Orang Indonesia ternyata Paling Rajin Akses Smartphone Sebelum Tidur

peeegang

Seperti apakah perilaku masyarakat Indonesia dalam bersmartphone? Seberapa besar ketergantungan kita terhadap smartphone?...atau jika diambil sisi positifnya, seberapa besar manfaat smartphone untuk kehidupan kita sehari-hari?

Dalam acara bertajuk “Indonesia Pegang Smartphone” yang diselenggarakan oleh Lazada akhir bulan februari kemarin, terungkap sejumlah data mengenai penggunaan internet dan smartphone di Indonesia. Secara umum bisa diambil kesimpulan jika masyarakat Indonesia kini mulai ‘kecanduan’ smartphone.  Hal ini setidaknya terlihat dari paparan infografis berdasarkan hasil survey Lazada terhadap 2000 sampel pengguna smartphone Indonesia yang diselenggarakan pada bulan Februari 2015.

Data ini kemudian didukung oleh fakta dan rangkuman dari beberapa survey yang diadakan oleh Euromonitor dan Open Signal.
1.Jumlah Pengguna Internet Indonesia pada tahun 2015 meningkat 50 kali dibanding tahun 2000

prsen-1
2.Jumlah pelanggan internet mobile di Indonesia akan meningkat hingga 2 kali lipat dalam waktu 5 tahun ke depan

prersn-2
3.Indonesia termasuk sebagai Negara yang sangat bergantung pada konektivitas internet mobile. Jumlah peorang dewasa yang memiliki smartphone adalah 43%. Hal ini jauh lebih banyak dibanding jumlah orang dewasa yang memiliki desktop atau laptop. Yang menarik, waktu yang dihabiskan untuk bermedia social ternyata lebih banyak dibanding waktu untuk menonton TV.

prsen-3
4.Diperkirakan pada tahun 2020, 96% perangkat telepon yang terjual adalah smartphone. PAdahal jika melirik data tahun 2010, penetrasi smartphone hanya 16%.

presn-4
5.85% orang Indonesia setidaknya memiliki 10 aplikasi mobile di handphonennya. 10% diantaranya bahkan menginstal lebih dari 40 apilkasi

presn-5
6.50% orang Indonesia memeriksa smartphone mereka 100 hingga 200 kali sehari

prsen-6
7.Kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia mencari informasi mengenai aplikasi terbaru melalui toko aplikasi (App store/Play Store). Sedangkan sisanya mengunduh aplikasi berdasarkan rekomendasi teman atau rekomendasi dari took aplikasi.

presn-6
8.Ternyata waktu favorit orang Indonesia untuk mengakses ponsel pintar mereka adalah sebelum tidur!

presn-7
9.Hampir semua orang yang disurvei memiliki aplikasi belanja online di smartphone mereka. 50% dari mereka memiliki 3 hingga 5 aplikasi belanja online.
10.Apakah Anda mengira bahwa orang Indonesia hanya belanja online di hari libur? Ternyata dugaan Anda tak sepenuhnya benar.  Selain hari Sabtu, Rabu dan Kamis merupakan hari favorit orang Indonesia untuk berbelanja!

presn-8
11.Alasan mengapa konsumen mengunduh aplikasi belanja

persen-9
12.Aplikasi  memiliki waktu tingkat penggunaan yang tinggi

persen-10

@ariefburhan/ sumber: presentasi  “Indonesia Pegang Smartphone” LAzada
      

Go to top