Xiaomi Mi 4i versus Infinix Zero 2: Adu 4G LTE Octa-core Kelas Tengah

cover-compare-xiaomi-vs-infinix
Persaingan smartphone kelas menengah memang sengit. Banyaknya produsen baru yang bermunculan dengan mengusung spesifikasi tinggi namun dibanderol dengan harga murah. Hal ini menjadi salah satu strategi pemain baru untuk langsung bisa ‘terlihat’ di pasaran. Setelah vendor asal Tiongkok, Xiaomi, menggebrak pasar, kini Infinix yang berasal dari Hongkong pun ikut menyemarakan persaingan smartphone tanah air.

Lanjut ke disain

 

Disain

Secara fisik desain Xiaomi Mi 4i tampak meniru iPhone 5c dengan menggunakan material plastik polikarbonat, tidak nampak istimewa. Namun saat PULSA menggenggam Infinix Zero 2, kesan premium yang presisi di tangan langsung terasa. Kesan premium ini didapatkan dari material Kevlar yang membalut back cover Zero 2. Sebagai catatan, Kevlar sendiri merupakan fiber yang sangat fleksibel dengan ketahanan yang kuat dan 5 kali lebih ringan dari besi. Tidak hanya material premium yang membalut bodinya, desainnya yang ramping juga cukup keren dengan rangka semi metalik, sehingga cukup presisi dalam genggaman antara bobot dan dimensi yang dibawanya. Permukaan depan Zero 2 pun dilapisi Gorilla Glass 3, cukup membuat smartphone ini terlindungi baik permukaan depan atau belakangnya.

Meski tidak dibalut dengan material premium pada permukaan bodinya, namun Mi 4i unggul di segi layar. Dengan mengusung layar full HD, alhasil gambar yang tertampil pada smartphone ini tampak lebih rapat dan natural. Berkat saturasinya yang pas dan detail gambarnya yang tajam, PULSA nyaman menggunakan smartphone ini untuk browsing, menonton video dan membaca e-book. Sementara Zero 2, meski hanya hadir dengan layar HD 720x1280 piksel, tetap mampu menghasilkan saturasi warna yang tajam berkat teknologi layar Super AMOLED yang dibekalkan pada smartphone ini. Teknologi layar Super AMOLED ini juga membuat Zero 2 lebih unggul dalam manajemen daya baterai saat layar aktif. Meski menggunakan baterai berkapasitas lebih kecil dari Mi 4i, Zero 2 dapat bertahan lebih lama dari Mi 4i dalam mode aktif dengan tingkat kecerahan yang sama.

Sama-sama hadir menggunakan sistem operasi Android Lollipop, bisa dibilang keduanya sukses memberikan warna berbeda dengan tambahan fitur berguna bagi konsumen. Namun dari segi performa, ternyata Zero 2 lebih unggul dari Mi 4i. Selain karena Infinix UI 2.0 yang ramah konsumsi RAM, dukungan RAM 3 GB yang dibawa Zero 2 membuat smartphone ini membuat perpindahan tampilan selama mengoperasikan smartphone ini terasa cepat dan mengalir jika dibandingkan Mi 4i. Membuka folder aplikasi pun seolah tanpa jeda waktu pada Zero 2, sementara pada Mi 4i masih terasa adanya jeda.

Yang menarik untuk disimak adalah fakta bahwa dengan harga yang terjangkau kedua smartphone ini telah menawarkan kemampuan untuk berjalan di jaringan 4G LTE. Hadir dengan dukungan dual SIM standby, kedua slot SIM pada masing-masing smartphone ini telah sama-sama mendukung jaringan 4G LTE. Namun sayangnya Mi 4i tidak dibekali dengan dukungan slot Micro SD.

Untuk aspek fotografi, meski keduanya sama-sama dibekali kamera 13 MP, namun hasil jepretan kamera Xiaomi Mi 4i jauh lebih memuaskan. Tidak hanya hasil kameranya yang terlihat tajam dengan komposisi warna vibrant yang memuaskan, namun juga dukungan aplikasi kameranya yang dibekali zero shutter lag membuat Anda tak akan kehilangan moment penting. Saat PULSA memotret menggunakan LED flash, hasil jepretan Mi 4i terlihat menghasilkan gambar dengan warna vibrant yang sesuai dengan objek aslinya. Selain itu, saat melakukan zooming, hasil kamera Zero 2 terlihat blur saat melakukan 3 kali perbesaran, sementara Mi 4i tetap tajam hinggan perbesaran ke-5 kali.

Indoor Tanpa Flash

compare-camera-indoor-xiaomi-vs-infinix

Outdoor Tanpa Flash

compare-camera-outdoor-xiaomi-vs-infinix


Sama-sama mengusung dukungan dual SIM 4G LTE, kedua smartphone ini layak mendapat perhatian dari Anda yang sedang mencari smartphone baru. Saat Xiaomi Mi 4i hadir dengan dibekali layar full HD yang siap memanjakan mata Anda, material premium dengan ditenagai RAM 3 GB menjadi nilai jual Infinix Zero 2. Infinix Zero 2 mampu memberikan Anda pengalaman multi-tasking yang cepat tanpa kendala, namun di segi aspek fotografi kalah oleh Mi 4i.

Benchmark

Compare-Antutu-xiaomi-vs-infinix

 

Compare-geekbench-Xiaomi-vs-infinix

Spesifikasi

 

Infinix Zero 2

Xiaomi Mi 4i

Dimensi

140 x 70 x 6.7mm; 118 gram

138.1 x 69.6 x 7.8 mm; 130 g

Jaringan

Dual SIM Standby

3G HSDPA/4G LTE; Dual 4G

Dual SIM Standby

3G HSDPA/4G LTE; Dual 4G

OS

Android

Lollipop 5.1

Android

Kitkat 5.0.2

Supported memori

Support MicroSD card up to 128 GB

Not support MicroSD

Layar

5.0 inches

AMOLED; Gorilla Glass 3

720x1280 pixels

5.0 inches

IPS LCD capacitive touchscreen

1080x1920 pixels

Prosesor

Octa-core 1.3 GHz

Mediatek MT6753

Octa-core 1.7 GHz

Snapdragon 615

RAM dan Internal

3 GB RAM

16 GB Internal Storage

2 GB RAM

16 GB Internal Storage

Kamera

13 MP, autofocus, LED flash

5 MP

13 MP, autofocus, LED flash

5 MP

Baterai

2300 mAh Battery (Non-Removable)

3120 mAh Battery (Non-Removable)

Warna

Merah dan Hitam

Black, White, Yellow, Blue, Pink

Harga

Ro. 2.499.000,-

Rp. 2.799.000,-

Tabel Fitur Infinix Zero 2

Removable battery

Tidak

Browser

Ya

Multitouch         

Ya

Camera

Ya

Dual SIM

Ya

Memory external

Ya

3G HSDPA

Ya

Email

Ya

4G LTE

Ya

Video call

Tidak

NFC

Tidak

Video recorder

Ya

Infrared

Tidak

Video player

Ya

USB On-the-go

Ya

Music player

Ya

GPS

Ya

Radio FM

Ya

Tabel Fitur Xiaomi Mi 4i

Removable battery

Tidak

Browser

Ya

Multitouch         

Ya

Camera

Ya

Dual SIM

Ya

Memory external

Ya

3G HSDPA

Ya

Email

Ya

4G LTE

Ya

Video call

Tidak

NFC

Tidak

Video recorder

Ya

Infrared

Tidak

Video player

Ya

USB On-the-go

Ya

Music player

Ya

GPS

Ya

Radio FM

Ya

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan Infinix Zero 2

Kelebihan Xiaomi Mi 4i

  • Layar Super AMOLED
  • Dual 4G
  • RAM 3 GB
  • Lapisan Kevlar di back cover
  • Gorilla Glass 3 di layar
  • Baterai kecil untuk spek layar dan chipset yang dibawa
  • Back cover tidak dapat dilepas
  • Dual 4G
  • Layar full HD dengan fitur Sunlight Display
  • Corning OGS fully laminated
  • Dual- tone flash
  • Prosesor Octa-core 64-bit

Kekurangan Meizu M2 Note

Kekurangan Infinix Hot Note

Last modified on Tuesday, 13 October 2015 08:25

Go to top