Review Huawei Nova 3i: Cerdas Menggoda dengan Empat Kamera

nova-3i-utama

Langkah-langkah taktis Huawei di pasar smartphone mulai memperlihatkan hasil signifikan. Meski di tanah air kinerjanya belum mampu menyodok jajaran 5 besar penguasa pasar, namun kiprahnya secara internasional sudah bisa menggeser Apple dan menempatkan mereka di posisi kedua pasar smartphone global (IDC Q3 2018).

Salah satu lini produk yang menjadi jagoan Huawei adalah seri Nova. Peluncuran Nova 2i tahun lalu menjadi titik balik kebangkitan Huawei di pasar Indonesia. Tak ingin kehilangan momentum, tahun ini mereka menghadirkan Nova 3i. Tetap mengandalkan kombinasi empat kamera, Nova 3i hadir dengan chipset Kirin 710 dan desain atraktif. Ditunjang gradian warna kekinian dan banderol harga Rp3.899.00, Nova 3i diharapkan mampu bersaing di segmen menengah.

02-nova3ipackage

  • Paket Penjualan: handset, Charger, Kabel data, Buku manual, Kartu garansi,  Pin ejector
  • Warna: Black, Iris Purple
  • Harga: Rp 3.999.000

Desain
Huawei Nova 3i hadir dengan bodi metal dan tampilan glossy yang dibalut dengan lapisan kaca di bagian belakang. Hal ini menjadikan tampilannya terlihat lebih premium dibanding smartphone sekelasnya. Paduan gradasi warna biru dan ungu yang dapat berubah sesuai sudut pandang pengguna menjadikan tampilannya lebih darmatis dan memancing perhatian. Resiko yang dihadapi oleh smartphone dengan bahan metal dan finishing glossy adalah permukaannya yang licin dan cenderung aman saat digenggam. Beruntung, Nova 3i menyertakan soft case dalam paket pembeliannya.

03-nova3idesain

Panel depan Nova 3i menggunakan desain poni kekinian dimana di dalamnya tersemat dua kamera berkekuatan 24+2MP. lapisan layar kaca 2.5D membalut bagian depan hingga ke samping bodi bagian atas, bawah, dan sisi kanan kirinya. Penggunaan bezel tipis meningkatkan rasio layar ke bodi hingga 82,2%.

04-nova3isisi\

Di sisi kiri terdapat nampan berisi 2 slot sim Card dimana salah satunya juga bisa difungsikan sebagai slot microSD. Di sisi seberangnya terdapat berurutan tombol volume dan power. Di bagian bawah Nova 3i terdapat speaker grill, lubang mikrofon, port micro USB, dan juga port audio 3.5mm.

Aspek desain terbaik justru muncul di bagian belakang. Bagian berbentuk oval menonjol berisi dua kamera berkekuatan 16+2MP dipadu dengan LED flash dan tulisan dual lens menisis sisi kiri atas, sementara sesnor sidik jari bertengger simetris di bagian tengah. Sementar logo Huwei diletakkan secara vertikal berurutan dengan modul kamera di bagian kiri bawah.

05-nova3ibelakang

Display
layar-nova-3i

Huawei Nova 3i menggandeng layar berukuran 6,3 inci FHD+ (2340x1080). Warna yang ditampilkan tajam. Displaynya dilengkapi dengan dua pilihan mode yaitu normal dan vivid. Anda juga dapat mengatur temperatur warna sesuka hati atau memilih salah satu dari 3 preset yang sudah disediakan yaitu default, warm, dan cold.

Jika memilih mode normal, Anda akan mendapati tampilan layar yang tidak setajam mode vivid. Tipe waran jenis ini cocok untuk menjalankan aplikasi berbasi teks sehari-hari seperti chatting, media sosial, browsing, maupun membaca. Warna vivid bisa Anda pilih saat bermain game atau menjalankan apilkasi multimedia seperti photo editor dan video streaming.

display-nova-3i

Terdapat pilihan automatic brightness yang membuat layar mampu menyesuaikan layar terhadap kondisi pencahayaan yang ada. Anda tak akan mengalami kesulitan saat melihat layar baik di dalam maupun luar ruangan karena layar Nova 3i dapat beradaptasi dengan baik.

Yang menarik, Nova 3i dibekali dengan fungsi untuk menyembuyikan notch atau poni. Jika Anda lebih menyukai tampilan dengan bar yang penuh tanpa poni, Anda bisa memilih mode hide notch melalui menu setting-display- notch. Jika ingin tetap berponi, Anda bisa kembali ke ke pilihan default.

Nova 3i juga menyediakan pilihan smart resolution yang secara otomatis akan memakai resolusi rendah demi menghemat baterai. Anda juga bisa memilih resolusi secara manual dengan dua opsi yaitu HD+(1560×720) and FHD+(2340×1080). Tentu saja resolusi FHD+ akan tampil lebih baik dibanding HD+ meski lebih menguras daya.

Kamera

Fitur Huawei Nova 3i yang digadang-gadang sebagai senjata ampuh untuk menarik konsumen adalah kamera. Seperti diketahui, Nova 3i mengusung kombinasi dua kamera di bagian depan dan dua kamera lagi di bagian belakang.

Jika Anda mengaktifkan fitur AI, maka kamera hanya bisa mengambil gambar dalam resolusi tunggal yaitu 16M (4608x3456) dengan rasio 4:3. Sedangkan jika tapa mengaktifkan AI, Anda akan mendapatkan 3 pilihan resolusi gambar yaitu 16M (4608 x 3456) (4:3), 12M (3456 x 3456) (1:1) and 10M (4608 x 2208) (18.8:9).

mode-kamera-nova-3i

Berbagai macam mode pengambilan gambar juga disematkan antara lain mode Pro, Slow-mo, Night, Panorama, HDR, Time-lapse, dan 3D Panorama.

Pada mode aperture, Anda bisa memilih bukaan dari angka 0,95 hingga 16. Hal ini berguna jika Anda ingin memfokuskan gambar pada obyek yang diinginkan, sembari membuat bagian lain samar atau blur.

macam-macam-filter-nova-3i

Saat menggunakan mode potrait, Anda bisa mendapatkan foto dengan efek bokeh. Selain itu, terdapat menu pengaturan 3D lighting untuk menambah kesan mendalam pada gambar. Bingung bagaimana menggunakan 3D Lighting? tenang, Nova 3i sudah menyediakan preset yang bisa Anda pilih diantaranya No Soft, Butterfly, Split, Stage, dan Classic. Masih banyak pengaturan dan fitur lain yang bisa Anda mainkan di kamera Nova 3i ini termasuk membubuhkan berbagai macam pilihan watermark, light painting, hingga menambahkan belasan filter.

Pemotretan dalam kondisi outdoor menghasilkan gambar yang baik dengan warna-warna tajam. Begitu pula pemotretan dalam skema indoor. Pemotretan obyek maukro menghasilkan gambar yang sama baiknya baik secara indoor maupun outdoor. Sementara itu, untuk pengambilan gambar pada malam hari atau dalam kondisi low light terdapat sedikit noise meskipun gambar yang dihasilkan tetap bagus.

qmoji-dan-3d-object-nova-3i

Yang menarik, kamera Nova 3i mempunyai fitur 3D Qmoji yang mampu merubah wajah Anda menjadi karakter animasi yang unik. Ada juga fitur 3D Object yang mampu emnempatkan berbagai obyek seperti binatang ke dalam foto. Nova 3i sudah menyediakan berbagai macam karakter baik 3D Qmoji maupun 3D object yang bisa Anda pilih sesuka hati.

Galeri Foto

nova3i-10

nova3i-09

nova3i-08

nova3i-07

nova3i-06

nova3i-05

nova3i-04

nova3i-03

nova3i-02

nova3i-01

 

Hardware

Tak hanya mengandalkan faktor desain dan kemampuan fotografi, Huawei Nova 3i juga dilengkapi dengan dapur pacu yang prima. Penggunaan chipset Kirin 710 merupakan peningkatan dari sebelumnya Kirin 659 yang digunakan di Nova 2i. Kirin 710 ini memiliki konfigurasi prosesor 4x2.2 GHz Cortex-A73 dan 4x1.7 GHz Cortex-A53. Selain itu, chipset ini juga dibekali dengan grafis Mali-G51 MP4. Tertanam pula dukungan RAM sebesar 4GB dan memory internal 128GB untuk mendukung performa perangkat ini.

Benchmark nova 3i

Dalam proses pengujiannya, konfigurasi hardware Nova 3i mampu menghadirkan kinerja yang mumpuni, terutama aktivitas gaming. Secara khusus, Kami menginstall aplikasi game balap Asphalt 9. Hasilnya, perangkat ini mampu memainkan game ini dengan baik tanpa adanya hambatan apapun.

Puas dengan kemampuan gaming, Kami kemudian melakukan pengujian dengan beberapa aplikasi benchmark. Hasilnya dalam beberapa kali pengujian skor benchmark perangkat ini tak jauh berbeda dengan chipset kelas memengah lainnya seperti Snapdragon 660 dan Helio P60.

Satu hal yang menarik adalah kapasitas memory internal yang ditanamkan pada perangkat ini. Dengan banderol harga 4juta rupiah, pengguna sudah mendapatkan smartphone dengan kapasitas memory internal 128GB. Sementara rata-rata smartphone kelas menengah hanya dibekali dengan memori internal 32 atau 64GB. Dengan kapasitas memory internal yang besar ini tentunya bakal semakin memanjakan pengguna untuk menyimpan file berukuran besar dengan jumlah yang semakin banyak.

Antutu v6.2.7 136052
GeekBench 4 Single-core 1592Multi-core 5449Compute 4011
PC Mark Work 2.0 6874
3D Mark (Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1)3D Mark (Sling Shot Extreme Vulkan) 9571128

Beralih ke sektor baterai, Huawei Nova 3i sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3340 mAh. Dalam proses penggunaannya, kapasitas baterai yang tertanam bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama dalam aktivitas normal. Sementara untuk aktivitas yang intens seperti streaming dan bermain game, perangkat ini harus di isi baterainya hingga 2x dalam sehari.

Jenis Aktivitas Persentase pengurangan
Game HD Play 14%
Browsing 3G/4G 11%
Video HD Playback 12%
Music Playback 9 %

 

Software dan Aplikasi

emuiemui

Nova 3i berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan kostum antarmuka khas Huawei yaitu EMUI 8.2. Beragam modifikasi menjadikan software utama Nova 3i ini tampil berbeda dengan sistem operasi Android dasar semisal Android One. Semua aplikasi akan langsung tertampil di layar tanpa harus melakukan slide ke atas,s ehingga aksesnya menjadi lebih mudah. Antarmuka EMUI 8.2 ini juga sudah mendukung aplikasi theme sehingga Anda bisa melakukan personalisasi homescreen, icon, dan tampilan wallpaper. Nova 3i sudah dibekali dengan beragam aplikasi pre-instal seperti aplikasi-aplikasi Google, Facebook, messenger, dan beebrapa games.

mode-mode

Sementara itu, Huawei juga tak lupa menyematkan aplikasi in house alias buatan sendiri di Nova 3i. Aplikasi Party mode misalnya, memungkinkan Anda untuk melakukan sinkronisasi musik antar perangkat Huawei. Dengan demikian, jika ada lebih dari satu perangkat yang terhubung pada koneksi Wi Fi yang sama, maka mereka dapat memainkan musik yang sama dan memunculkan efek suara suround. 

Fitur Ride mode membantu Anda untuk tetap aman saat menerima panggilan dalam kondisi berkendara. Simple mode menjadikan tampilan Huawei Nova 3i lebih sederhana dengan ikon-ikon yang lebih besar. Tampilan ini cocok digunakan oleh orang tua maupun anak-anak yang belum terlalu menguasai navigasi di smartphone.

game-mode

Bagi gamers, Huawei Nova 3i memiliki fungsi menarik yang dinamakan dengan Game Acceleration. Jika diaktifkan, fitur ini akan mengoptimasi sistem agar performanya saat digunakan untuk bermain game menjadi lebih baik. Namun yang perlu diingat, penggunaan mode ini akan mengkonsumsi daya lebih banyak dan kemungkinan akan membuat suhu smartphone lebih tinggi daripada saat digunakan secara normal. Masuk ke fitur uninterrupted gaming di mode ini juga akan membuat Anda tidak terganggu berbagai notifikasi saat ebrmain game kecuali panggilan, alarm, dan notifikasi daya rendah.

Di dalam mode ini, terdapat fitur Game suite dimana sistem akan secara otomatis mengidentifikasi game-game apa saja yang terintasl di Nova 3i dan mengumpulkannya dalam satu folder.

Kesimpulan

Bermain di segmen menengah, Huawei Nova 3i banyak mendapat tantangan dari kompetitor, baik dari sisi harga maupun performa. Namun Nova 3i memiliki daya tarik tersendiri khususnya di kamera dan desain yang atraktif. Bahan metal dengan warna gradasi menarik, ditunjang Kehadiran fitur AI (artifisial Intelligent) tentu menambah daya tarik bagi konsumen yang ingin tampil beda dan tak mau repot-repot melakukan pengaturan kamera untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Antarmuka EMUI 8.2 tergolong efisien dan cerdas dibanding antarmuka vendor lainnya. Hal ini terlihat dari berbagai aplikasi in-house yang etrsemat, jga minimnya aplikasi-aplikasi yang berpotensi menjadi bloatware. Pengguna juga diberi banyak opsi untuk menghemat daya baterai tanpa mengurangi kinerja melalui pemilihan resolusi, mode hemat, hingga pengaturan kontras dan kecerahan. Nova 3i bisa jadi salah satu opsi terbaik bagi konsumen yang emnginginkan smartphoen cerdas dan gaya dengan budget 3-4 jutaan.

imagespek-nova-3i

Last modified on Thursday, 15 November 2018 15:26

Go to top