Android Programming: Bluetooth

Kali ini kita akan membuat sebuah aplikasi sederhana yang dapat mengakses hardware yaitu Bluetooth.

Buatlah project baru dengan nama Bluetooth dan isikan seperti gambar berikut ini:

Pilih Next hingga tab Blank Activity dan isikan seperti gambar berikut:

Pilih Finish.
Bukalah AndroidManifest.xml dan tambahkan dua permission seperti berikut ini:

Simpan file AndroidManifest.xml. Sekarang, bukalah file strings.xml dan tambahkan beberapa string dengan melakukan perubahan kode program menjadi seperti berikut ini:

Simpan file Main.java dan coba jalankan pada smartphone.

Gambar diatas menunjukkan bahwa Bluetooth dalam keadaan mati.

Gambar diatas muncul ketika kita menekan tombol Toggle Button bertuliskan MATI (artinya dalam keadaan Off). Setelahnya akan berubah menjadi AKTIF (artinya dalam keadaan On). Namun yang terjadi adalah adanya pemberitahuan bahwa Bluetooth tidak dapat digunakan. Ini terjadi karena Akses ke Bluetooth belum disetujui maka dari itu muncul Toast yang memberitahukan bahwa ada aplikasi (yang kita buat) yang meminta akses ke Bluetooth. Selanjutnya kita memilih akan mengizinkan atau tidak. Pilih Izinkan.

Ketika kita telah memilih untuk mengizinkan akses ke Bluetooth maka akan muncul gambar diatas. Bluetooth dapat digunakan. Tombol Pindai Bluetooth menjadi aktif. Sekarang cobalah tekan tombol Pindai Bluetooth.

Gambar diatas memperlihatkan bahwa Bluetooth berhasil mendapatkan sebuah perangkat lain dengan nama seperti tertera pada gambar diatas. Perangkat yang terdeteksi juga tertera bluetooth addressnya yang terletak di bawah nama perangkat yang terdeteksi.
Sekian tutorial kali ini. Nantikan tutorial selanjutnya.

By Burhanuddin Rabbani

 

Last modified on Wednesday, 05 March 2014 14:28

Additional Info

  • Level: Intermediate
Go to top