® Pro

Sensor kamera

CMOS Image Sensor

Resolusi display

1920 x 1080 (2.0 Megapixel)

Tipe lensa

f=3.26mm Fixed, F=2.2, With IRCUT

Sudut lensa

Diagonal:130°

Jarak deteksi PIR

rendah: 2-4 Meters, medium: 4-6 Meters, tinggi: 6-9 Meters

Sudut deteksi PIR

Horizontal: 120°

Minimum Illumination

0 Lux (With IR Illuminator)

Jarak infra merah

Lebih dari 10 Meter

Dimensi

96 X 58 X 59 mm

Bobot

230g

Interface

Built-in Micro SD slot

Built-in Microphone dan Speaker

Port pengisi daya Micro USB

Tombol reset

Software

Protocols dan Standard

SSL, TCP/IP, UDP, SMTP, DHCP, DNS, P2P

Kompresi gambar

H.264

Frame rate maksimal

15fps

Code Rate

768Kbps ~ 2048Kbps

Audio

Two-way Audio

Dukungan browser

Tidak ada

Dukungan sistem operasi

iOS, Android, Windows, Mac

Penggugah Standby

Alarm PIR, akses remote, tombol reset

Mode perekaman

PIR Alarm Record

Wifi

Standar nirkabel

IEEE 802.11b/g/n

Frekuensi operasi

2.4GHz

Keamana nirkabel

WEP/WPA-PSK/WPA2-PSK

Baterai

Tipe dan spesifikasi

18650 rechargeable lithium battery/5200mAh/3.63V, Supports solar power

Battery Level Indication

Ada

Rata-arat hidup

4-6 bulan

Parameter lain

Temperatur (saat dioperasikan)

-10~+55

Kelembaban (saat dioperasikan)

20% ~ 85%

Ketahanan

Weatherproof IP65

Kelengkapan
Sistem kamera keamanan Reolink Argus Pro ini terdiri dari dua boks utama. Pertama adalah boks unit kamera Reolink Argus Pro dan boks Reolink Solar Panel.

kemasan-Reolink

Di dalam paket kamera, terdapat unit kamera Argus Pro, baterai, buku panduan, cover silikon, stand, baut, kabel micro USB, dan belt.

Unboxing-Reolink

Sedangkan pada boks solar panel terdapat unit solar panel itu sendiri, baut, stand, dan buku panduan penggunaan.

Unboxing-Reolink-1

Kesimpulan
Sebagai pemantau lingkungan, kamera keamanan Reolink Argus Pro memiliki ragam fitur yang menarik. Instalasi dan penggunaannya sangat mudah. Begitu pula dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Selain detektor gerakan dengan sensor PIR, Argus Pro juga dapat menyimpan hasil tayangan ke smartphone, komputer, maupun cloud. Ditambah fasiliats panel surya, Kamu tak perlu lagi khawatir kamera Argus Pro akan kehabisan baterai saat beroperasi. Unit kamera Argus Pro dijual dengan kisaran harga Rp1.800.000 hingga 2.469.000. Sedangkan panel suryanya dijual seharga 500 ribuan. Meski terbilang agak mahal, namun mengingat fiturnya yang sangat membantu untuk pengamanan lingkungan, Argus Pro sepertinya bisa jadi alternatif paket kamera pengaman untuk rumah Kamu.

 

Last modified on Sunday, 28 October 2018 07:06

Go to top