Cara BackUp Cloud di CloudMAX

 Desk-Cloudmax-800x450 5

Banyak cara untuk membackup data penting di ponsel. Buat pengguna Android tentu saja tersedia layanan Google Drive yang gratis. Namun kekhawatiran sering terbersit pada tempat penyimpanan cloud yang free ini. Alternatif lainnya adalah memanfaatkan penyimpanan cloud yang berbayar. Penyimpanan cloud berbayar banyak tersedia, dan salah satunya adalah yang disediakan oleh operator Telkomsel yang dinamakan CloudMAX.

CloudMAX adalah layanan berbasis aplikasi yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan backup and restore foto, video, dan berbagai dokumen dari perangkat ponselnya ke cloud. Dengan CloudMAX, Anda dapat melakukan penyimpanan cloud personal dan mengunduh kembali foto, video, kontak, dan dokumen lainnya dari dan ke ponsel Anda melalui aplikasi ponsel, aplikasi PC, atau web browser.

Setiap pelanggan Telkomsel yang baru melakukan registrasi layanan CloudMAX akan mendapatkan paket trial dengan storage 10GB selama tiga bulan sebanyak satu kali saja. Setelah masa trial habis, pelanggan dapat berlangganan paket premium dengan besaran storage 50GB/30 hari (Rp16.500) atau 100GB/30 hari (Rp22.000). Berikut tips penggunaannya.

Unduh dan instal aplikasi CloudMAX dari Play Store atau App Store. Buka aplikasi CloudMAX dan masukkan nomor Telkomsel kamu beserta kode verifikasi (OTP) dari SMS yang Anda terima. Masukkan kata sandi akun CloudMAX kamu. Sebagai pelanggan baru, kamu akan secara otomatis mendapatkan trial untuk storage sebesar 10GB selama tiga bulan. Anda harus menggunakan nomor Telkomsel untuk melakukan registrasi dan masuk aplikasi. Anda juga harus memiliki pulsa dan paket data Telkomsel untuk membeli paket berlangganan. Paket berlangganan akan diperbarui secara otomatis setiap bulannya selama 180 hari mulai dari tanggal awal berlangganan. Setelah 180 hari, kamu dapat membeli paket berlangganan secara manual.

 BackUp-Cloud-1

Tempat penyimpanan tambahan untuk foto menyediakan 3 pengaturan utama yaitu aktifkan unggahan otomatis, aktifkan unggah data selular dan aktifkan unggah video. Anda dapat mematikan mana yang dirasakan tidak ingin digunakan. Sedangkan pada ‘backup data lain’ tersedia 4 pengaturan yaitu kontak, panggilan, SMS dan frekuensi backup.

BackUp-Cloud-2

Sedangkan untuk aplikasinya sendiri, pada fitur pengaturan, terlihat beberapa keterangan seperti nama pengguna (menggunakan nomer ponsel), tipe berlanggannya, backup yang sudah dilakukan, pengaturan fitur hingga versi aplikasi.

BackUp-Cloud-3

Menu utama dapat dilihat pada 3 garis di pojok kiri. Tersedia 2 bagian yaitu pribadi dan keluarga. Untuk pribadi tersedia notifikasi, foto, file, mode offline, kontak dan bersihkan memori. Pada keluarga terdapat foto dan atur akun keluarga.

BackUp-Cloud-4

Pada percobaan, melakukan backup kontak dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja tidak semua daftar kontak dapat dibackup.Ini tampaknya berhubungan dengan banyaknya akun yang digunakan.

BackUp-Cloud-5

Seperti contoh, saat membackup kontak dari bermacam aplikasi dan akun, ternyata ada beberapa yang tidak terbackup.

BackUp-Cloud-6

Satu fitur yang unik di aplikasi ini adalah ‘bersihkan memori’. Dokumen lokal yang merupakan sampah dapat dibersihkan aplikasi ini.

BackUp-Cloud-7

Masih ada fitur lainnya seperti ‘my cloud family’ yang memungkinkan pengguna aplikasi dalam satu keluarga, ‘notifikasi’ (menginformasikan berapa storage yang digunakan dan aktifitas backup yang dilakukan), dan timeline.

Semoga bermanfaat.

Aldrin Symu

Last modified on Wednesday, 28 March 2018 13:54

Additional Info

  • Level: Basic
Go to top