Niat Pengin Selfie, Malah Hancurkan Patung Berusia Ratusan Tahun

patung
Selfie, selain beresiko mebahayakan diri sendiri kini juga mulai mengancam kelestarian benda-benda seni dan sejarah.

Kasus terbaru menimpa sebuah patung pahlawan Portugis, Dom Sebastiao yang memerintah Portugal dari tahun 1557 hingga 1578 yang terletak di stasiun kereta api Rossio Lisbon.
 
Patung berusia 126 tahun itu hancur setelah seorang pria berusia 24 tahun dilaporkan terjatuh saat berusaha menaikinya untuk mengambil foto selfie. Tersangka yang belum diketahui namanya, dikabarkan berusaha melarikan diri tempat kejadian sebelum ditangkap oleh polisi setempat.
 
Seorang juru bicara untuk Infrastruktur Portugal mengatakan kepada Daily Mail bahwa dia belum tahu kapan patung itu akan diperbaiki. Sebelum insiden menyedihkan itu, patung itu diletakkan di ceruk antara dua pintu di stasiun, yang merupakan lokasi monumen yang dilindungi.
 dom-sebastiao

"Tragedi selfie" ini bukanlah insiden yang pertama. Mei lalu, sepasang turis telah merusak patung Hercules di kota sebelah utara Italia, Cremona saat mengambil sebuah foto. Di tahun 2014, seorang mahasiswa Italia mencoba untuk berpose duduk di cetakan patung abad ke-19 dari sebuah karya kuno di Milan Academy of Fine Arts of Brera, yang pada akhirnya malah menghancurkan patung yang sedang dalam pengerjaan tersebut.
 
Beberapa museum telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi benda seni mereka dengan melarang tongsis yang kemungkinan secara tidak sengaja dapat merusak sebuah karya seni. Sebenarnya tanpa tongsispun, beberapa kejadian juga dapat merusak benda seni. Seperti beberapa waktu lalu, ada kejadian seorang anak yang kehilangan keseimbangan dan tanpa sengaja merobek lukisan seharga $ 1,5 juta, atau  seorang wanita yang tersandung dan menghancurkan vas Yunani kuno. @ariefburhan

Go to top