Review Nokia 5.1 Plus: Sedikit Metal, Performa Tetap Menawan

Nokia-5

Pasca peluncuran Nokia 6.1 Plus beberapa waktu yang lalu, HMD Global selaku pemegang merk smartphone Nokia kembali memasarkan smartphone murahnya di Indonesia. Kali ini HMD Global memasarkan Nokia 5.1 Plus. Smartphone dengan harga yang lebih terjangkau dari Nokia 6.1 Plus ini hadir dengan membawa spesifikasi yang cukup menarik. Tak hanya itu, smartphone yang diklaim untuk mengakomodasi kebutuhan gaming pengguna ini membawa beragam fitur menarik yang cukup menggoda.

Tak seperti Nokia 6.1 Plus yang tersendat proses pemasarannya, Nokia 5.1 Plus tiba di pasaran dengan jumlah yang banyak yang memberikan kemudahan konsumen saat membelinya. Tak hanya tersedia di gerai resmi Nokia, 5.1 Plus juga banyak dijual di toko online. Tiba dengan harga Rp 2.599.000, Nokia 5.1 Plus juga menawarkan tampilan desain yang menyerupai Nokia 6.1 Plus, tentu saja ada beberapa penurunan material yang ditanamkan demi membuat perangkat ini dijual dengan harga yang lebih murah.

Namun, apakah kehadiran Nokia 5.1 Plus yang membawa spesifikasi serta fitur yang menarik layak untuk dimiliki dibandingkan ponsel sekelasnya? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

unboxing-nokia-5

Paket Penjualan     : Handset, Charger, Headset, Kabel Data Micro USB, Buku Manual, Kartu Garansi, Sim Ejector
Warna             : Black
Harga             : Rp 2.599.000

desain-Nokia5

Mengadopsi tampilan desain Nokia 6.1 Plus, namun ada beberapa perbedaan mendasar dari material desain yang ditanamkan pada Nokia 5.1 Plus. Yang pertama pada sisi bingkai yang ditanamkan, Nokia 5.1 Plus menyematkan bingkai yang terbuat dari material plastik polycarbonat dengan tampilan glossy. Material yang tertanam ini semakin membuat Nokia 5.1 Plus terasa licin saat digenggam. Perbedaan mencolok lainnya adalah dihilangkannya material metal yang melingkari lensa kamera belakang dan sensor sidik jari yang tertanam. Meski mengurangi nilai estetikanya, namun hal itu tidak berpengaruh pada fungsi yang ditawarkan.

depan-nokia-5

Selain kedua perbedaan itu, Nokia 5.1 Plus memiliki panjang body yang sedikit memanjang dan bobot body yang sedikit lebih berat dibandingkan dengan Nokia 6.1 Plus, secara umum sensasi menggenggam Nokia 5.1 Plus masih memberikan kenyamanan saat digunakan dalam beraktivitas. Material utama pada Nokia 5.1 Plus adalah kaca 2.5D yang tertanam pada bagian depan maupun belakang perangkat. Dengan material kaca ini membuat tampilan Nokia 5.1 Plus tampil ciamik dan memberikan kesan mewah saat digenggam. Namun dengan material kaca yang tertanam membuat perangkat ini sedikit rentan terhadap goresan saat ditaruh di meja atauapun tempat lainnya. Solusi praktisnya, konsumen harus membeli case pelindung jika ingin perangkat ini tetap mulus dalam waktu yang lama.

sim-card-nokia-5

Berbicara fungsionalitas desainnya, tak ada perbedaan dengan Nokia 6.1 Plus. Tombol power dan volume tetap hadir di sisi kanan perangkat, sementara pada sisi kiri terdapat lubang sim dan microSD. Sementara untuk port microUSB dan lubang speaker tertanam di bagian bawah perangkat. Di bagian atas, Nokia menyematkan lubang audio 3,5mm untuk menghubungkan perangkat ini ke perangkat earphone.

kamera-belakang-nokia-5

Beralih ke bagian belakang, tertanam dua sensor kamera yang ditemani oleh lampu LED dual-tone dan sensor sidik jari yang berada pada bagian tengah perangkat. Hadir pula logo Android One di bagian tengah bawah perangkat.

Secara keseluruhan, dengan kombinasi material desain yang ditawarkan serta ukuran dimensi body yang ditanamkan membuat Nokia 5.1 Plus memiliki tampilan yang menarik dan elegan selain itu dengan ukuran body dan layar yang tidak terlalu besar memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna dalam beraktivitas.

Layar Mungil Asik untuk Bermain Game

UI-nokia-5.1-plus
Nokia 5.1 Plus hadir dengan besaran layar yang tidak jauh berbeda dengan Nokia 6.1 Plus. Perbedaannya hanya sekitar 0,8 inci saja. Nokia 5.1 Plus hadir dengan panel layar IPS berukuran 5.86 inci dengan resolusi hanya 720x1520p HD+ dengan rasio layar 19:9 dan kedalaman layar yang mencapai 287 ppi. Meski memiliki kualitas layar yang jauh lebih rendah dengan Nokia 6.1 Plus namun layar yang tertanam pada Nokia 5.1 Plus masih memiliki tampilan yang tajam dan jernih. Selain itu, layar yang tertanam pada Nokia 5.1 Plus juga sudah dibekali dengan poni meskipun agak sedikit lebih lebar.

Tak jauh berbeda dengan Nokia 6.1 Plus, layar yang tertanam pada Nokia 5.1 Plus juga dilapisi dengan kaca 2.5D yang memberikan kenyamanan saat digunakan dalam beraktivitas terutama aktivitas gaming. Meski hanya memiliki resolusi HD+ layar yang ditawarkan sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan sehari-hari pengguna mulai dari bermain game hingga aktivitas multimedia.
Hal ini dibuktikan PULSA dengan memainkan game yang membutuhkan kinerja grafis yang tinggi, smartphone ini masih mampu menampilkan kualitas layar yang sangat baik.

Android One berbasis Android 8.1 Oreo

OS-nokia-5.1-plus
Masuk ke sistem operasinya, Nokia 5.1 Plus hadir dengan sistem operasi yang serupa dengan Nokia 6.1 Plus. Perangkat ini mengusung tampilan Android One dimana handphone ini menjalankan stock Android berbasis Android 8.1 Oreo. Secara default di layar homescreen 5.1 Plus nampak terlihat terdapat sejumlah ikon, di antaranya folder khusus aplikasi bawaan Google, Photos, dan ikon akses ke Play Store. Tepat bagian paling bawah, di sini terdapat menu lainnya seperti akses langsung ke menu kontak dan panggilan telepon, ikon Message (SMS), Gmail, browser Chrome, dan menu kamera. Di bagian ini terlihat adanya anak panah kecil yang mengarah ke bagian atas, khas seperti yang ditawarkan oleh smartphone berbasis Android Oreo.

Meskipun hanya mengadopsi tampilan android murni, hal inilah yang membuat perangkat ini memiliki responsivitas yang baik saat digunakan dalam beraktivitas. Hal ini dikarenakan, UI ini tidak banyak memakan RAM. Namun, jika pengguna yang tak terbiasa dengan tampilan Android murni akan membuat pengguna handphone ini terasa bosan dengan tampilan yang diberikan. Selain itu, perangkat ini masih mengadopsi tampilan laci menu yang terpisah. Semua aplikasi yang tertanam di layar utama juga tersedia di laci menu.
Dari sisi keamanan, selain fitur bawaan seperti Google Play Protect dan Find My Device, Nokia 5.1 Plus tentunya juga sudah dibekali fitur keamanan biometrik berupa sensor sidik jari. Untuk mengakses fasilitas keamanan yang disediakan kita bisa menuju ke menu setting Security & Location.

Kinerja Mantap untuk Gaming
Jika Nokia 6.1 Plus membenamkan chipset besutan Qualcomm, Nokia 5.1 Plus yang hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibekali dengan chipset besutan Mediatek yakni Helio P60. Prosesor yang sudah teruji memiliki kinerja yang mumpuni dalam mengakomodasi beragam aktivitas gaming.

game-nokia-5.1-plus
Mediatek Helio P60 ini hadir dengan prosesor yang mengemas 8 inti dengan format ARM big.LITTE dimana ada 4 inti ARM Cortex-A73 dan 4 inti ARM Cortex-A53 yang masing – masing inti memiliki kecepatan 1.8 Ghz. Prosesor ini memiliki kekuatan tinggi untuk menjalankan berbagai fitur multimedia dan games yang tergolong berat dengan lancar.

 Memory-internal

Menemani dukungan chipset yang ditanamkan, Nokia 5.1 Plus mengkombinasikannya dengan dengan RAM berkapasitas 3GB dan memory internal sebesar 32GB. Pada proses pembuktiannya, perangkat ini memiliki skor benchmark yang sangat baik. Hal ini mengindikasikan perangkat ini memiliki kinerja yang mumpuni dalam mendukung aktivitas game pengguna hingga aktivitas lainnya seperti fotografi, multimedia hingga mendukung aktivitas kerja. Selain menggunakan aplikasi benchmark, PULSA juga menguji perangkat ini dengan memainkan game yang saat ini menjadi tren yakni Asphalt 9 dan Garena Contra. Hasilnya, kedua game ini dapat dimainkan dengan sangat baik tanpa adanya hambatan.

Selain mengujinya dengan memainkan game, PULSA juga menguji perangkat ini dengan menggunakan aplikasi benchmark seperti Antutu, 3D Mark dan PCMark. Hasilnya, skor benchmark yang didapatkan Nokia 5.1 Plus sangat baik.

benchmark-nokia-5.1-plus

Tak hanya dibekali dengan dukungan chipset, RAM dan memory internal yang mumpuni dikelasnya. Nokia 5.1 Plus juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3060 mAh, meski memiliki kapasitas baterai yang terbilang kecil dikelasnya. Namun, perangkat ini memiliki manajemen daya yang baik alhasil, perangkat ini memilki daya tahan baterai yang tahan lama. Sayangnya, kapasitas baterai yang ditanamkan tidak dibekali dengan kemampuan fast charging. Saat kondisi baterai mencapai 10% dan di isi hingga 100 persen dibutuhkan waktu sekitar 100 menit.

Antutu v7.0.4

119024

PC Mark (Work 2.0 performance)

7093

Geekbench CPU

 

Geekbench Compute

 

3D Mark (Sling Shot Extreme)

Sling Shot Extreme - Vulkan

744

739

   

Pembuktian lainnya, PULSA juga menguji kinerja baterai yang tertanam dengan beraktivitas mulai gaming, mendengarkan musik, menonton video serta browsing. Semua aktivitas ini dilakukan masing-masing selama satu jam. Dan hasilnya bisa dilihat di tabel berikut ini.

Jenis Aktivitas

Persentase pengurangan

Game HD Play

19%

Browsing 3G/4G

12%

Video HD Playback

15 %

Music Playback

9%

Kamera

ss-kamera-nokia-5.1-plus
Masuk ke sektor kamera, Nokia 5.1 Plus hadir dengan dukungan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi kamera utama 13MP, f2. Dan kamera kedua yang memiliki resolusi 5MP f2.4 dengan memfokuskan pada efek bokeh. Tak hanya dibekali dengan kamera belakang yang memiliki resolusi yang cukup tinggi dikelasnya, Nokia 5.1 Plus juga sudah dibekali dengan berbagai mode kamera yang bisa memaksimalkan fungsi kameranya.

kamera-outdoor

Sebut saja mode Pro, Panorama, Live Bokeh, HDR, Beauty dan yang lainnya. Namun satu hal yang PULSA sorot adalah Mode Pro yang ditanamkan, meski memiliki nama mode Pro, Nokia tidak menyertakan fitur untuk mengatur besaran ISO, titik fokus, kecepatan pengambilan foto serta pengaturan white balance. Hal  ini sangat disayangkan, jika dilihat dari harga jual yang dipatok sudah seharusnya fitur yang absen tersebut sudah tersedia diperangkat ini.

indoor-kamera-nokia-5.1-plus

Meskipun begitu, kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera belakang yang tertanam tetap memiliki kualitas yang sangat baik dikelasnya. Dari beberapa hasil foto yang dilakukan diberbagai kondisi pencahayaan kualitas foto yang dihasilkan perangkat ini memiliki kualitas yang baik dari sisi reproduksi warna, detil dan titik fokus yang didapatkan cukup baik.
Selain menyediakan mode yang sudah disebutkan diatas, pengguna juga bisa merekam video dengan mode time-lapse dan slow-motion. Tak hanya itu, fungsi perekaman video juga bisa memberikan akses kepada pengguna untuk melakukan live streaming di Youtube dan Facebook.

selfie-nokia-5.1-plus

Beralih ke kamera depan, Nokia 5.1 Plus hadir dengan kamera depan yang memiliki resolusi 8 megapiksel dengan bukaan lensa f/2.0. Kualitas kamera depan yang ditanamkan terbilang pas-pasan karena untuk mendapatkan hasil foto selfie yang jernih dibutuhkan pencahayaan yang banyak. Hal ini cukup menggangu ketika pengguna mengabadikan momen selfinya di dalam ruangan. Foto selfie yang dilakukan dalam ruangan hasilnya penuh dengan noise dan tidak jernih. Kamera depan ini juga dapat merekam video dengan resolusi FHD. Soal kualitasnya, kamera depan yang difungsikan untuk aksi selfie ini mampu memberikan hasil foto yang baik. Jika pengguna ingin mempercantik, pengguna bisa mengaktifkan mode beautyfy yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Konektivitas dan Fitur tambahan
Dibandingkan dengan smartphone Nokia seri 5 sebelumnya, ada beberapa pengurangan fitur yang tersedia pada Nokia 5.1 Plus. Adalah akses koneksi NFC dimana fitur ini sebelumnya hadir dengan perangkat Nokia 5. Sayangnya, fitur yang saat ini mulai dibutuhkan masyarakat ini tidak disediakan oleh HMD Global diperangkat ini.

Fingerprint

Namun, akses koneksi lainnya seperti jaringan 4G LTE, dual-SIM, Bluetooth 4.2 dan akses GPS sudah tersedia di perangkat ini.
Untuk fitur tambahannya, perangkat ini sudah dibekali dengan fitur keamanan melalui sidik jari (fingerprint), sensor sidik jari tertanam di bagian belakang perangkat. Tertanam pula radio FM yang bisa menemani aktivitas pengguna dikala senggang.

Kesimpulan

Kelebihan

Kekurangan

  • Desain Menawan dan Kokoh
  • Performa Apik Wat Main Game
 
  • Layar Masih HD+
  • Body Licin
  • Paket Penjualan tanpa clear case (softcase)


Bermain di segmen pasar dibawah 3 jutaan, kehadiran Nokia 5.1 Plus menjadi opsi menarik bagi pengguna smartphone yang ingin memiliki perangkat smartphone dengan kinerja yang tinggi. Berkat dukungan prosesor Helio P60, perangkat ini sudah cukup mumpuni untuk digunakan dalam aktivitas gaming dan multimedia. Selain itu, desain yang ditawarkan serta tampilannya yang kekinian membuat perangkat ini memiliki tampilan yang menawan. Namu, dengan material desain yang kekinian, HMD Global tak menyertakan kasing tambahan dalam paket penjualannya.

Lapisan kaca yang tertanam hampir seluruh perangkat ini sangat rentan terhadap goresan. Selain itu, NFC yang hadir pada seri Nokia sebelumnya kini sudah tidak disediakan lagi di perangkat ini. Jika dibandingkan dengan ponsel sekelasnya, beberapa fitur dan spesifikasi yang tertanam pada Nokia 5.1 Plus sedikit inferior. Karena ponsel sekelasnya sudah menanamkan layar dengan ukuran layar dan resolusi yang lebih tinggi selain itu ponsel penantangnya memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar.  
Penulis: Deni

Last modified on Tuesday, 19 February 2019 15:23

Go to top