Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus

Pesan-SOS

Namanya kondisi darurat atau bahaya memang tidak bisa diprediksi. Tanpa pandang bulu, kapan saja dan di mana saja bisa terjadi. Disinilah diperlukannya kewaspadaan. Sejatinya, banyak cara bisa dilakukan untuk mengantisipasi. Termasuk dengan memanfaatkan fitur yang tersedia secara default di smartphone.

Salah satu fitur smartphone yang mungkin jarang sekali dimanfaatkan adalah SOS Message. Fitur ini aslinya sih sudah tersedia sejak lama dan ada di hampir sebagian besar smartphone, termasuk ponsel fitur.

Secara teknis, fitur SOS Message bekerja dengan cara mengirimkan pesan singkat berisi catatan khusus yang bisa berisi permintaan tolong atau warning ke nomor tertentu. Di update terbaru, SOS Message sudah dilengkapi pula dengan koordinat lokasi yang bisa ditelusuri via peta digital Google Maps. Supaya lebih akurat, tentunya ponsel yang digunakan harus sudah memiliki GPS internal.
Untuk pemilik smartphone Asus, khususnya yang versi paling baru, fitur SOS Message ini bisa ditemukan di menu ZenUI Safeguard yang ada di pengaturan umum ponsel.

Nah…untuk yang ingin mencobanya, bisa mengikuti langkah pengaturan berikut:

Masuk ke Settings > ZenUI Safeguard > Anda akan menemukan dua opsi: SOS dan Report Location.

Pesan-SOS-1

SOS
Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan darurat. Geser tombol SOS ke kanan untuk mengaktifkan fitur SOS. Pesan darurat ini bisa dikirimkan dengan cara menekan tombol daya (power) tiga kali berturut-turut.

Pesan-SOS-2

Selanjutnya, daftarkan nomor telpon yang Anda inginkan dengan menekan ikon gear di pilihan Emergency contacts.

Pesan-SOS-3

Anda juga bisa mengatur pesan darurat agar terkirim ke grup kontak. Tingkal menambahkan beberapa nomor kontak dengan mengklik "+" di opsi Message Group.

Pesan-SOS-4

Berikutnya, Anda juga bisa mengetikan isi pesan darurat di opsi “preset message”.

Pesan-SOS-5

Report Location
Di opsi ini, selain pesan darurat Anda juga bisa mengirimkan titik koordinat lokasi. Fasilitas ini bisa diakses langsung dari menu Quick Setting. (Catatan: GPS/Wi-Fi harus diaktifkan untuk mendapatkan posisi Anda)

Pesan-SOS-6

Sama seperti SOS Message, di opsi Report Location pun Anda bisa menambahkan kontak, message group dan juga bisa mengatur pesan darurat terkait link lokasi yang akan dikirimkan.

Pesan-SOS-8
 
Untuk laporan lokasi Anda: Klik Report Location > Kirim Pesan ke grup yang Anda tetapkan.  

Pesan-SOS-9

Si penerima akan mendapat pesan yang berisi tautan web untuk melacak lokasi.

10

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali / @hairuddin_ali)

Additional Info

  • Level: Basic
Go to top