Cara Cetak Gambar dan Dokumen Saat Ponsel Android Tidak Terhubung Wi-Fi

Google-Cloud-Print

Sebelumnya, kami telah menjelaskan kepada pembaca cara mencetak dokumen dan gambar dari ponsel Android melalui jaringan Wi-Fi yang sama. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mencetak dokumen atau gambar dari jarak jauh meski antara ponsel Android Anda dengan printer tidak tersambung pada jaringan Wi-Fi yang sama.

Mari kita simak saja langkahnya dengan mengikuti tulisan berikut:
1.    Buka browser Chrome dari PC Anda dan silakan masuk settings dengan menekan tiga titik yang berada pada sudut kanan atas.

01

2.    Gulirkan kursor Anda ke bawah hingga menemui “advanced settings”

02

3.    Kemudian masuklah ke menu “Google Cloud Print” dan klik “manage cloud print devices”

03

4.    Lalu tekan tombol “Add Printer” untuk menghubungkan printer dengan server Google Cloud Print.

04

5.    Anda akan melihat daftar printer yang tersambung pada PC. Berikan tanda centang pada nama printer serta tekan tombol “Add Printer” untuk menambahkan.

05

6.    Pada ponsel Android silakan Anda instal dulu Cloud Print dari Play Store.

06

7.    Berikutnya buka dokumen dari Google Docs dan masuk ke Settings-> Share&Export -> Print.

Langkah-7

8.    Pilih printer dengan menyentuh anak panah ke bawah dan sentuh “All Printers”

08

9.    Atur lebih dulu jenis, ukuran, warna, halaman hingga orientasi cetak. Contoh Anda hanya ingin mencetak halaman pertama, maka silakan ketik angka 1.

09

10.    Begitu beres, lanjutkan dengan menekan ikon printer serta tunggu sampai printer menyelesaikan pencetakan dokumen.
11.    Salah satu kelebihan dari Google Cloud Print dibanding pencetakan dokumen via Wi-Fi adalah pengguna tidak harus berada pada jangkauan jaringan Wi-Fi yang sama. Anda bahkan dapat memanfaatkan jaringan data seluler, sehingga saat berada di luar kota sekalipun dokumen tetap dapat dicetak.

Additional Info

  • Level: Basic
Go to top