Review Nokia 3.1 Plus: Tangguh dengan Fitur NFC

01-31P-utama

Setelah melakukan comeback 2 tahun lalu, Nokia lebih memilih masuk ke Indonesia dan bermain di pasar kelas menengah. Produknya pun kini memiliki ciri khusus, mengandalkan bodi yang kokoh dengan dukungan sistem operasi pure Android yang lebih efisien. Salah satu line up mereka adalah Nokia 3.1 Plus yang dibanderol seharga Rp1.999.000. Berbekal desain klasik dengan iming-iming fitur NFC, mampukah Nokia 3.1 Plus merebut hati konsumen?

Spesifikasi

15-31P-spesifikasi

Desain

02-31p-belakang

Awalnya Kami meragukan kualitas bodi Nokia 3.1 Plus. Maklum, smartphone dengan kisaran harga yang sama rata-rata hanya berbahan polikarbonat dengan finishing biasa. Namun begitu memegang seri Nokia 3 terbaru ini, anggapan tersebut ternyata salah.

Kesan kokoh langsung muncul saat Kami memegang bodi Nokia 3.1 Plus varian warna Baltic ini. Bahan aluminimum dengan lapisan kesat berwarna abu-abu gelap menyelimuti sebagian besar bagian belakang hingga ke samping. Pemilihan tekstur dan penempatan lengkungan yang pas di tiap sudut membuat Nokia 3.1 Plus nyaman digenggam dan tidak gampang tergelincir.

03-31P-depan

Layar dengan desain kaca 2.5D mendominasi bagian depan. Berbahan IPS LCD kapasitif, layar 6 inci dengan resolusi 720 x 1440 piksel ini sudah menganut rasio kekinian 18:9 dengan densitas 268ppi. Meski masih mnggunakan desain konvensional tanpa poni, layar Nokia 3.1 Plus sudah  tampil lebih besar dibanding pendahulunya Nokia 3 yang hanya berukuran 5 inci. Plus, frame bagian atas Nokia 3.1 Plus ini lebih tipis sehingga form factornya tetap kompak. Warna yang tertampil di layar terlihat tajam dan jika dalam keadaan mati, warna hitamnya menyatu dengan bagian belakang sehingga terlihat elegan.

04-31P-modul-kamera

Modul kamera dan lampu LED terletak simetris di bagian belakang, agak menyembul dan dilindungi dengan frame berbentuk oval di sudut-sudutnya. Posisinya diikuti dengan pemindai sidik jari dan tulisan Nokia yang juga disusun secara vertikal. Dengan komposisi seperti ini, pemindai sidik jari jadi lebih mudah dijangkau

Bagian samping kiri layar seperti biasa dihuni oleh tombol speaker dan tombol power, sementara bgaian samping kanan dihuni oleh dua baki. Satu baki berisi 1 buah slot nano Sim dan micro SM, sedangkan satu baki lagi menyediakan slot untuk micro SD. Konfigurasi seperti ini membuat Kamu tak perlu mengorbankan salah satu slot kartu SIM jika hendak emnambahkan memori.

05-31P-bottom

Tak hanya bagian belakang yang dibuat simetris, bagian bawah Nokia 3.1 Plus pun didesain demikian. Port micro USB diapit oleh dua speaker grill. Penggunaan lubang speaker ganda ini membuat keluaran suara Nokia 3.1 Plus menjadi lebih nyaring dibanding smartphone rata-rata yang hanya menempatkan satu lubang speaker. Di bagian atas Kamu bisa mendapati lubang mikropon dan port audio 3,5mm.

Hardware dan Performa

0631P-hardware

Jeroan Nokia 3.1 Plus dihuni oleh chipset Helio P22 kepunyaan MediaTek yang terdiri dari 4 inti dengan clockspeed 2.00 Ghz plus 4 inti lagi dengan clockspeed 1.5Ghz. Keberadaannya didampingi dengan prosesor pengolah grafis PowerVR GE8320. Untuk menunjang kinerjanya, Nokia 3.1 Plus juga menyematkan RAM sebesar 3GB dan memori internal sebesar 32GB. Jika kurang, Kamu bisa menambahkan kartu memori dengan kapasitas hingga 400GB. Kombinasi hardware ini dirasa cukup untuk smartphone budget seharga 1,3 jutaan.

Nokia 3.1 Plus lancar digunakan untuk menjalankan aplikasi sehari-hari seperti Whatsap, Facebook, dan Instagram. Game-game kasual pun bisa dijalankan tanpa kendala berarti. Kinerja 3.1 Plus mulai melambat jika dipakai untuk bermain game berat seperti Asphalt 9 karena memang chipset yang digunakan bukanlah kelas untuk smartphone pekerja keras. Kamu masih bisa memainkan game royal battle semacam PUBG atau Freefire namun Kami sarankan memakai setingan grafis yang rendah agar gameplaynya lancar.

07-31P-emoney

Satu hal yang menarik, Nokia 3.1 Plus versi Indonesia ini sudah memiliki modul NFC dimana fitur ini tidak ada di Nokia 3.1 Plus versi global. Jadi, buat Kamu yang sehari-hari menggunakan uang elektronik seperti E-Money-nya Mandiri atau Flazz milik BCA, Kamu bisa setiap saat memantau saldo yang tersisa dengan smartphone ini. Pembayaran dengan menggunakan aplikasi atau layanan elektronik melalui NFC pun bisa dilakukan dengan mudah. Bisa dibilang, Nkia 3.1 Plus ini merupakan smartphone ber-NFC termurah yang beredar saat ini.

Nokia 3.1 Plus dibekali baterai sebesar 3500mAh. Dari pengujian, baterai dapat terisi penuh dari posisi 0 hingga 100% memakan waktu kira-kira 2 jam dengan charger 10W bawaannya. 

Hasil Benchmark

 09-31P-hasil-benchmark

 

 

Dari kiri ke Kanan: hasil benchmark Antutu, Geekbench single & multi core, Geekbench Compute, PC Mark dan 3D Mark

08-31P-hasil-benchmark

 Software

10-31P-software

Seperti umumnya smartphone Nokia yang beredar saat ini, Nokia 3.1 Plus menggunakan sistem operasi Android One murni berbasis Android 9.0 Oreo. Ketiadaan kustom antarmuka menyebabkan kinerja 3.1 Plus ini menjadi lebih efisien dan minim bloatware (aplikasi atau task yang mengganggu kinera sistem). Nokia sendiri menjanjikan bahwa setiap smartphonenya akan mendapat jaminan update software setidaknya 2 tingkat.

11-31P-settingan-display

Setingan displaynya cukup lengkap. Selain memuat pengaturan kecerahan secara otomatis, Nokia 3.1 Plus juga sudah dilengkapi fitur night light dimana layarnya akan menyesuaikan dengan kondisi saat malam hari. Ada juga fitur ambient display yang memungkinkan penggunannya membaca notifikasi meski dalam kondisi layar yang terkunci

12-31P-bar-navigasi

Ada dua tipe bar navigasi yang bisa Kamu pilih. Yang pertama adalah tipe konvensional dengan 3 tombol virtual yaitu tombol back, home, dan menu. Sedangkan tipe kedua hanya memuat 2 tombol yaitu home dan back, sedangkan untuk mengakses menu, Kamu tinggal mengusap layar dari atas ke bawah. Ada juga pilihan dimana Kamu bisa menyembunyikan bar navigasi dengan menggunakan gesture.

Kamera

13-31P-tampilan-ap-kamera

Tampilan menu kamera Nokia 3.1 Plus dalam mode otomatis (photo), manual, dan live bokeh

Kamera belakang Nokia 3.1 Plus dibekali dengan dual sensor masing-masing dengan resolusi 13MP dan aperture f/2.0 dan 5MP yang berfungsi sebagai pengukur kedalaman obyek. Untuk kamera depan, Nokia 3.1 Plus membekalinya dengan sensor berkekuatan 5MP dengan bukaan f/2.2.

Hasil kamera Nokia 3.1 Plus cukup bagus. Pengambilan gambar dalam lingkungan outdoor menghasilkan warna yang cerah dengan detil yang bagus. Untuk pengambilan gambar indoor, ada sedikit penurunan kualitas meski hasilnya masih tetap bisa dibilang bagus. Salah satu isu yang Kami temukan saat mencoba kamera adalah proses rendernya yang memakan waktu agak lama, terutama saat mencoba fitur live bokeh. Hal ini bisa menjadi masukan bagi Nokia agar bisa diperbaiki dengan update software terbaru.

13-31P-menu-setting-kamera

Tampilan pengaturan dan pilihan resolusi kamera Nokia 3.1 Plus

Yang menarik, aplikasi kameranya sudah mengemas berbagai macam mode pemotretan terkini seperti live bokeh, slow motion, dan timelapse. Kamera depannya juga sudah dibekali fitur beautification meskipun masih sederhana.

Nokia 3.1 Plus memberikan beberapa pilihan rasio ukuran gambar baik untuk kamera depan maupun belakang. Kamu bisa memilih untuk mengambil foto dengan format konvensional 4:3, 16:9, atau bahkan 18:9. Penggunaan format yang lebih lebar cocok digunakan untuk pengambilan gambar landskap atau pemandangan.

Galeri Foto

 gal01-31p

Foto outdoor dengan mode live bokeh, rasio 4:3

 gal02-31p

Foto outdoor dengan mode otomatis, rasio 4:3

Gal03-31p

 

Foto outdoor dengan mode otomatis, rasio 4:3

Gal04-31P

Foto outdoor dengan mode otomatis, rasio 18:9, bandingkan dengan yang foto di atas dan di bawahnya

GAl06-31P

Foto outdoor dengan mode otomatis, rasio 16:9, bandingkan dengan yang foto di atas

gal07-31p

 

Foto macro, indoor dalam mode otomatis, rasio 4:3

Gal08-31P

 

Foto diambil dalam lingkungan indoor, mode live bokeh, rasio 4:3

Gal09-31P

 

Foto macro, diambil dalam lingkungan indoor memakai mode otomatis, rasio 4:3

Gal10-31P

 

Foto macro outdoor, mode live bokeh

Kesimpulan

14-31P-paketan

Nokia 3.1 Plus adalah smartphone tangguh yang bisa diandalkan sehari-hari. Desainnya elegan dan kokoh, nyaman digunakan. Softwarenya enteng dan tidak banyak memuat bloatware karena berbasis Android One. Selain itu, jaminan update hingga dua level menjadian software Nokia 3.1 Plus akan tetap up to date hingga beberapa tahun ke depan. Kameranya bagus dengan detil yang tajam dan sudah memiliki fitur menarik seperti slow motion, timelapse dan live bokeh. Nilai tambah lainnya, Nokia 3.1 Plus sudah memiliki fitur NFC yang sangat berguna bagi Kamu yang sudah terbiasa dengan transaksi non tunai.

Last modified on Thursday, 23 May 2019 21:47

Go to top