Trik Perbaikan “Noise” pada Samsung Galaxy S7

Perbaikan-Galaxy-S7

Masalah suara di sebuah smartphone memang bukan satu masalah yang umum terjadi. Cukup langka dan jarang terjadi. Tapi kalau terjadi pada smartphone anda, pusing juga dibuatnya. Memang kita tahu bahwa suara adalah satu hal yang paling diperhatikan dan langsung terdeteksi oleh sang pengguna. Jadi bisa jadi anda sebagai seorang teknisi mendapat keluhan masalah suara dari pelanggan anda. Atau bisa jadi anda sekarang sedang mengalaminya.

Biasanya masalah pada suara adalah hilangnya suara sebuah hp. Tapi kali ini yang kita bahas adalah adanya suara noise atau suara berisik terjadi di smartphone. Cukup aneh ! Jadi adanya distorsi terjadi di dalam speaker. Apa yang harus kita kerjakan ? VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan berbagi tips dan caranya kali ini. Yuk simak langkah penanganannya.

Kasus ini sebenarnya terjadi di VTiga kursus, ada seorang peserta pelatihan perbaikan smartphone dan laptop yang membawa kasus Samsung S7 edge yang suaranya “noise” atau berisik. Dan uniknya cukup banyak pasiennya yang mengalami hal seperti ini.
Pemeriksaan pertama tentu kita mengarah ke loudspeakernya.

Perbaikan-Galaxy-S7-a
 
Speaker atau loadspeaker adalah satu piranti untuk mengubah listrik atau gelombang listrik menjadi suara. Apakah memungkinkan disebabkan oleh alat ini? Mungkin saja ! jadi kita tidak boleh melewatkan kemungkinan ini. Segera bongkar Samsung s7 nya lalu kita bisa dapatkan speakernya. Tampak ini adalah speaker yang sudah tergabung dalam satu modul. Biasa kita periksa speaker ini dengan menggunakan multitester. Kalau bermasalah, akan terdengar tidak wajar.
Mari lihat diagram blok di bawah ini

Terkadang masalah ada saja muncul di sebuah smartphone. Mulai dari kerusakan yang parah dalam arti mati total, hingga kerusakan kerusakan ringan seperti lcd, suara , dan lain sebagainya. Tapi terkadang ada juga kerusakan yang boleh dibilang cukup aneh, karena kerusakan yang jarang terjadi. Seperti kasus yang dibawa oleh seorang peserta pelatihan perbaikan smartphone dan laptop berikut ini. Dia membawa kasus Samsung S7 edge yang suaranya pecah. Yang membuat menarik adalah walaupun sudah diganti speakernya, suara tetap pecah ! VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop kali ini akan membahas cara memperbaiki Samsung s7 edge suara pecah. Mari simak langkah langkahnya berikut ini.

Seperti kita ketahui ada dua buah sumber suara utama pada sebuah smartphone. Yang pertama adalah suara yang untuk komunikasi suara. Biasanya suara yang muncul ketika kita berkomunikasi suara. Dan yang kedua adalah suara yang dihasilkan dari buzzer atau ringer.

Biasanya buzzer atau ringer dihasilkan dari sebuah speaker khusus dengan daya yang lebih besar.
Perbaikan-Galaxy-S7-b

Blok diagram di atas adalah blok diagram audio dari Samsung s7. Audio codec CS47L91 adalah sebuah ic yang dikenal dengan IC audio. Fungsinya tiada lain adalah untuk mengubah data atau signal analog menjadi digital ketika proses kita menggunakan mic untuk mengirimkan suara kita. Dan sebaliknya adalah mengubah data digital yang dikirim dari CPU ke speaker.

Dan kalau dilihat kembali, ada beberapa jalur dari speaker. Suara bisa dikeluarkan ke speaker yang dari IC audio langsung, dan juga bisa dikeluarkan melalui RCV Amp dan SPK Amp. Amplifier seperti kita tahu adalah sebuah penguat gelombang listrik. Jadi output dari amplifier ini tentu akan memiliki suara yang lebih keras.

Kembali ke masalah di atas, kasus ini bisa juga disebabkan oleh IC audionya, atau bisa juga dari processornya. Tapi, setelah diusut dan diukur oleh sang murid, ditemukanlah bahwa masalah pecahnya suara atau distorsinya suara disebabkan oleh komponen ini.

Komponen yang dilingkari ini adalah dua buah filter LPF. Memang benar adanya, setelah diganti, maka suara kembali normal !
Ingin menjadi mahir dalam memperbaiki smartphone dan laptop? Yuk belajar langsung di VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop! Sukses untuk anda !

Pertanyaan untuk edisi kali ini:

Perbaikan-Galaxy-S7-p
Komponen Apakah Yang Menyebabkan Suara Noise Pada Kasus Di Atas ?

Additional Info

  • Level: Intermediate
Go to top